Strategi Pemasaran Produk Kerajinan Tangan Tambora Wood Craft Centre

SINAGA, MANGAPUL (1997) Strategi Pemasaran Produk Kerajinan Tangan Tambora Wood Craft Centre. Masters thesis, IPB.

[img]
Preview
PDF
R11-01-_Mangapul_Sinaga-Cover.pdf - Published Version

Download (337kB)
[img]
Preview
PDF
R11-02-_Mangapul_Sinaga-_RE.pdf - Published Version

Download (350kB)
[img] PDF
R11-03-_Mangapul_Sinaga-_DaIsi.pdf - Published Version

Download (291kB)
[img] PDF
R11-05-_Mangapul_Sinaga-_Bab2DST.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF
R11-04-_Mangapul_Sinaga-_Bab1.pdf - Published Version

Download (450kB)
Official URL: http://elibrary.mb.ipb.ac.id/

Abstract

Produk kerajinan tangan Indonesia merupakan salah satu komoditi yang memiliki prospek yang cerah. Saat ini komoditi tersebut banyak dijumpai di pasaran dalam negeri maupun luar negeri. Kondisi tersebut mengakibatkan industri kerajinan tangan semakin berkembang, dan persaingan diantara perusahaan dalam industri tersebut semakin meningkat. Untuk dapat memenangkan persaingan, maka perusahaan harus dapat melakukan kegiatannya secara efisien dan efektif. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengoptimalkan fungsi manajemen perusahaan. Salah satu fungsi manajemen yang penting untuk mendapat perhatian dalam kondisi persaingan tersebut adalah fungsi pemasaran, terutama berkaitan dengan penyusunan strategi pemasaran perusahaan. Tambora Wood Craft Centre yang merupakan unit bisnis dari PT. Veneer Products Indonesia, adalah perusahaan yang memproduksi kerajinan tangan dengan menggunakan bahan baku berupa limbah kayu yang berasal dari industri kilang penggergajian (saw mill). Diawal berdirinya, perusahaan bertujuan mendapat nilai lebih (credit point) dari Departemen Kehutanan sebagai perusahaan yang sanggup memberi nilai tambah pada limbah produksinya. Akan tetapi dengan semakin cerahnya prospek industri kerajinan tangan ini, maka perusahaan berkeinginan untuk memperoleh laba dari industri tersebut. Dalam upaya mencapai tujuan tersebut, perusahaan menemukan berbagai kendala, salah satunya adalah dalam penyusunan strategi pemasaran dalam menghadapi kondisi persaingan di lingkungan industri. Menurut Cravens (1994), untuk memenangkan persaingan dan memperoleh bagian pasar di dalam sebuah industri, maka perusahaan harus mempunyai strategi pemasaran yang tepat. Dengan strategi pemasaran, perusahaan dapat membangun keunggulan bersaing dengan mengkombinasikan strategi untuk mempengaruhi konsumen dan bisnis, untuk menjadi suatu kumpulan kegiatan berfokus pada pasar yang terpadu. Dengan demikian, strategi pemasaran yang disusun Tambora Wood Craft Centre harus mampu mengadaptasi perubahan yang terjadi dalam lingkungan industri, sebab perubahan tersebut dapat menciptakan peluang dan ancaman bagi perusahaan. Untuk menyusun strategi pemasaran yang akan dipergunakan perusahaan, maka perlu dilakukan analisis terhadap strategi pemasaran yang telah dipergunakan perusahaan. Analisis ini dapat memberikan informasi mengenai masalah-masalah yang dihadapi dalam pencapaian tujuan perusahaan. Dalam penyusunan strategi pemasaran bagi Tambora Wood Craft Centre, dibutuhkan informasi mengenai kekuatan-kekuatan dalam lingkungan industri yang menjadi ancaman terhadap posisi persaingan perusahaan. Analisis yang dilakukan adalah analisis struktur industri yaitu dengan menentukan variabel-variabel yang relevan dengan kondisi perusahaan melalui diskusi dengan individu manajemen yang paling berkompeten di perusahaan. Variabel-variabel tersebut kemudian dievaluasi dengan mengajukan daftar pertanyaan kepada responden yang menjadi subyek penelitian. Jawaban dari responden akan menunjukkan kekuatan-kekuatan dalam struktur industri yang memberi ancaman terhadap posisi persaingan perusahaan. Untuk menyusun alternatif strategi bagi perusahaan dipergunakan analisis SWOT. Analisis ini membutuhkan informasi tentang variable-variabel yang