Pengembangan Pelatihan Pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Dalam Rangka Menghadapi Era Globalisasi dan Perdagangan Bebas.

Liesdiani, Lusi (1996) Pengembangan Pelatihan Pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Dalam Rangka Menghadapi Era Globalisasi dan Perdagangan Bebas. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
PDF
R10-_01-_Lusi_Liesdiani-_Cover.pdf

Download (323kB)
[img]
Preview
PDF
R10-_02-_Lusi_Liesdiani-_RE.pdf

Download (334kB)
[img]
Preview
PDF
R10-_03-_Lusi_Liesdiani-DaIsi.pdf

Download (297kB)
[img]
Preview
PDF
R10-_04-_Lusi_Liesdiani-Bab1.pdf

Download (402kB)
[img]
Preview
PDF
R10-_05-_Lusi_Liesdiani-Bab2DST.pdf

Download (3MB)

Abstract

Era globalisasi dan perdagangan bebas yang telah terasa dampaknya, menyebabkan tingkat persaingan yang semakin ketat di segala bidang. Perbankan sebagai salah satu pelaku bisnis utama, tidak terlepas dari pengaruh era persaingan yang semakin ketat ini, sehingga untuk dapat memenangkan persaingan dalam era globalisasi dan perdagangan bebas, perbankan dituntut untuk memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya. Sumberdaya manusia merupakan salah satu faktor kunci keberhasilan untuk memenangkan persaingan dalam era globalisasi dan perdagangan bebas. Sebagai implikasi dari semakin meningkatnya tingkat persaingan, tuntutan sumberdaya manusia yang berkualitas semakin meningkat pula. Sehingga perlu dilakukan upaya-upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia, yang antara lain dapat dilakukan dengan pelatihan dan pengembangan sumberdaya manusia. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, selanjutnya disebut Bank BNI, merupakan bank dengan aset terbesar di Indonesia. Pada saat ini, Bank BNI telah beroperasi hampir di seluruh Indonesia, yang meliputi 483 kantor cabang dalam negeri, 6 kantor cabang luar negeri, 12 kantor wilayah dan 13.229 pegawai (Juni, 1996). Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, Bank BNI telah memiliki komitmen yang cukup besar dalam kegiatan pelatihan dan pengembangan pegawai. Untuk kondisi saat ini, kegiatan pelatihan dan pengembangan pegawai yang dilakukan Bank BNI telah berhasil meningkatkan kinerja pegawai Bank BNI, sekaligus kinerja perusahaan. Hal ini diindikasikan dengan prestasi yang dicapai Bank BNI pada tahun 1993, dimana Bank BNI dinyatakan sebagai bank peraih keuntungan terbesar dan tersehat di Indonesia. Prestasi ini tidak akan mungkin tercapai, apabila tidak ada dukungan dari sumberdaya manusia yang berkualitas. Namun demikian, dengan adanya era globalisasi dan perdagangan bebas, yang menyebabkan meningkatnya tuntutan kualitas sumberdaya manusia, belum terbukti apakah sistem pelatihan dan pengembangan sumberdaya manusia yang ada sekarang mampu menjawab tantangan era globalisasi dan perdagangan bebas. Untuk itu, perlu dilakukan penelitian terhadap sistem pelatihan dan pengembangan sumberdaya manusia Bank BNI dalam rangka menghadapi era globalisasi dan perdagangan bebas. Metode penelitian yang dilakukan adalah kaji manajemen, sedangkan metode analisisnya menggunakan metode deduktif, dimana sistem pelatihan dan pengembangan sumberdaya manusia yang dibutuhkan .disusun berdasarkan analisis terhadap sistem pelatihan dan pengembangan ideal dibandingkan dengan kondisi nyata. Dari hasil evaluasi sistem pelatihan dan pengembangan sumberdaya manusia pada Bank BNI, dapat dinyatakan bahwa sistem tersebut telah cukup baik. Landasan, filosofi, tujuan, dan prinsip-prinsip pelatihan dan pengembangan telah dinyatakan secara normatif dengan baik. Namun demikian, masih terdapat beberapa ha1 yang perlu ditingkatkan, yaitu pada penilaian kebutuhan pelatihan, penentuan peserta pelatihan, penentuan metode pelatihan, kurikulum dan materi, serta evaluasi pelaksanaan pelatihan. Agar program pelatihan yang dilakukan benar-benar dirasakan manfaatnya dan dapat mencapai sasaran dengan baik, maka penilaian kebutuhan pelatihan sebaiknya dilakukan dengan analisis organisasi (organizational analysis), analisis tugas/prestasi (task analysis) dan analisis individu (person analysis). Penentuan peserta pelatihan sebaiknya didasarkan pada hasil analisis individu. Metode pelatihan yang digunakan sebaiknya lebih banyak menerapkan metode-metode