Kajian Strategi Produk Dalam Upaya Pengembangan Pangsa Pasar Udang Beku Di PT.Centralwindu Sejati Surabaya

Widodo, Agung (2001) Kajian Strategi Produk Dalam Upaya Pengembangan Pangsa Pasar Udang Beku Di PT.Centralwindu Sejati Surabaya. Masters thesis, IPB.

[img]
Preview
PDF
R16-0b1-Agung_Widodo-Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version

Download (481kB)
[img]
Preview
PDF
R16-01-Agung_Widodo-Cover.pdf - Published Version

Download (262kB)
[img]
Preview
PDF
R16-03-Agung_Widodo-Ringkasan_Eksekutif.pdf - Published Version

Download (690kB)
[img]
Preview
PDF
R16-04-Agung_Widodo-Daftar_Isi.pdf - Published Version

Download (580kB)
[img]
Preview
PDF
R16-05-Agung_Widodo-Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (784kB)
Official URL: http://elibrary.mb.ipb.ac.id

Abstract

RINGKASAN EKSEKUTIF AGUNG WIDODO, 2001. Kajian Strategi Produk Dalam Upaya Pengembangan Pangsa Pasar Udang Beku Di PT.Centralwindu Sejati Surabaya. Dibawah bimbingan LIEN HEUINA dan ANNY RATNAWATI. Udang merupakan salah satu komoditi yang sangat populer dan mempunyai nilai ekonomis cukup tinggi di perdagangan internasional. Ekspor udang diperkirakan pada tahun 2003 mendatang akan mencapai 4,6 miliar US $ dan berpotensi menunjang devisa negara pada sektor perikanan. Udang memiliki kontribusi terbesar bagi devisa negara dibandingkan komoditi ekspor hasil laut iain Indonesia seperti ikan tuna,rumput laut dan mutiara. PT Centralwindu Sejati (PT CWS) merupakan perusahaan yang bergerak dalam bisnis pengolahan dan ekspor udang, hampir semua udang yang mereka olah di ekspor. Produk udang olahan yang diproduksi PT CWS banyak jenisnya, namun jenis yang diproduksi setiap harinya tergantung pada pemesanan pasar, saat ini hanya terdapat sembilan jenis produk yang secara rutin diproduksi oleh PT CWS. Hal ini mungkin dikarenakan para pelanggan (pengimpor udang) hanya mengenal perusahaan sebagai pengolah sembilan item saja atau memang promosi yang dilakukan oleh perusahaan kurang mengena sehingga pengimpor tidak mengetahui bahwa perusahaan juga melayani item yang lain. PT. CWS berlokasi di kawasan Rungkut Industri (kawasan SER) tepatnya berlokasi di jalan Berbek Industri 1/24, Surabaya. dengan kantor cabang di Medan. Kantor cabang ini dipilih di Medan disebabkan karena kota ini dianggap sebagai kota terbesar di Sumatera dan perusahaan ini ingin mengembangkan usahanya di Sumatera. Kantor cabang yang sedang diiencanakan urituk dibangun adalah di Ujung Pandang (Sulawesi) dan di Pontianak (Kalimantan). Produk udang beku yang dihasilkan mempunyai tujuan utama di ekspor dan saat ini sudah mulai mengembangkan produk lokal. Perusahaan ini hanya melayani job order, yaitu pesanan dari pengimpor dalam membuat produknya. Job order didapatkan dari para pengimpor udang dari negara tujuan. PT CWS sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang ekspor udang hams bisa mempersiapkan diri untuk bisa menghadapi tantangan dan ancaman, dan mengambil peluang yang ada pada pasar bebas nantinya. Untuk itu perlu dilakukan kajian seberapa jauh strategi produk udang beku yang dilakukan perusahaan dalam upaya pengembangan pangsa pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis strategi pemasaran PT CWS saat ini, (2) Menganalisis pangsa pasar dan peramalan permintaan udang beku PT CWS (3) Menganalisis pola persaingan produk di industri udang beku (4) Merumuskan strategi produk dan rekomendasi untuk mengembangkan pangsa pasar. Ruang lingkup penelitian hanya mengarah pada strategi produk yang tepat yang bisa terpilih dalam Proses Hierarki Analisis. