Kajian Motivasi dan Komunikasi dalam meningkatkan kualitas informasi kependudukan di Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kotamadya Jakarta Utara

Sudiyono, . (2002) Kajian Motivasi dan Komunikasi dalam meningkatkan kualitas informasi kependudukan di Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kotamadya Jakarta Utara. Masters thesis, IPB.

[img]
Preview
PDF
2EK-01-Sudiyono-cover.pdf - Published Version

Download (344kB)
[img]
Preview
PDF
2EK-02-Sudiyono-RE.pdf - Published Version

Download (348kB)
[img]
Preview
PDF
2EK-03-Sudiyono-DaIsi.pdf - Published Version

Download (334kB)
[img]
Preview
PDF
2EK-04-Sudiyono-Bab1.pdf - Published Version

Download (379kB)
Official URL: http://elibrary.mb.ipb.ac.id/

Abstract

lnformasi dipandang sebagai sumber daya organisasi sangat dibutuhkan untuk menentukan arah kebijakan dalam upaya mencapai tujuan. Pencapaian tujuan yang didukung dengan Sistem lnformasi Manajemen diharapkan mencapai sasaran yang diinginkan. Penduduk Jakarta yang tercatat sampai dengan periode 2001 berjumlah sekitar 10 juta jiwa diperlukan sistem pendaftaran yang tertib dan cermat. lnformasi kependudukan yang akurat menjadi dasar dalam penyediaan sarana dan prasarana infra struktur perkotaan yang dibutuhkan. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sebagai salah satu perangkat pelaksana Pemerintah Daerah Propinsi DKI Jakarta mempunyai tugas pokok melaksanakan pendaftaran dan pencatatan penduduk, Besarnya jumlah penduduk, tingginya tingkat perubahan data, tuntutan kecepatan dan ketepatan penyajian informasi kependudukan, maka Dinas Kependudukan dan catatan sipil telah membangun sistem informasi manajemen kependudukan berbasis komputer. Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Slpil Kotamadya Jakarta Utara merupakan salah satu sub sistem dari Sistem lnformasi Manajemen Kependudukan. Pengembangan sistem informasi tersebut diharapkan dapat memberikan informasi kependudukan secara cepat, tepat dan mutakhir. Namun harapan tersebut belum dapat terpenuhi sesuai dengan informasi yang dibutuhkan. Bertolak dari beberapa hal tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini diuraikan sebagai berikut : 1. Bagaimana kondisi komunikasi di Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kotamadya Jakarta Utara ? 2. Bagaimana kondisi motivasi pegawai di Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kotamadya Jakarta Utara ? 3. Bagaimana kondisi kualitas informasi kependudukan di Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kotamadya Jakarta Utara ? 4. Apakah ada hubungan antara komunikasi dengan kualitas informasi kependudukan? 5. Apakah ada hubungan antara motivasi dengan kualitas informasi kependudukan? Secara rinci penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang : 1. Hubungan komunikasi dengan kualitas informasi kependudukan 2. Hubungan motivasi dengan kualitas informasi kependudukan 3. Kondisi motivasi, komunikasi dan kualitas informasi kependudukan. Untuk mengetahui hal dimaksud dilakukan penelitian hubungan antara komunikasi, motivasi dengan kualitas informasi kependudukan melalui kajian terhadap pendapat 56 responden yang terlibat dalam pelaksanaan sistem informasi manajemen kependudukan di Suku Dinas Kependudukan Kotamadya Jakarta Utara. Jumlah anggota sampel sama dengan jumlah anggota populasi. Data diperoleh melalui pengumpulan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner untuk mendapatkan variabel komunikasi, motivasi dan kualitas informasi kependudukan, sedangkan data sekunder untuk melengkapi data primer terdiri dari prosedur pengolahan data, perangkat lunak dan perangkat keras yang dimiliki serta informasi kependudukan yang didapat dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Untuk menilai setiap jawaban responden dari pertanyaan yang ada, digunakan skala likert, sedangkan untuk mengetahui kondisi variabel yang diteliti dilakukan dengan