yang melibatkan aktifitas peserta, seperti metode studi kasus, role playing, business games dan latihan laboratorium. sehingga diharapkan pemahaman peserta terhadap materi pelatihan menjadi lebih baik. Dari hasil analisis terhadap kecenderungan perbankan dan tuntutan sumberdaya perbankan pada era globalisasi dan perdagangan bebas, mayoritas responden setuju bahwa terdapat 7 kelompok kompetensi yang harus dimiliki oleh sumberdaya manusia perbankan, yaitu : (1) SDM di masa mendatang dituntut untuk dapat mengatur diri sendiri (self management), (2) SDM masa mendatang harus memiliki motivasi tinggi, (3) harus memiliki kemampuan komunikasi dan hubungan interpersonal, (4) mempunyai kemampuan untuk mengembangkan budaya bangsa, (5) harus memiliki keterampilan teknikal dan profesional, (6) untuk mengembangkan bisnis, SDM masa mendatang harus memiliki pandangan konsumen sebagai raja dan mempunyai kesiapan untuk melayani, dan (7) SDM perbankan Indonesia dituntut untuk memiliki keterampilan manajerial yang mantap. Untuk memenuhi tuntutan 7 kompetensi tersebut, maka materi dan kurikulum pelatihan pada Bank BNI perlu dirancang untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Analisis penentuan kebutuhan pelatihan ditentukan dengan menggunakan pendekatan diskrepansi. Kemampuan yang perlu dilatih ditentukan berdasarkan kekurangmampuan yang perlu dilatih, yang ditandai dengan nilai SKD - SKS > 1. Program pelatihan yang diusulkan untuk meningkatkan kompetensi tenaga pelaksana meliputi program pelatihan time management, kepribadian, kesamaptaan, pelatihan peningkatan ketaatan pegawai, pelatihan motivasi, communication and interpersonal skills, P4, credit and finance analysis, international & treasury skills, office automation, project appraisal, bank accountancy, profesional development program, pelatihan peningkatan keterampilan kerja, gugus kendali mutu, service excellence, service delivery, selling skills, customer relation course, marketing research, business planning, manajemen umum, bank strategik manajemen, bank marketing manajemen, asset liabiliry management, dan total quality manajemen. Program pelatihan yang diusulkan untuk meningkatkan kompetensi manajemen supervisi meliputi program pelatihan time management, kepribadian, kesamaptaan, pelatihan peningkatan ketaatan pegawai, pelatihan motivasi, communication and interpersonal skills, pembinaan nasabah, sensitivity training, credit and finance analysis, international & treasury skills, office automation, project appraisal, bank accountancy, profesional development program, pelatihan peningkatan keterampilan kerja, gugus kendali mutu, service excellence, service delivery, selling skills, customer relation course, marketing research, business planning, leadership skills, manajemen umum, bank strategik manajemen, bank marketing manajemen, prinsip-prinsip human resource management, asset liability management, dan total quality manajemen. Program pelatihan yang diusulkan untuk meningkatkan kompetensi manajemen madya meliputi program pelatihan peningkatan ketaatan pegawai, pelatihan motivasi, communication and interpersonal skills, pembinaan nasabah, sensitivity training, credit and finance analysis, international & treasury skills, office automation, bank accountancy, profesional development program, service excellence, service delivery, selling skills, customer relation course, business planning, leadership skills, bank strategik manajemen, asset liability management, dan total quality manajemen. Sedangkan untuk meningkatkan kompetensi manajemen puncak, program pelatihan yang harus dilatihkan meliputi pelatihan peningkatan ketaatan pegawai, credit and finance anlysis, office automation, service excellence, service delivery, leadership skills, pelatihanlseminar untuk meningkatkan visi manajemen, dan bank strategik management.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Pelatihan,manajemen sumber daya manusia
Subjects: Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: Sekolah Bisnis > Perpustakaan
Depositing User: Staff-7 Perpustakaan
Date Deposited: 14 Feb 2012 11:54
Last Modified: 14 Feb 2012 11:54
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/1252

Actions (login required)

View Item View Item