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan sekunder. Data primer didapat melalui kegiatan pengamatan langsung di perusahaan dan melalui pakar. Data sekunder dari studi pustaka, data lembagalinstansi pemerintah atau swasta yang berhubungan. Data diperoleh dengan cara observasi, melakukan pengamatan langsung ke perusahaan, kuisioner dengan pakar yang kompeten, wawancara � dengan manajemen perusahaan dan studi pustaka dengan penelaahan berbagai buku referensi, mengumpulkan data-data yang relevan dengan penelitian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, Analisis Industri, Analisis Peramalan dan Proses Hierarki Analisis. Pengambilan sampel pada pakar dilakukan dengan metode purposive sampling yaitu suatu metode pengambilan sampel tidak secara acak, dimana sampel dipilih berdasarkan pertimbangan- pertimbangan tertentu sesuai dengan materi dan tujuan penelitian. Orang yang dianggap pakar dalam ha1 ini yaitu Plan Manajer Perusahaan, Manajer Produksi, Manajer Pemasaran, Manager Higiene Control, Section Head PPC dan satu orang dari eksternal perusahaan yaitu seorang yang ahli dalam industri udang. Dari hasil wawancara dengan pihak manajemen didapatkan hasil sebagai berikut : strategi pemasaran yan dijalankan oleh perusahaan melalui strategi bauran pemasaran meliputi produk, harga, distribusi dan promosi yaitu bahwa produk yang di buat oleh PT CWS saat sebanyak 9 (sembilan) item produk. Yaitu jenis head less block, head less IQE tempura, mshz ebi, cooked peeled block, cooked peeled IQF, raw cooked peeled, raw peeled IQF, dan spring roll. Produk ini diposisisikan sebagai premium qualiy product yang mempunyai kandungan protein yang tinggi, karena diproduksi dengan teknologi yang tepat dan dibawah pengawasan para ahli udang. Harga yang ditawarkan juga premium price. Distribusi produk dilakukan dengan cepat menggunakan kapal laut maupun kapal terbang dengan tujuan Jepang, Amerika, Eropa serta negara Asia. Promosi yang dilakukan adalah dengan mengikuti acara Sea Food Show serta membuat web site di internet. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa pangsa pasar PT CWS adalah 1,60 % pada tahun 1999, dan meningkat menjadi 1,83 % pada tahun 2000 di pasar Indonesia, sedangkan di dunia pangsa pasarnya sebesar 0,096 % tahun 2000. Disimpulkan juga total penjualan PT CWS dari tahun 1999 sebesar 1.005.756 kg ke tahun 2000 sebesar 1.350.903 kg tejadi peningkatan penjualan sebesar 34,3 %. Dan dari tahun 2001 sampai ke tahun 2002 menurut hasil peramalan akan terjadi peningkatan penjualan sebesar 80,9 %. Hasil analisis industri menunjukkan bahwa ancaman pendatang baru dan fkktor persaingan didalam industri udang mempunyai pengaruh yang tinggi terhadap keberadaan PT CWS, sedangkan ancaman produk pengganti, kekuatan tawar menawar pembeli dan kekuatan tawar menawar pemasok masuk dalam kategori sedang yang berarti keberadaan mereka tidak begitu mengancam terhadap keberaan perusahaaan. Hasil Proses Hierarki Analisis menunjukkan bahwa urutan prioritas fkktor yang paling berpengaruh dalam upaya pengembangan pangsa pasar produk udang beku ini adalah faktor pasar yang mempunyai bobot prioritas 46 %. Hal ini ditunjukkan oleh tingkat pertumbuhan pastlr yang cukup tinggi, harga udang yang relatif terus meningkat serta semakin luasnya permintaan udang yang berasal dari berbagai negara yang berbeda, sehingga tidak didominasi oleh satu pasar. Permintaan akan udang dari negara Jepang, Amerika Serikat dan masyarakat Eropa sekarang ini semakin meningkat setiap tahunnya. Harga udang yang terus meningkat dari