Formulasi Strategi PT. Unitex Tbk

Mulya Hidayat MJD, Asep (2002) Formulasi Strategi PT. Unitex Tbk. Masters thesis, IPB.

[img]
Preview
PDF
R19-01-Asep_Mulya_Hidayat_Mjd-Cover.pdf - Published Version

Download (260kB)
[img]
Preview
PDF
R19-01b-Asep_Mulya_Hidayat_Mjd-CLembar_Pengesahan.pdf - Published Version

Download (425kB)
[img]
Preview
PDF
R19-02-Asep_Mulya_Hidayat_Mjd-Abstract.pdf - Published Version

Download (297kB)
[img]
Preview
PDF
R19-03-Asep_Mulya_Hidayat_Mjd-Ringkasan_Eksekutif.pdf - Published Version

Download (616kB)
[img]
Preview
PDF
R19-04-Asep_Mulya_Hidayat_Mjd-Daftar_Isi.pdf - Published Version

Download (480kB)
[img]
Preview
PDF
R19-05-Asep_Mulya_Hidayat_Mjd-Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (588kB)
Official URL: http://elibrary.mb.ipb.ac.id

Abstract

RINGKASAN EKSEKUTIf ASEP MULYA HIDAYAT MjD, 2002. Formulasi Strategi PT. Unitex Tbk. Dibawah bimbingan BUNASOR SANIM dan ANNY RATNAWATI Selama tahun 1992, industri tekstil di Indonesia tidak memperlihatkan perkembangan seperti yang diharapkan. Tampaknya banyak masalah yang dihadapi oleh sektor industri ini, termasuk faktor ekstem, terutama lemahnya pertumbuhan ekonomi baik dalam negeri maupun luar negeri, sehingga sangat mempengaruhi pertumbuhan pasar. Padahal di lain pihak, industri tekstil di Indonesia sedang mengalami pertumbuhan dan banyak pabrik yang baru mulai beroperasi setelah berhasil dibangun semasa sumber dana perbankan lancar yaitu tahun 1988 sampai 1990. Tidak sedikit pabrik tekstil yang mengeluh, bahwa pasaran tekstil dan produk tekstil cukup berat. Pasca tragedi WTC di Amerika Serikat yang menyebabkan krisis global dan Krisis moneter yang berkepanjangan telah membuat hampir semua sektor industri Indonesia kian terpuruk. Dilain pihak , yang masih menggembirakan adalah tetap meningkatnya ekspor tekstil dan produk tekstil. Ekspor Tekstil Indonesia mengalami kenaikan yang cukup tajam, yaitu sekitar 32,06 persen pada tahun 1998 dibandingkan tahun sebelumnya, walaupun di tahun 1999 mengalami penurunan sebesar '11 persen, namun pada tahun 2000 kembali mengalami peningkatan sebesar 0.055 % menjadi 1.775.132.074 meter atau US$ 8.377.396.706. PT Unitex Tbk merupakan salah satu produsen tekstil yang bekerja sama dengan pill& Jepang. PT Unitex Tbk yang memproduksi tekstil jenis Yarn Dyed/Piece Dyed. Krisis multidimensi yang melanda Indonesia sejak bulan juni 1997 sampai saat ini nampaknya membawa dampak pada segala sektor industri. Industri tekstil yang merupakan salah satu sektor industri yang memberikan nilai devisa yang cukup significan bagi Indonesia perlu dipertahankan. Dengan adanya perkembangan dunia usaha dan era perdagangan bebas, perusahaan dituntut untuk dapat survive ditengah persaingan yang ketat, oleh sebab itu perlu di susun formulasi strategi yang baik sehingga mampu meningkatkan daya saing dan memberikan ltemampulabaan yang berkelanjutan dalam jangka panjang. Berdasarkan uraian diatas, maka permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: 1) Sejauh mana faktor-faktor ekstemal dan intemal mempengaruhi posisi bersaing perusahaan dalam industri tekstil di Indonesia, 2) Strategi apakah yang sebaiknya diterapkan oleh perusahaan dengan kondisi lingkungan yang ada saat ini dan 3) Altematif strategi apa yang sebaiknya diterapkan oleh perusahaan dalam menghadapi persaingan industri. Sesuai dengan penunusan masalah diatas, maka tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk membuat formulasi strategi yang tepat bagi PT. Unitex Tbk dengan cara: 1) Mengindentifikasi serta menganalisis faktor-faktor ekstemal dan intemal