menghitung median dari setiap variabel dan dimensi variabel, kemudian dinilai melalui skala likert. Selanjutnya dilakukan uji korelasi dengan menggunakan analisis uji Rank Spearman. Variabel yang diteliti, meliputi variabel komunikasi (XI), motivasi (X2) dan kualitas informasi (Y). Hasil dan pembahasan terhadap kondisi komunikasi di Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kotamadya Jakarta Utara menyatakan cukup baik dengan nilai median variabel komunikasi sebesar 3. Hal ini didukung dengan nilai median dari dimensi komunikasi; yakni saluran komunikasi mempunyai nilai median 3, struktur kewenangan 3, spesifikasi pekerjaan 3 dan kepemilikan informasi 3. Kondisi motivasi menurut pendapat responden berada pada kondisi cukup baik dengan nilai median sebesar 3. Kondisi ini didukung oleh nilai median dimensi movitasi; yakni kondisi kerja 2, perhatian pimpinan 3, promosi dan pengembangan karir 3, cara pendisiplinan 3, dan penghasilan 2. Kualitas informasi kependudukan di Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kotamdya Jakarta Utara berada pada kondisi cukup baik. Kondisi ini ditunjukkan oleh nilai median variabel kualitas informasi sebesar 3, dan juga didukung oleh dimensi kualitas informasi; yakni dimensi waktu mempunyai nilai median 4, dimensi isi mempunyai nilai median 3 dan dimensi bentuk mempunyai nilai median 3. Selanjutnya berdasarkan hasil pengujian korelasi Rank Spearman dapat dibuktikan bahwa komunikasi, dan motivasi mempunyai hubungan positif dan nyata terhadap kualitas informasi kependudukan yang ditandai dengan koefisien korelasi untuk masing-masing variabel, yakni, komunikasi 0,423 dengan nilai taraf nyata sebesar 0,001, motivasi 0,486 dengan nilai taraf nyata sebesar 0,000. Disamping itu aspek-aspek komunikasi dan motivasi secara umum juga mempunyai hubungan nyata dengan kualitas informasi kependudukan di Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kotamadya Jakarta Utara. Kesimpulan dari hasil penelitian, komunikasi, motivasi dan kualitas informasi kependudukan di Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kotamadya Jakarta Utara berada pada suatu kondisi yang cukup baik. Hubungan antara komunikasi dan motivasi terhadap kualitas informasi kependudukan adalah positif dan nyata di Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kotamadya Jakarta Utara. Oleh karena itu pimpinan perlu memberikan perhatian terhadap aspek-aspek komunikasi dan motivasi sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas informasi kependudukan. Solusi yang dapat diberikan kepada Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kotamadya Jakarta Utara dalam meningkatkan kualitas informasi kependudukan pada penelitian ini adalah : 1. Meningkatkan aspek-aspek komunikasi dengan prioritas pertama memanfaatkan saluran komunikasi secara optimal, kedua penempatan pegawai sesuai dengan spesifikasi pekerjaan dan ketiga mengatur pengolahan informasi sesuai hirarki kewenangan yang ada. 2. Meningkatkan aspek motivasi dengan prioritas pertama menumbuhkan kondisi pekerjaan yang menarik minat pegawai, kedua sikap pimpinan yang penuh perhatian kepada bawahan, ketiga menambah pendapatan pegawai, keempat promosi dan pengembangan karir, kelima menerapkan disiplin pegawai yang adil dan manusiawi, keenam menciptakan ruang kerja yang nyaman.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Informasi, Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kotamadya Jakarta Utara, Sistem Informasi Manajemen Kependudukan, komunikasi. motivasi. kualitas informasi kependudukan, analisis deskriptif sentral tendensi dan korelasi Rank spearmen
Subjects: Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: Sekolah Bisnis > Perpustakaan
Depositing User: Staff-6 Perpustakaan
Date Deposited: 24 Mar 2014 08:15
Last Modified: 24 Mar 2014 08:15
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/1201

Actions (login required)

View Item View Item