ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PRODUK MAKANAN RINGAN DALAM RANGKA FORMULASI STRATEGI BAURAN PROMOSI PT. INDOFOOD FRITO-LAY

Azis, Avandy (2000) ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PRODUK MAKANAN RINGAN DALAM RANGKA FORMULASI STRATEGI BAURAN PROMOSI PT. INDOFOOD FRITO-LAY. Masters thesis, IPB.

[img]
Preview
PDF
R16-01-Avandy_Azis-Cover.pdf - Published Version

Download (58kB)
[img]
Preview
PDF
R16-01bAvandy_Azis-Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img]
Preview
PDF
R16-03-Avandy_Azis-Ringkasan_Eksekutif.pdf - Published Version

Download (128kB)
[img]
Preview
PDF
R16-04-Avandy_Azis-Daftar_Isir.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img]
Preview
PDF
R16-05-Avandy_Azis-Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (217kB)
Official URL: Http://elibrary.mb.ipb.ac.id

Abstract

RINGKASAN EKSEKUTIF AVANDY AZIS, 2000. Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Produk Makananan Ringan Dalarn Rangka Formulasi Strategi Bauran Promosi PT. lndofood Frito-Lay di bawah birnbingan AGUS MAULANA dan TRIDOYO KUSUMASTANTO. PT. lndofood Frito-Lay adalah salah satu anak perusahaan PT. lndofod Sukses Makrnur yang bergerak dalam bidang usaha produksi makanan ringan dengan berbagai macam merek dan rasa yang ditujukkan untuk target konsumen yang berbeda. Salah satu merek makanan ringan yang dihasilkan oleh PT. lndofood Frito-Lay yaitu Chitato yang rnerupakan makanan ringan dari jenis non ekstruksi karena pembuatannya tidak mengalami proses penguraian. Bahan baku utama dalam pembuatan makanan ringan ini adalah kentang (Solanurn tuberosum sp.) yang berkualitas tinggi. Perilaku konsumen bersifat dinamis, selalu berubah dari waktu kewaktu. Sernentara itu persaingan yang semakin meningkat dalam industri makanan ringan modern ditunjang oleh adanya perubahan gaya hidup masyarakat terhadap konsumsi makanan ringan yang serba instant. Berbagai strategi promosi digunakan sebagai alat untuk mengkomunikasikan keunggulan produk makanan ringan. Berdasarkan ha1 tersebut, PT. lndofood Frito-Lay memerlukan strategi bauran promosi yang tepat dengan berlandaskan kepada analisis perilaku konsumen makanan ringan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perilaku konsumen produk rnakanan ringan merek Chitato, faktor -faktor yang menjadi keunggulan makanan ringan Chitato dibandingkan dengan pesaingnya serta pengaruh adanya produk makanan ringan lain terhadap perilaku konsumen makanan ringan Chitato. Hasil dari analisis terhadap perilaku konsumen ini digunakan untuk memformulasikan strategi bauran promosi. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen makanan ringan baik modern maupun tradisional dan berumur minimal 17 tahun. Jurnlah keseluruhan responden adalah 140 orang yang berada di wilayah DKI Jakarta. Data primer diperoleh dengan menyebarkan kuesioner yang selanjutnya diolah dengan menggunakan metode analisis multiatribut Fishbein dan analisis Biplot untuk mengetahui atribut -atribut tertentu yang mernpunyai keungguian dari atribut merek lainnya. Hasil kajian terhadap perilaku konsumen makanan ringan menunjukkan bahwa Chitato memiliki citra yang cukup baik, karena memiliki nilai Fisihbein di atas rata -rata untuk semua atribut khususnya untuk atribut kemudahan memperoleh dan harga. Namun citra produk ini masih kalah dibandingkan dengan makanan ringan merek Pringles. Penelitian ini menunjukkan adanya pengelompokan produk -produk yang menjadi pesaing Chitato menjadi tiga kelompok yakni kelompok produk merek Mister Potato dan Hottest serta kelompok produk merek Pringles dan Chitato yang masing -masing terpisah satu sama lain. Pengelompokkan ini juga diikuti dengan pengelompokkan atribut -atribut produk sesuai dengan hasil analisis sikap konsumennya. Chitato memiliki keunggulan dalam atribut harga dan kemudahan memperoleh sementara Pringles memiliki keunggulan dalam atribut variasi rasa, kerenyahan, kuaitas, bentuk dan kemasan yang lebih menarik. Sementara untuk merek produk pesaing lainnya, yakni Hottest dan Mister Potato atribut produknya tidak mempunyai keunggulan apapun dibandingkan dengan Chitato dan Pringles. Penelitian ini rnenunjukkan bahwa bauran promosi (iklan) Chitato cukup efektif dalam meningkatkan awareness terhadap produk Chitato yakni sebesar 98,9%. Meskipun demikian ketertarikan responden terhadap iklan Chitato cukup rendah yang ditunjukkan oleh sikap biasa saja terhadap iklan tersebut (73%). Formulasi strategi bauran promosi makanan ringan Chitato yang didasarkan kepada analisis perilaku konsumennya menunjukkan bahwa penggunaan bauran promosi periklanan harus ditunjang oleh adanya promosi penjualan dalam bentuk diskon atau pemberian hadiah untuk menimbulkan minat terhadap pembelian Chitato serta mendorong konsumen melakukan volume pembelian yang lebih banyak lagi. Disamping itu mengingat perilaku pembelian konsumen makanan ringan dilakukan secara impulse buying, display produk yang menarik diperlukan untuk menarik minat konsumen agar melakukan tindakan pernbelian makanan ringan Chitato. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa diperlukan adanya peningkatan publisitas sebagai bagian dari bauran promosi Chitato untuk lebih memperkuat loyalitas terhadap merek Chitato.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Strategi
Divisions: Sekolah Bisnis > Perpustakaan
Depositing User: Staff-2 Perpustakaan
Date Deposited: 24 Mar 2014 08:13
Last Modified: 24 Mar 2014 08:13
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/1279

Actions (login required)

View Item View Item