yang mempengaruhi posisi bersaing PT. Unitex Tbk dalam industri tekstil di Indonesia 2) Memformulasikan strategi yang dapat diterapkan PT. Unitex Tbk dalam persaingan industri tekstil di Indonesia 3) Merekomendasikan strategi dan altematif strategi bagi PT. Unitex Tbk. Hasil penelitian ini diharapkan dapat � memberikan masukan bagi perusahaan dan menjadi bahan pertimbangan dalam perencanaan, penetapan strategi dan kebijakan yang berkaitan dengan pengembangan perusahaan, sebagai wahana bagi penulis dalam mengaplikasikan teori yang telah diperoleh secara obyektif di dalam bisnis nyata dan berkaitan dalam pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) ,penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan dasar benchmark data bagi penelitian sejenis. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian deskriptif dalam bentuk studi kasus untuk menjawab masalah yang dihadapi perusahaan dan strategi bisnis yang dilakukannya. Pemilihan metode ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang mendalam mengenai obyek yang diteliti. Penelitian ini menggunakan dua jenis data, yaitu data primer dan data sekunder. Instrumen untuk pengumpulan data primer diperoleh dari pengamatan langsung (observasi langsung), wawancara dan pengisian kuesioner. Instrumen untuk pengumpulan data sekunder diperoleh dari studi pustaka. Tahapan dalam analisis data dijelaskan sebagai berikut 1) Mendeskripsikan visi, misi dan tujuan PT. Unitex Tbk. 2) Melakukan analisis lingkungan ekstemal makro untuk mengetahui faktor strategis yang dapat mempengaruhi lingkungan industi dan lingkungan internal perusahaan dan strategi bisnis yang telah dilakukan saat ini. Analisis makro dilakukan dengan mengkaji faktor politik, ekonomi, sosial budaya dan teknologi. 3) Melakukan analisis lingkungan ekstemal mikro (industri) untuk menentukan tingkat persaingan dalam lingkungan lndustri dimana perusahaan berada. Analisis industi tersebut akan dilakukan dengan mengkaji lima kekuatan industri menurut Porter (1980). Kelima kekuatan yang membentuk sXruktur persaingan dalam industi kemudian akan disajikan dengan tabel. Pengolahan data dilakukan dengan telcnik Delphi untuk mengetahui bobot dari setiap faktor strategis. 4) Melakukan analisis intemal organisasi pada kegiatan perusahaan dan fomulasi bisnis yang dilakukan saat ini. 5) Menyusun Formulasi Strategi perusahaan berdasarkan analisis ekstemal dan intemal perusahaan dengan menggunakan Analisis Intemal- Ekstemal Matik dan Analisis SWOT. PT Unitex Tbk mempunyai Visi menjadi perusahaan besar yang menghasilkan kain kemeja pilihan, ha1 ini tergambar dari lambang perusahaan yaitu seekor kucing menggunakan topi dan dasi gaya orang borjuis eropa. Perusahaan ingin menghasilkan kain yang sangat lembut dan halus dengan kualitas bagus seperti yang digunakan orang-orang bo rjuis Eropa pada saat itu Misi perusahaan adalah mendukung pemerintah untuk meningkatkan ekspor komoditi non-migas, memiiiki jaringan distibusi dan pemasaran yang sangat luas baik di dalam negeri maupun di luar negeri, memenuhi tuntutan pasar dalam kualitas, pelayanan, pengiriman yang tepat waktu, harga yang kompetitif dam produktifitas yang tinggi. Dengan demikian hasil yang terbaik bisa di berikan kepada stake holder meliputi pemegang saham, karyawan, pelanggan, pemasok, dan masyarakat serta peduli terhadap lingkungan. Perusahaan memasarkan produknya dengan orientasi pasar dan konsumen. Persaingan yang semakin ketat yang tejadi beberapa tahun terakhir dalam industri ini telah memacu pemsahaan untuk memaksimalkan penjualan dengan memperluas daerah