Analisis Pengaruh Biaya Promosi Dagang Terhadap Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Peru-sahaan " PKZ " di Bogor )

Sutikno, Imam (1997) Analisis Pengaruh Biaya Promosi Dagang Terhadap Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Peru-sahaan " PKZ " di Bogor ). Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
PDF
R10-_01-_Imam_Sutikno-_Cover.pdf

Download (325kB)
[img]
Preview
PDF
R10-_02-_Imam_Sutikno-_RE.pdf

Download (284kB)
[img]
Preview
PDF
R10-_03-_Imam_Sutikno-_DaIsi.pdf

Download (284kB)
[img]
Preview
PDF
R10-_04-_Imam_Sutikno-_Bab1.pdf

Download (313kB)
[img]
Preview
PDF
R10-_05-_Imam_Sutikno-_Bab2DST.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perusahaan tempat dilaksanakan geladikarya adalah Perusahaan " PKZ " di Bogor yang memproduksi kecap ter-diri dari kecap berkualitas istimewa dan kecap kualitas nomor satu. Tujuan dari geladikarya ini adalah untuk menganali-sis Pengaruh Biaya Promosi Dagang Terhadap Volume Penjua-Ian pada perusahaan " PKZ " yaitu promosi Dagang baik promosi kepada pengecer maupun promosi kepada konsumen yang dilaksanakan Perusahaan. Ukuran yang dilakukan untuk mengetahui pengaruh biaya promosi dagang dengan melihat hubungan antara volume penjualan dengan promosi pengecer rnaupun promosi konsumen. Realisasi biaya promosi dagang dan penjualan (dalam Rp. 000 ) beberapa tahun adalah : Bauran promosi yang dilaksanakan perusahaan saat ini dititik beratkan kepada promosi dagang baik kepada tenaga penjual toko/ pengecer maupun kepada konsumen. Bauran promosi dalam hal ini promosi dagang dilaksanakan dengan pertimbangan berdasar pengalaman bahwa bentuk promosi ini yang berpengaruh sangat kuat kepada peningkatan/ penuru-nan volume penjualan. Analisis yang dipergunakan dalam menilai pengaruh promosi dagang dengan menggunakan metode kuantitatifl statistik yaitu analisis regresi antara biaya masing - masing promosi tersebut dengan volume penjualan. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan angka realisasi biaya masing - masing promosi dan volume penjualan bula-nan selama 3 tahun mulai dari tahun 1994 sampai tahun 1996, diperoleh hasil bahwa pada taraf nyata sebesar 95 % ( a = 0,05 ) ternyata promosi kepada pengecer secara statistik berpengaruh dalam meningkatkan volume penjua-Ian. Sebaliknya biaya promosi kepada konsumen tidak mempunyai pengaruh sama sekali terhadap peningkatanl penurunan volume penjualan. Jika dilihat realisasi antara total biaya promosi dagang dengan volume penjualan dalam tiga tahun terakhir kenaikan biaya promosi dagang dimaksud berakibat kenaikan nilai penjualan secara absolute. Dari hasil perhitungan tersebut penggunaan promosi dagang yang ditujukan kepada pengecer hendaknya lebih diutamakan dibandingkan dengan promosi dagang yang ditu-jukan kepada konsumen. Promosi dagang yang ditujukan kepada konsumen pada daerah tertentu yang mengalami kemerosotan omzet penjualan hendaknya tetap dilaksanakan secara selektif mengingat tujuan utamanya adalah untuk mengangkat suatu daerah yang mengalami kemerosotan omzet penjualan. Selanjutnya promosi dagang kepada konsumen dalam bentuk hadiah hendaknya juga dibatasi untuk meng-hindari persepsi konsumen yang terkesan sebagai barang murahan dan barang berkualitas jelek.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Analisis Pengaruh Biaya Promosi Dagang, Volume Penjualan, Studi Kasus, manajemen keuangan
Subjects: Manajemen Keuangan
Divisions: Sekolah Bisnis > Perpustakaan
Depositing User: Staff-7 Perpustakaan
Date Deposited: 22 Feb 2012 01:34
Last Modified: 22 Feb 2012 01:34
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/1251

Actions (login required)

View Item View Item