Analisis Antrian Jasa Bank Pada Loket Teller PT. Bank X, Kantor Cabang B

., Chasmar (1997) Analisis Antrian Jasa Bank Pada Loket Teller PT. Bank X, Kantor Cabang B. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
PDF
R10-_01-_Chasmar-_Cover.pdf

Download (313kB)
[img]
Preview
PDF
R10-_02-_Chasmar-_RE.pdf

Download (288kB)
[img]
Preview
PDF
R10-_03-__Chasmar-_DaIsi.pdf

Download (307kB)
[img]
Preview
PDF
R10-_04_-__Chasmar-_Bab1.pdf

Download (480kB)
[img]
Preview
PDF
R10-_05_-__Chasmar-_Bab2DST.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peningkatan efisiensi operasional bank, merupakan salah satu keputusan strategis yang dihadapi oleh pihak manajemen. Salah satu bidang operasional pada perbankan adalah pelayanan uang tunai yang merupakan aktivitas rutin pelayanan kepada nasabah. Mutu pelayanan bagi suatu bank sangat penting artinya karena berpengaruh langsung kepada kepuasan nasabah. Salah satu dimensi pelayanan adalah menyangkut masalah antrian, yaitu menyangkut kecepatan pelayanan kepada nasabah. Masalah antrian berkaitan dengan keputusan manajemen untuk mempersiapkan kapasitas pelayanan dalam menghadapi permintaan konsumen yang bervariasi. Pada saat permintaan konsumen tinggi, kapasitas pelayanan menjadi terlalu sibuk sehingga menyebabkan antrian panjang. Sebaliknya pada saat permintaan sedikit maka fasilitas pela - yanan menganggur sehingga tidak efisien. Manajemen perlu menyediakan fasilitas pelayanan yang optimal sehingga dapat melayani permintaan konsumen yang bervariasi dan dengan biaya yang sebanding. PT Bank X, Kantor Cabang B adalah bank komersil dengan wilayah kerja Kabupaten Bogor dan Kodya Bogor. Dalam rangka mengembangkan bisnisnya maka mutu pelayanan dan efisiensi operasi menjadi prioritas pihak manajemen. salah satu masalah operasi yang dihadapi adalah pening - katan kinerja antrian. Antrian yang cukup panjang terjadi pada waktu-waktu tertentu yang disebabkan tingkat keda - tangan nasabah yang sulit diramalkan. Kinerja antrian dipengaruhi oleh tingkat kedatangan dan kecepatan pelayanan. Tingkat kedatangan pada umumnya tidak dapat dikendalikan oleh perusahaan, seperti meningkatnya kebutuhan uang tunai pada hari libur sehingga tingkat kedatangan meningkat pada hari kerja sebelumnya. Pengendalian tingkat kedatangan secara intern dapat dilakukan dengan mengatur jam kerja dan membatasi antrian kepada nasabah tertentu. Kecepatan pelayanan sulit ditingkatkan karena terikat pada langkah kerja yang terdapat pada buku manual perusahaan. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap kinerja antrian PT. Bank X, Kantor Cabang B dipaparkan dibawah ini . o Tingkat kedatangan nasabah bervariasi secara harian yaitu relatip tinggi pada hari Senin dan Jumat, sedangkan pada hari lainnya relatip rendah. o Disamping bervariasi secara harian juga bervariasi secara periodik dalam jam kerja teller. Kedatangan pada jam kerja periode pukul 10.00 sampai pukul 12.30 menunjukkan tingkat kedatangan tertinggi. o Kinerja antrian yang melampaui batas toleransi manajemen adalah antrian hari Senin dan Jumat periode pukul 10.00 sampai pukul 12.30. Disamping itu antrian panjang terjadi secara insidental pada hari Selasa, Rabu dan Kamis . o Secara rata-rata keseluruhan kinerja antrian berada dibawah optimum, yaitu dengan rata-rata waktu tunggu antrian 2,7 menit dan penggunaan fasilitas 60 %. o Untuk mengatasi antrian yang terjadi secara rutin pada hari Senin dan Jumat dan antrian panjang yang terjadi secara insidental, maka kepada perusahaan disarankan untuk menambah teller cadangan dengan merekrut t e l l e r dari unit lain didalam organisasi. Disamping itu melengkapi peralatan kerja t e l l e r , memperpanjang waktu pela - yanan secara insidental dan mempertahankan saluran antrian minimal 5 baris antrian.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Analisis Antrian, manajemen sumber daya manusia
Subjects: Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: Sekolah Bisnis > Perpustakaan
Depositing User: Staff-7 Perpustakaan
Date Deposited: 14 Feb 2012 11:53
Last Modified: 14 Feb 2012 11:53
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/1243

Actions (login required)

View Item View Item