pemasaran dan meningkatkan penjualan barang yang bermutu tinggi dan dengan margin laba yang lebih menguntungkan. � Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan kepada pihak manajemen dan expert maka diperoleh gambaran tingkat persaingan industri tekstil yang di hadapi PT. Unitex Tbk dikategorikan sedang dengan skor 3.29. Pengamh besar terhadap persaingan di lingkungan indushi disebabkan oleh persaingan antara industri, kekuatan tawar menawar pembeli dan pemasok. Hasil analisis intemal perusahaan: Kekuatan: citra perusahaan yang baik, sumberdaya manusia yang berkualitas, didukung oleh pemegang saham yang lcompeten, kualitas produk yang bagus dan pengiriman tepat waktu, pelopor dan ahli dalam pembuatan Shakisome dan mau dan mampu mengerjakan order yang sulit. Sedangkan yang menjadi Kelemahan perusahaan mesin-mesin rata-rata sudah tua, jumlah karyawan yang terlalu banyak dan kondisi keuangan yang lemah. Berdasarkan hasil analisis ekstemal perusahaan maka didapat beberapa ha1 yang menjadi Peluang dan ancaman. Beberapa ha1 yang menjadi peluang bagi perusahaan yaitu masuk ke pasar non kuota, adanya AFTA, NAFTA, Free Trade, budaya masyarakat dan perkembangan mode yang terjadi di dunia/masyarakat. Sedangkan yang menjadi ancaman bagi perusahaan adalah pengadaan bahan baku, pen~bahan nilai tukar yang tidak stabil, kebijakan pemerintah, persaingan dan resesi global. Beberapa altematif strategi perusahaan yang dapat disusun berdasarkan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman perusahaan, adalah sebagai berikut : Aliansi strategis, penetrasi pasar, unggul mutu dan pengembangan produk, unggul biaya, unggul kualitas SDM dan unggul teknologi. Total score untuk analisis ekstemal (EFE) adalah 3.41 mengindikasikan bahwa PT. Unitex Tbk memberikan respon yang cukup baik terhadap lingkungan ekstemal dan kondisi ekstemal perusahaan secara keseluruhan berada diatas rata- rata dalam usaha memanfaatkan peluang-peluang dan menghindari ancaman - ancaman yang mungkin timbul. Pada analisis intemal (IFE) diperoleh total score 3.539 perusahaan mempunyai kondisi intemal yang relatif kuat (sedang), perusahaan memiliki cukup kekuatan untuk memanfaatkan kelebihannya untuk mengatasi kelemahannya. Pemetaan kedua matriks itu tersebut kedalam matriks IE menghasilkan posisi bagi PT. Unitex Tbk di kuadran V yang artinya strategi perusahaan yang bisa dilakukan adalah Hold and maintain dan strategi umuni yang biasa digunakan adalah penetrasi pasar dan pengembangan produk Beberapa altematif strategi yang di rekomendasikan bagi PT. Unitex Tbk adalah : 1)Aliansi strategis dengan perusahaan lokal dan perusahaan di negara- negara tetangga, khususnya melalui peningkatan kerjasama intemasional. 2) Mengalihkan ekspor ke negara-negara yang selama ini bukan merupakan pasar utama, seperti, Timur Tengah, Afrika Selatan, dan Arnerika Latin. 3) Terus menerus memperbaiki produknya dan mempromosikan item-item buatan 4) Perusahaan hams lebih meningkatkan kembali pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan karyawan baik dalam bidang manajemen dan teknologi. �

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PT. Unitex Tbk, Formulasi Strategi, Single purposive, Ai~alisis linglcungan internal dan elcstemal, Analisis Matrilcs internal eksternal, Analisis SWOT, Altrnatifstrategi.
Subjects: Manajemen Strategi
Divisions: Sekolah Bisnis > Perpustakaan
Depositing User: Staff-2 Perpustakaan
Date Deposited: 24 Mar 2014 08:12
Last Modified: 24 Mar 2014 08:12
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/1312

Actions (login required)

View Item View Item