rata-rata US $ 8,76 per kg tahun 1999 meningkat menjadi US $ 9,37 per kg pada tahun 2000 merangsang eksportir untuk terus meningkatkan ekspornya. � Eksport share Indonesia terhadap Jepang (2000), menempati urutan pertama yakni 51,18 %, yang diikuti oleh USA sebesar 14,68 % kemudian Nederland 6,32 %, Hongkong menempati urutan keempstt dengan impornya sebesar 5,73 %, selanjutnya United Kingdom sebesar 3,96 % dan beberapa negara lain sebesar 18,12 % yang terbagi dari 50 negara pengimpor udang lainya. Pada tingkat kepentingan aktor yang berada dalam bisnis udang beku ini didapatkan bahwa peringkat pertama yaitu pada manajemen perusahaan yang mempunyai bobot sebesar 35 %, manajemen perusahaan sangat memegang kunci dalam meraih sukses perusahaan, dalam ha1 ini jalinan kerja sama dengan para importir hams selalu dibina untuk kelangsungan usaha, serta loyalitas dari para pemasok hams juga ditingkatkan dengan semis pembayaran yang cepat dan seimbang. Karena loyalitas pemasok memegang kunci yang sangat penting dalam usaha udang beku ini, sehingga upaya untuk menjaga loyalitas pemasok harus dilakukan oleh manajemen perusahaan. Pada hasil pengolahan untuk tujuan dari perusahaan yang ingin dicapai dalam pengembangan pangsa pasar memperoleh urutan prioritas pertama dengan bobot sebesar 39 %, mengembangkan pasar yahg luas akan menjamin kelangsungan perusahaan dalam jangka waktu yang panjang, sehingga bukan hanya profit semata yang ingin dicapai perusahaan. Dengan adanya pangsa pasar yang besar akan memperkuat tawar menawar harga udang sehingga nilai penjualan akan meningkat. Strategi produk yang dianggap paling cocok dan mendapat prioritas pertama yang bisa diterapkan oleh PT CWS dalam upaya pengembangan pangsa pasar adalah strategi positioning produk. Hal ini dapat ditunjukkan dengan nilai prioritas yang paling besar yaitu 41 %. Strategi positioning produk merupakan strategi yang menciptakan diferensiasi yang unik dibenak pelanggan sasaran, sehingga terbentuk image merek atau produk yang unggul dibandingkan produk pesaing. Dari hasil penelitian ini maka disarankan untuk : (1) Karena persaingan di dalam industri udang dan ancaman pendatang batu masuk dalam kategori tinggi, maka untuk mengantisipasi ha1 ini PT CWS perlu meningkatkan nilai produk dengan diferensiasi produk. (2) Melihat trend peningkatan penjualan sebesar tahun 2000 26 % dan adanya peramalan permintaan sebesar 34,3 % tahun 2001 serta 80,9 % ditahun 2002 maka PT CWS perlu melakukan kemitraan dengan petanilpetambak untuk menjamin pasokan bahan baku untuk mengantisipasi peningkatan permintaan. (3) Untuk menanamkan positioning produk PT CWS sebagai produk yang berkualitas tinggi dan mempunyai kandungan gizi yang tinggi maka PT CWS perlu meningkatkan keikutsertaan dalam even-even pameran intemasional. (4) Dalam menentukan strategi positioning produk perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk memperoleh pilihan strategi positioning produk yang tepat yang telah terpilih pada Proses Hierarki Analisis dalam penelitian ini dan penelitian ini dapat sebagai bahan acuan untuk lebih mempertajam analisis. �

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci Udang beku, PT CWS, Strategi Pemasaran, Strategi Produk, Analisis Industri, Analisis Peramalan, Proses Hierarki Analisis.
Subjects: Manajemen Strategi
Divisions: Sekolah Bisnis > Perpustakaan
Depositing User: Staff-2 Perpustakaan
Date Deposited: 24 Mar 2014 08:12
Last Modified: 24 Mar 2014 08:12
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/1305

Actions (login required)

View Item View Item