Strategi Pemberdayaan Pegawai pada Dinas Kependudukan Pemerintah Daerah DKI Jakarta

SUGIYANTO, . (2001) Strategi Pemberdayaan Pegawai pada Dinas Kependudukan Pemerintah Daerah DKI Jakarta. Masters thesis, IPB.

[img]
Preview
PDF
2EK-01-Sugiyanto-cover.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
2EK-02-Sugiyanto-RE.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
2EK-03-Sugiyanto-dAiSI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
2EK-04-Sugiyanto-Bab1.pdf - Published Version

Download (2MB)
Official URL: http://elibrary.mb.ipb.ac.id/

Abstract

Peningkatan pelayanan publik diarahkan pada perbaikan pelayanan yang berorientasi pada kepuasan pelanggan. Paradigma perlu diubah menjadi aparatur yang rnampu memberikan pelayanan yang bermuara pada keuntungan dan kepuasan pelanggan. Lingkup kajian pemberdayaan ini adalah pada pemberdayaan Sub Seksi Kependudukan Kelurahan pada materi tingkat pendelegasian, peningkatan kemampuan dan budaya organisasi. Penjabaran lebih luas dari ke tiga materi bahasan ini dibatasi pada pengetahuan, ketrampilan, Sikap, Motivasi dan kesempatan. Penelitian dilaksanakan pada pegawai yang bertugas di Dinas Kependudukan Propinsi DKI Jakarta, sebanyak 78 responden yang mewakili eselon V s/d II, yang populasinya mencapai 364 pejabat. Sample tersebut ditetapkan dengan sistem berpeluang berstrata, dengan menggunakan rumus teori Slovin dengan tingkat eror sepuluh persen. Sistem berpeluang berstrata dikaitkan dengan sistem proporsional juga digunakan pada saat membagi sample pada wilayah dan pada masing-masing Kelurahan/Kecamatan sample dipilih secara acak. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1. Dari sisi tingkat kemampuan, masih perlu mendapat perhatian dan perlu terus ditingkatkan. Apabila penulis Cros cek dengan data yang ada, maka dari sisi pengetahuan Sub Seksi Kependudukan Kelurahan rata-rata berpendidikan SLTA, dari sisi Skill mereka umumnya belum memiliki Diklat yang sesuai dengan bidang tugasnya. Hal ini diketahui dari data bahwa 84,78 persen dari responden menghendaki perlunya peningkatan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) Dinas Kependudukan. 2. Dari sisi Strategi Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang questioner diarahkan pada pertanyaan tentang Pendelegasian Kewenangan, kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Budaya Organisasi, responden setuju untuk memberdayakan pegawai dengan 3 variable tersebut, hal ini terbukti bahwa 84,83 persen menyatakan Sangat Setuju Strategi Pemberdayaan Pegawai melalui ke 3 varible tersebut. Analisis SWOT pada penelitian ini menggambarkan bahwa tingkat penghambat yang harus dihilangkan terdiri dari: keluhan masyarakat, keterlibatan pihak ke 3 dan tingkat kelemahan yang harus dihilangkan adalah: citra pelayanan buruk, kualitas SDM rendah, belum memanfaatkan tekhnologi tinggi, sedangkan tingkat pendorong dan tingkat kekuatan dan tingkat peluang harus terus dipertahankan. Analisis Strategi Peningkatan kualitas SDM berdasarkan rangking menunjukkan prioritas yang sangat signifikan dengan data sekunder, dimana menempati urutan: 1. Sikap, 2. Motivasi, 3. Skill, 4. Knowledge dan ke 5 adalah Oportunity. Sedangkan berdasarkan Strategi Pemberdayaan Prioritas penanganannya menunjukkan urutan: 1. Desentralisasi Otoritas. 2.Budaya Organisasi dan 3. Peningkatan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM). Berkenaan dengan paradigma baru yang menghendaki perubahan sikap perilaku birokrat dari minta dilayani menjadi aparat pelayanan masyarakat, kiranya untuk kepentingan peningkatan kualitas pelayanan sebagaimana Visi Dinas Kependudukan yang ingin "Mewujudkan pelayanan Administrasi Kependudukan yang berorientasi kepada kepuasan dan kemitraan masyarakat, menuju terciptanya data dan informasi Kependudukan yang akurat", maka perlu didukung dengan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan berdedikasi tinggi. ini erat dengan formulasi strategi menurut Atmosuprapta (2000) dimana adanya dimensi motivasi dan kemampuan yang menunjukkan 4 golongan pegawai, sedang yang dikehendaki adalah pegawai yang mau dan mampu. Artinya adanya pegawai yang pandai (pintar), sudah termotivasi untuk bekerja dengan baik, rajin dan telah dibekali dengan pelatihan untuk pengembangan pelaksanaan tugas. Hasil penelitian dari kondisi lingkungan internal diketahui bahwa potensi responden yang cenderung berpendidikan rendah dan adanya pegawai yang belum pernah mengikuti pelatihan perlu mendapat perhatian dari pimpinan. Selain itu diketahui adanya pegawai yang memiliki masa kerja lama ditingkat Kelurahan yang akan mematikan kreatifitas pegawai dan menghambat karir pegawai. Selain itu para responden menghendaki pemberdayaan pegawai melalui pemberian kewenangan, kemampuan dan perubahan budaya yang dilakukan melalui: a. Peningkatan kemampuan melalui pendidikan dan pelatihan yang diharapkan akan merubah citra dan sikap. b. Perlunya perubahan budaya melalui perubahan paradigma yaitu adanya transparansi pelayanan, mengikuti perkembangan teknologi, globalisasi dan desentralisasi. Adapun faktor-faktor strategi yang menonjol yang mempengaruhi kualitas SDM adalah: a. Pendelegasian kewenangan yang baik perlu diikuti dengan pengawasan dan komunikasi. b. Perlunya perubahan sikap positif pegawai agar dapat memberikan layanan yang baik. Perubahan yang diharapkan adalah pegawai yang mau dan mampu melaksanakan tugas dengan baik c. Melalui motivasi perlu merubah budaya kerja agar tumbuh sikap pegawai agar dapat menjadi pelayanan yang baik. Selanjutnya strategi pemberdayaan pegawai yang diharapkan adalah: a. Perlunya peningkatan kemampuan dengan skala prioritas dimulai dari sikap, keterampilan, pengetahuan, motivasi dan kesempatan. b. Sedangkan strategi pemberdayaan pegawai setelah menempuh skala prioritas peningkatan kemampuan adalah: perlunya perubahan budaya kerja, diikuti peningkatan kemampuan dan pendelegasian kewenangan yang diikuti dengan job description

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Pegawai, Dinas Kependudukan, KSA, Motivasi, Opportunity, Pelayanan Prima, Skala Likert, SWOT, kepuasan masyarakat
Subjects: Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: Sekolah Bisnis > Perpustakaan
Depositing User: Staff-6 Perpustakaan
Date Deposited: 12 Jan 2012 09:07
Last Modified: 12 Jan 2012 09:07
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/1202

Actions (login required)

View Item View Item