Kajian Sistem dan Pelaksanaan Penilaian Prestasi Kerja Karyawan PT. Pabrik Cambrics Primissima

HIDAYAT, ADE (1997) Kajian Sistem dan Pelaksanaan Penilaian Prestasi Kerja Karyawan PT. Pabrik Cambrics Primissima. Masters thesis, IPB.

[img]
Preview
PDF
R11-01-_Ade_Hidayat-Cover.pdf - Published Version

Download (336kB)
[img]
Preview
PDF
R11-02-_Ade_Hidayat-RE.pdf - Published Version

Download (342kB)
[img]
Preview
PDF
R11-03-_Ade_Hidayat-DaIsi.pdf - Published Version

Download (352kB)
[img]
Preview
PDF
R11-04-_Ade_Hidayat-Bab1.pdf - Published Version

Download (367kB)
[img] PDF
R11-05-_Ade_Hidayat-Bab2DST.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://elibrary.mb.ipb.ac.id/

Abstract

Salah satu aktivitas atau kegiatan dari manajemen sumber daya manusia adalah penilaian prestasi kerja karyawan. Penilaian prestasi kerja merupakan suatu system yang digunakan untuk menilai dan mengetahui apakah seorang karyawan telah memahami dan melaksanakan pekerjaannya masing-masing secara keseluruhan, dalam arti meliputi berbagai hal, seperti kemampuan kerja, disiplin, hubungan kerja, prakarsa, kepemimpinan dan hal-hal khusus sesuai dengan bidang dan tingkat pekerjaan yang dijabatnya. Penilaian prestasi kerja bagi perusahaan merupakan salah satu sistem informasi manajemen yang dapat memberikan masukan mengenai seluruh aspek sumberdaya manusia, sedangkan bagi karyawan penilaian prestasi kerja dapat memberikan umpan balik atas prestasi kerja yang telah dicapainya. Umpan balik tersebut dapat mendorong dan meningkatkan motivasi kerja karyawan, sehingga karyawan dapat bekerja lebih giat dan produktif, yang pada akhirnya juga akan menguntungkan pihak perusahaan. Keberhasilan penerapan sistem penilaian prestasi kerja dalam suatu perusahaan, selain tergantung dari kualitas sistem itu sendiri, juga sangat tergantung pada perilaku dari pihak-pihak terkait dalam perusahaan, misalnya sampai sejauh mana pihak manajemen puncak dan seluruh jajaran di bawahnya memiliki komitmen untuk melaksanakan sistem tersebut dengan baik, bagaimana pengetahuan dan kemampuan dari jajaran terkait tersebut tentang sistem penilaian prestasi kerja yang berlaku di perusahaannya, serta bagaimana sikap karyawan terhadap pemberlakuan dan pelaksanaannya. Dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dimilikinya, PT. Pabrik Cambrics Primissima secara formal telah memiliki sistem dan pelaksanaan penilaian prestasi kerja. Tujuan sistem penilaian prestasi kerja karyawan di PT. Pabrik Cambrics Primissima terutama adalah untuk kenaikan gaji, disamping tujuan lainnya seperti memotivasi karyawan agar lebih meningkatkan prestasinya, untuk kepentingan administrasi departemen personalia, pengembangan karyawan dan kebutuhan pelatihan. Namun demikian, dalam pelaksanaan tujuan tersebut belum tercapai dan hasilnya juga belum dapat dimanfaatkan untuk pengembangan karyawan. Misalnya penilaian tersebut belum dapat meningkatkan motivasi karyawan karena hasil akhir penilaian tidak jauh berbeda antara karyawan yang berprestasi dengan yang tidak berprestasi. Penilaian juga cenderung bersifat subyektif dan sering didasarkan pada kriteria penilaian berdasarkan perasaan (judgment), yakni dengan cara memperkirakan hasil prestasi kerja karyawan sesuai perasaan masing-masing penilai. Hal ini disebabkan sistem penilaian yang ada belum mendukung untuk dapat tercapainya tujuan tersebut dan dilain pihak juga belum adanya pemahaman penilai terhadap prosedur dan kriteria penilaian sebagai akibat dari minimnya pelatihan dalam bidang penilaian prestasi kerja. Tujuan dari geladikarya ini adalah untuk melakukan kajian terhadap system penilaian prestasi kerja karyawan yang diterapkan di PT. Pabrik Cambrics Primissima, khususnya karyawan tingkat manajerial di departemen produksi (spinning dan weaving), mengkaji faktor-faktor, kendala-kendala, dan hambatan- hambatan dalam pelaksanaannya, serta mengetahui sampai sejauh mana hasil penerapan sistem penilaian