FORMULASI STRATEGI PEMASARAN DOMESTIK KAIN PRINTING PADA PT. KUSUMA HADI SENTOSA, SURAKARTA

Widiastuti, Hardiana (2001) FORMULASI STRATEGI PEMASARAN DOMESTIK KAIN PRINTING PADA PT. KUSUMA HADI SENTOSA, SURAKARTA. Masters thesis, IPB.

[img]
Preview
PDF
R16-01b-Hardiana_Widyastuti-Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version

Download (124kB)
[img]
Preview
PDF
R16-01-Hardiana_Widyastuti-Cover.pdf - Published Version

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF
R16-03-Hardiana_Widyastuti-Ringkasan_Eksekutif.pdf - Published Version

Download (104kB)
[img]
Preview
PDF
R16-04-Hardiana_Widyastuti-Daftar_isi.pdf - Published Version

Download (150kB)
[img]
Preview
PDF
R16-05-Hardiana_Widyastuti-Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (172kB)
Official URL: Http://elibrary.mb.ipb.ac.id

Abstract

RINGKASAN EKSEKUTIF HARDIANA WIDYASTUTI, 2001. Formulasi Strategi Pemasaran Domestik Kain Printing pada PT. Kusumahadi Santosa, Surakarta. Di bawah bimbingan BUNASOR SANIM dan AGUS MAULANA. Industri tekstil merupakan salah satu sektor andalan pembangunan dan memegang peranan penting dalam memenuhi kebutuhan sandang dalam negeri. Dalam sejarah pertumbuhan dan perkembangan industrialisasi nasional, industri tekstil termasuk sebagai sektor perintis. Walaupun demikian dalam perjalanannya, industri tekstil tidak terlepas dari berbagai pernasalahan, seperti : biroluasi, krisis ekonomi nasional (moneter), kapasitas sumberdaya manusia, kelangkaan bahan baku,teknologi, dan pemasaran. Demikian pula halnya dengan industri kain printing yang merupakan salah satu core industri tekstil, tidak terlepas dari sejumlah permasalahan, terutama tantangan daya beli pasar yang menurun akibat kondisi krisis politik dan perekonomian nasional yang berkepanjangan sejak tahun 1997. Untuk menghadapi dan memenangkan kondisi ini diperlukan perhatian dan langkah-langkah manajemen usaha yang cukup serius untuk mempertahankan kelangsungan usaha. Demikian pula halnya dengan PT. Kusumahadi Santosa sebagai salah satu produsen kain printing. Pencapaian efisiensi dan efektivitas produksi menjadi perhatian perusahaan. Adapun masalah dirumuskan sebagai berikut : 1) Bagaimana prospek pemasaran tekstil domestik pada saat ini dan masa yang akan datang pada PT. Kusumahadi Santosa ? 2) Bagaimana persepsi konsumen terhadap produk kain printing yang diproduksi oleh PT. Kusumahadi Santosa ? 3) Bagaimana kondisi lingkungan industri tekstil yang dihadapi perusahaan saat ini ?' 4) Bagaimana strategi pemasaran yang tepat dan efektif yang harus dilaksanakan perusahaan dalam memasarkan produk tekstil dalam menghadapi persaingan industri tekstil pada saat ini dan yang akan datang, khususnya di pasar domestik ? Dari rumusan masalah di atas, tujuan geladikarya diarahkan untuk : 1) Mengetahui prospek pemasaran tekstil domestik pada saat ini dan masa yang akan datang oleh PT. kusumahadi Santosa. 2) Mengkaji persepsi konsumen terhadap produk kain printing yang diproduksi PT. Kusumahadi Santosa. 3) Menganalisis lingkungan industri tekstil saat ini yang dihadapi perusahaan. 4) Memberikan alternatif strategi pemasaran yang tepat dan efektif yang dapat dilaksanakan oleh perusahaan dalam menghadapi persaingan industri tekstil saat ini dan masa yang akan datang, khususnya di pasar domestik. Geladikarya ini dibatasi hanya dalam ruang lingkup industri kain printing yang menggunakan bahan baku kapas dan rayon. Adapun gambaran alternatif strategi pemasaran yang direkomendasikan melalui kegiatan geladikarya ini dapat menjadi masukan bagi manajemen perusahaan. Metode yang digunakan dalam geladikarya ini adalah metode studi kasus dengan menggunakan data primer dan sekunder (kualitatif maupun kuantitatif).Teknik pengambilan contoh dilaksanakan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu terdiri dari : 5 responden untuk analisis industri dan analisis matrik General Electric (GE) dan 10 responden untuk analisis persepsi konsumen. Sedangkan untuk menghasilkan alternatif strategi pemasaran digunakan beberapa alat analisis, meliputi : analisis lingkungan industri, analisis matrik GE, dan analisis persepsi konsumen. Adapun melalui hasil analisis persepsi konsumen perusahaan diharapkan dapat memenuhi dan mengetahui lebilh banyak informasi atribut (harga yang dapat dicapai, design dan warna yang sesuai, kualitas produk yang memadai, mutu pelayanan yang memuaskan, dan kemudahan dalam memperoleh produk) yang diharapkan konsumen.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pemasaran
Depositing User: Staff-2 Perpustakaan
Date Deposited: 24 Mar 2014 08:13
Last Modified: 24 Mar 2014 08:13
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/1308

Actions (login required)

View Item View Item