Perencanaan Strategik Bisnis Taman Bunga Nusantara Cipanas Cianjur

AVlNY, EVA, YOLYNDA (1998) Perencanaan Strategik Bisnis Taman Bunga Nusantara Cipanas Cianjur. Masters thesis, IPB.

[img]
Preview
PDF
R11-_01-_Eva_Yolynda_Aviny-_Cover.pdf - Published Version

Download (270kB)
[img]
Preview
PDF
R11-_02-_Eva_Yolynda_Aviny-_RE.pdf - Published Version

Download (312kB)
[img]
Preview
PDF
R11-_03-_Eva_Yolynda_Aviny-_DaIsi.pdf - Published Version

Download (317kB)
[img]
Preview
PDF
R11-_04-_Eva_Yolynda_Aviny-_Bab1.pdf - Published Version

Download (448kB)
[img] PDF
R11-_05-_Eva_Yolynda_Aviny-_Bab2DST.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://elibrary.mb.ipb.ac.id/

Abstract

Bisnis agrowisata di Indonesia akhir-akhir ini semakin banyak diminati oleh para pengusaha, ditunjukkan oleh berkembangnya beberapa obyek agrowisata. Propinsi Jawa Barat sebagai salah satu propinsi yang memiliki banyak bentang alam yang berpotensi untuk menjadi daerah wisata agro, merupakan propinsi tempat terkonsentrasinya beragam obyek wisata agro. Oleh karena itu, Taman Bunga Nusantara, sebagai salah satu obyek wisata yang bertempat di propinsi Jawa Barat, menghadapi persaingan bisnis agrowisata dengan obyek wisata lain yang semakin ketat dari waktu ke waktu. Dengan demikian, perusahaan perlu menyusun suatu strategi pengembangan yang dapat mengantisipasi persaingan bisnis agrowisata tersebut dan dapat bertindak secara proaktif dan reaktif dalam industri agrowisata . Display tamannya yang berbahan baku terbesar berasal dari luar negeri membutuhkan penanganan berbiaya tinggi, sementara di sisi lain pihak pengelola menghadapi tuntutan untuk selalu memberikan kepuasan terhadap konsumen atau pengunjung Taman. Berdasarkan latar belakang tersebut perlu dikaji kondisi eksternal dan internal perusahaan untuk menentukan posisinya dalam industri wisata agro saat ini. Pengkajian tersebut penting untuk perencanaan strategik perusahaan yang diusulkan dalam bentuk program kegiatan jangka pendek dan jangka menengah (1998-2000). Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan analisis deskriptif. Data yang dikumpulkan merupakan data primer berupa kondisi internal dan eksternal perusahaan dan data sekunder (data perusahaan agrowisata lainnya dan studi pustaka). Data tersebut dianalisa menggunakan analisis industri, Matriks EFE (Eksternal Factor Evaluation Matrix) dan Matriks IFE (Internal Factor Evaluation Matrix), serta analisis SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunity and Treaths Analysis). Hasil kajian menunjukkan bahwa Taman Bunga Nusantara berada pada fase peralihan dari fase perkenalan dan investasi ke fase pertumbuhan dalam daur hidup produk. Hal tersebut terlihat dari kegiatan promosi yang kurang intensif namun diiringi dengan volume penjualan yang mulai meningkat, walaupun tidak terlalu besar, yang dapat diartikan sebagai meningkatnya tingkat pengenalan konsumen terhadap obyek wisata tersebut. Berdasarkan posisinya dalam industri agrowisata, strategi generik yang tepat untuk diterapkan oleh perusahaan adalah strategi diferensiasi atau keunggulan produk, dengan memanfaatkan kekhasan produk dan potensi loyalitas pengunjungnya. Penerapan strategi diferensiasi yang menjadi landasan dari strategi bisnis perusahaan berdasarkan analisis SWOT, perlu disusun dalam bentuk perencanaan strategi untuk jangka pendek dan jangka menengah (1998-2000), yang direalisasikan dalam bentuk strategi fungsional, yang meliputi strategi pemasaran, keuangan, sumberdaya manusia, penelitian dan pengembangan, serta sistem informasi manajemen. Perencanaan program operasional perusahaan untuk periode 1998-2000 dapat dijabarkan sebagai berikut . 1. Pemasaran a. Pengembangan Atraksi Wisata dan Paket Wisata, dalam bentuk penambahan jenis taman dan pemberdayaan beberapa fasilitas yang selama ini belum dimanfaatkan secara optimal. Kemasan paket wisata digolongkan menjadi tiga golongan paket wisata yaitu paket reguler, paket khusus dan paket kegiatan khusus. b. Penambahan beberapa fasilitas seperti tenda berikut dekorasinya, alat transportasi untuk mengelilingi taman, gazebo-gazebo dan areal bermain/piknik c. Mengintensifkan promosi untuk memperluas pasar, melalui penyebaran leaflet dan brosur serta iklan dan publikasi .dan menjalin kerjasama dengan biro perjalanan wisata untuk mencapai tujuan yang sama d. Penetapan harga yang tepat, dengan menerapkan bauran harga terutama untuk biaya paket wisata yang akan dan sedang dikembangkan. 2. Keuangan a. Maksimalisasi pendapatan perusahaan, dilakukan dengan penetapan harga tiket yang tepat dan meminimalkan biaya operasional, antara lain dengan menerapkan sistem pemesanan tanaman dalam bentuk plug, bukan dalam bentuk tanaman pot. b. Menjalin kerjasama dengan lembaga keuangan untuk pembiayaan usaha pengembangan perusahaan 3. Sumberdaya Manusia a. Pengisian jabatan asisten Public Relation dari struktur organisasi perusahaan sehingga upaya pemasaran dapat semakin lancar b. Perencanaan pelatihan tenaga kerja untuk dijadikan tenaga pemandu wisata c. Perencanaan pelatihan/training untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan karyawan perusahaan. 4. Penelitian dan Pengembangan a. Pembentukan divisi penelitian dan pengembangan 5. Sistem Informasi Manajemen a. Penerapan sistem networking (WAN dan LAN) dalam sistem komunikasinya, baik komunikasi internal maupun eksternal. b. Penerapan sistem informasi manajemen dalam proses pengambilan keputusan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Strategik Bisnis Taman Bunga Nusantara Cipanas Cianjur
Subjects: Manajemen Strategi
Divisions: Sekolah Bisnis > Perpustakaan
Depositing User: Staff-6 Perpustakaan
Date Deposited: 24 Mar 2014 08:16
Last Modified: 24 Mar 2014 08:16
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/1129

Actions (login required)

View Item View Item