tersebut dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara langsung dengan karyawan dan manajer terkait di departemen personalia dan departemen produksi (spinning dan weaving), serta melalui kuesioner kepada responden terpilih yang terdiri dari 2 orang Kepala Bagian, 5 orang Pengawas dan 24 orang Kepala Regu di departemen produksi (spinning dan weaving). Juga dilakukan studi kepustakaan terhadap ketentuan-ketentuan yang berlaku di perusahaan dan literatur-literatur yang ada kaitannya dengan topik geladikarya. Pengolahan data ilakukan melalui tahapan-tahapan yang terdiri dari : pengelompokan data, sortasi data dan tabulasi data. Setelah itu dilakukan analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang ada. Hasil geladikarya menunjukkan bahwa ; (1) Sistem penilaian prestasi kerja karyawan di PT. Pabrik Cambrics Primissima belum memenuhi persyaratan umum penilaian prestasi kerja yang baik sesuai dengan teori yang berlaku dan yang banyak dianut pada saat ini, yakni syarat relevance, acceptability, reliability, sensitivily, dan practicality. (2) Terdapat banyak kendala dan hambatan yang mempengaruhi dalam pelaksanaan sistem penilaian prestasi kerja di PT. Pabrik Cambrics Primissima, yaitu penilaian masih banyak dilakukan dengan menggunakan perasaan ('judgment), yakni dengan cara memperkirakan hasil prestasi kerja karyawan sesuai perasaan masing-masing penilai, penilaian masih ada yang dipengaruhi teman sesuku/sedaerah dan pengaruh kedekatan dengan atasan (bias penilai), penilaian masih didasarkan pada kejadian yang baru saja terjadi dan adanya pengaruh hallo effect, minimnya pengetahuan dan kemampuan penilai dalam melakukan penilaian, serta kurangnya upaya-upaya dari pihak manajemen perusahaan untuk lebih mengembangkan system penilaian yang ada. (3) Hasil penerapan sistem penilaian prestasi kerja baru dapat dimanfaatkan untuk kenaikan gaji karyawan, sedangkan untuk kepentingan administrasi personalia seperti promosi, demosi, dan mutasi, serta untuk keperluan pengembangan dan memotivasi karyawan, belum dapat dimanfaatkan. Berdasarkan hal-hal tersebut diajukan beberapa saran : (1). Perlu dilakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap sistem penilaian prestasi kerja yang berlaku saat ini, antara lain dengan : a). Menyusun buku pedoman khusus tentang sistem penilaian prestasi kerja karyawan. b). Melakukan upaya perbaikan terhadap kriteria-kriteria penilaian yang digunakan, khususnya untuk tingkat kepala regu ke atas. c). Menyusun standar prestasi kerja yang jelas dan dapat diukur, serta dibuatkan indikator dan alat ukur penilaian hasil kerjanya. d). Mempersingkat periode penilaian prestasi kerja dari dua tahun sekali menjadi setahun sekali. e). Menyeragamkan waktu penilaian prestasi kerja, yakni pada tiap-tiap akhir tahun. (2). Melakukan upaya-upaya agar supaya pelaksanaan penilaian prestasi kerja dapat berjalan sebagaimana diharapkan, antara lain dengan : a). Melaksanakan sistem penilaian prestasi kerja secara terbuka. b). Memberikan pelatihan khusus tentang sistem penilaian prestasi kerja kepada para penilai. c). Memberikan pengarahan yang menyeluruh tentang arti pentingnya penilaian prestasi kerja yang obyektif dan manfaat yang dapat diraih, baik bagi karyawan maupun perusahaan. (3). Memanfaatkan hasil penilaian prestasi kerja secara optimal, tidak hanya untuk kenaikan gaji karyawan, melainkan juga untuk kepentingan administrasi personalia seperti promosi, demosi, dan mutasi, serta untuk keperluan pengembangan dan memotivasi karyawan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Sistem Penilaian Prestasi Kerja, PT. Pabrik Cambrics Primissima
Subjects: Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: Sekolah Bisnis > Perpustakaan
Depositing User: Staff-6 Perpustakaan
Date Deposited: 24 Mar 2014 08:16
Last Modified: 24 Mar 2014 08:16
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/1112

Actions (login required)

View Item View Item