menjadi kekuatan dan kelemahan perusahaan, serta peluang dan ancaman yang mempengaruhi posisi strategis perusahaan. Variabel-variabel tersebut kemudian dievaluasi dengan mengajukan daftar pertanyaan kepada responden yang menjadi subyek penelitian. Jawaban dari responden akan menunjukkan variabel-variabel yang menentukan posisi strategis perusahaan. Berdasarkan informasi yang berhasil dikumpulkan tersebut, maka ditentukan alternatif strategi yang dapat dipergunakan perusahaan dalam menghadapi persaingan di lingkungan industri. Penentuan alternatif strategi dilakukan dengan menggunakan matrik SWOT, yaitu dengan menyesuaikan kekuatan dan kelemahan perusahaan terhadap peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan. Strategi pemasaran bagi Tambora Wood Craft Centre disusun dengan menggunakan bauran pemasaran, yaitu kombinasi strategi produk, harga, distribusi, dan promosi. Strategi pemasaran tersebut disusun berdasarkan pada pasar sasaran yang dituju, dan tahap dalam daur hidup produk perusahaan. Hasil analisis terhadap strategi pemasaran yang telah dilakukan perusahaan selama ini adalah sebagai berikut : a. Strategi produk yaitu memproduksi dalam berbagai macam desain dengan jumlah yang banyak. b. Strategi harga yaitu dengan penetapan harga mark-up. c. Strategi distribusi yaitu distribusi intensif. d. Strategi promosi yaitu dengan promosi penjualan. Hasil analisis terhadap lingkungan industri, menunjukkan bahwa kekuatan yang menjadi ancaman serius terhadap posisi Tambora Wood Craft Centre dalam persaingan adalah produk pengganti, kekuatan pembeli, dan penentu persaingan. Hasil analisis terhadap lingkungan eksternal maupun lingkungan internal yang mempengaruhi posisi strategis perusahaan, adalah sebagai berikut : a. Pengaruh lingkungan eksternal terhadap posisi strategis Tambora Wood Craff Centre adalah tinggi. Respon perusahaan terhadap peluang masih lebih besar bila dibandingkan dengan respon perusahaan terhadap ancaman dari lingkungan eksternal. b. Pengaruh lingkungan internal terhadap posisi strategis Tambora Wood Craff Centre adalah tinggi. Respon perusahaan terbesar adalah terhadap kekuatan, sedangkan respon terhadap kelemahan masih lebih kecil. Strategi pemasaran yang dapat dirumuskan bagi Tambora Wood Craff Centre dengan menggunakan bauran pemasaran adalah sebagai berikut : a. Strategi Produk Dengan diversifikasi produk, melalui pembuatan produk dengan tingkat ukiran yang tidak rumit, tetapi memiliki desain yang unik dan ciri khas. b. Strategi Harga Metode penetapan harga yang dipergunakan perusahaan adalah tetap dengan menggunakan metode penetapan harga mark-up. Namun, perusahaan harus memberikan mark-up yang seragam ke seluruh pengecer, dan menetapkan toleransi terhadap mark-up harga yang diberikan oleh para pengecer ke konsumen. c. Strategi Distribusi Strategi distribusi yang efektif bagi perusahaan adalah distribusi selektif. d. Strategi Promosi Strategi promosi yang dapat disusun bagi perusahaan adalah melalui promosi penjualan dengan cara sebagai berikut : Bergabung dalam promosi bisnis berupa pameran-pameran dengan membuat stand dengan penampilan berbeda. Bekerja sama dengan trader untuk berpartisipasi dalam promosi bisnis di luar negeri, dan upaya promosi produk yang ramah lingkungan. Agar strategi pemasaran yang disusun dapat efektif, maka harus didukung oleh manajemen perusahaan berupa penyusunan program-program yang terencana dan terarah dari divisi Litbang perusahaan, pembenahan manajemen persediaan barang jadi, dan memberikan dukungan dana yang cukup.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Produk Kerajinan Tangan, Tambora Wood Craft Centre
Subjects: Manajemen Pemasaran
Divisions: Sekolah Bisnis > Perpustakaan
Depositing User: Staff-6 Perpustakaan
Date Deposited: 24 Mar 2014 08:16
Last Modified: 24 Mar 2014 08:16
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/1143

Actions (login required)

View Item View Item