FORMULASI STRATEGI PEMASARAN LUAR NEGERI FANCY BLOCKBOARD PT. DAYA SAKTI UNGGUL CORP. TBK

Muftialdi, Ivan (2000) FORMULASI STRATEGI PEMASARAN LUAR NEGERI FANCY BLOCKBOARD PT. DAYA SAKTI UNGGUL CORP. TBK. Masters thesis, IPB.

[img]
Preview
PDF
R16-01b-Iskandarsyah-Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version

Download (377kB)
[img]
Preview
PDF
R16-01-Iskandarsyah-Cover.pdf - Published Version

Download (242kB)
[img]
Preview
PDF
R16-03-Iskandarsyah-Ringkasan_Eksekutif.pdf - Published Version

Download (490kB)
[img]
Preview
PDF
R16-04-Iskandarsyah-Daftar_Isi.pdf - Published Version

Download (434kB)
[img]
Preview
PDF
R16-05-Iskandarsyah-Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (422kB)
Official URL: Http://elibrary.mb.ipb.ac.id

Abstract

RINGKASAN EKSEKUTIF Ivan Muftialdi, 2000. Formulasi Strategi Pemasaran Luar Negeri Fancy Blockboard PT. Daya Sakti Unggul Corp. Tbk. Dibawah bimbingan Setiadi Djohar dan Imam Teguh Saptono Dewasa ini banyak produsen plywood yang mengalami kesulitan bahan baku akibat semakin langkanya logs kayu di hutan. Ketersedian bahan baku logs kayu ini semakin sulit akibat peraturan pemerintah yang memperketat aturan penebangan kayu sebagai respon dari perhatian masyarakat internasional yang semakin memperhatikan perkembangan kondisi hutan tropis yang semakin hari semakin mengkhawatirkan. Hal ini berdampak kepada daya saing plywood yang mulai tergantikan dengan produk penggantinya seperti particle board, MDF, dan blockboard yang menggunakan bahan baku dari limbah kayu. PT Daya Sakti Unggul Corp. merupakan salah satu produsen blockboard dengan kapasitas produksi 19.500 m3 pada tahun 1996 dan meningkat menjadi 45.000 m3 pada pertengahan tahun 2000. Peningkatan kapasitas produksi ini tentu saja sebagai antisipasi terhadap perkembangan pasar blockboard dan akibat bahan baku kayu log yang semakin sulit diperoleh. Bahan baku berupa log kayu yang semakin sulit diperoleh menyebabkan terjadinya switching penggunaan produk dari plywood kepada produk substitusinya seperti particle board, MDF dan blockboard. 95% dari total produksi PT Daya Sakti Unggul Corp. di pasarkan ke luar negeri. Hampir keseluruhan blockboard yang dihasilkan PT. DSUC merupakan blockboard yang telah dilaminasi oleh veneer fancy. Harga fancy blockboard yang cukup tinggi di pasar luar negeri serta perkembangan ekonorni di negara-negara tujuan ekspor, merupakan alasan utama Perseroan untuk mengfokuskan penjualan produknya untuk pasar luar negeri. Di lain pihak dicabutnya SK Menperindag No. 1198/KP/X/84 mengenai Badan Pemasaran Bersama (BPB) yang selama ini mengatur kuota perdagangan produk kayu olahan nasional dan mengembalikan pemasaran produk kayu olahan kepada masing-masing produsen berakibat meningkatnya persaingan industri kayu olahan domestik. Untuk meningkatkan daya saing dan pangsa pasar dari produk blockboard, Pl Daya Sakti Unggul Corp. harus memiliki strategi pemasaran yang dapat menangkap perubahan yang terjadi di lingkungan industri blockboard ini. Tujuan geladikarya ini adalah (1) untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap atribut produk fancy blockboard, (2) untuk melihat tingkat persaingan industri blockboard, dan (3) merumuskan alternatif strategi pemasaran produk fancy blockboard PT DSUC untuk meningkatkan daya saingnya. Geladikarya akan dilaksanakan bulan April -Mei 2000. Wilayah survey konsumen industri dilakukan di wilayah pasar utama (Timur-Tengah dan Amerika Serikat). Metode penelitian geladikarya ini adalah metode deskriptif. Riset pasar dilakukan untuk memberikan gambaran yang spesifik mengenai penggunaan dan kharakteristik fancy blockboard. Data yang digunakan dalam penelitian ini. dikumpulkan dari internal dan eksternal perusahaan yang terkait dkngan bidang pemasaran. Prosedur sarnpel yang digunakan di dalam penelitian ini menggunakan prosedur purposive sample. unit sampel yang akan diambil dalam penelitian ini adalah pembeli dari produk fancy blockboard PT Daya Sakti Unggul Corp. yang diperoleh dari list buyer Perseroan. Analisa data menggunakan, (1) analisa industri, untuk mengetahui intensitas oersainaan industri fancv blockboard. (2) analisa citra, untuk mengetahui sejauh mana pengetahan konsumen mengenai atribut fancy blockboard, dan (3) analisa SWOT, untuk rnengformulasikan strategi pemasaran fancy blockboard. Analisa persaingan industri fancy blockboard menunjukan intensitas persaingan yang dikategorikan sedang (skor 2,406). Hal ini memperlihatkan bahwa industri fancy blockboard merniliki daya tarik industri dan potensi laba yang cukup besar. Daya tarik yang cukup besar ini diperlihatkan oleh cukup tingginya pertumbuhan rata-rata industri blockboard sebesar 10,57% pertahun selama periode 1992-1997. lntensitas persaingan industri blockboard yang tergolong sedang ini disebabkan oleh: (a) intensitas ancaman pendatang baru yang tergolong sedang dan cenderung rendah dengan skor 2.098. Penyebab rendahnya ancaman pendatang baru ini karena besarnya keunggulan relatif yang harus dimiliki (nilai 1,6) dan kebijakan pemerintah yang kurang kondusif (nilai 1,8). (b) lntensitas persaingan antar kompetitor yang tergolong sedang dengan skor 2,292. Variabel jumlah pesaing yang banyak merupakan pemicu terbesar intensitas persaingan antar kompetitor tergolong sedang (nilai 3,2). (c) lntensitas ancaman barang pengganti yang tergolong sedang dengan skor 2,502. Variabel yang memicu ancaman barang pengganti initergolong sedang adalah variabel produk yang rnemiliki fungsi yang sama cukup banyak (nilai 3). (d) lntensitas tawar-menawar pemasok yang tergolong sedang dengan skor 2,434. Penyebabnya adalah peran produk yang dipasok oleh pelanggan pemasok cukup penting (nilai 3,2). (e) lntensitas tawar-rnenawar pembeli yang tergolong sedang dengan skor 2,476. Variabel informasi yang dimiliki oleh pembeli yang lengkap (nilai 3.4) dan variabel jumlah pembeli yang sedikit (nilai 3) merupakan pemicu intensitas tawar-menawar pembeli tergolong sedang. Analisa persepsi konsumen berdasarkan pendekatan model angka ideal mernperlihatkan bahwa secara keseluruhan apa yang diharapkan oleh konsumen terhadap atribut-atribut fancy blockboard PT. DSUC hampir sama dengan kondisi aktualnya (nilai 5,75). Namun atribut kualitas, atribut coraklwarna, atribut pelayanan purna jual, dan atribut waktu pemesanan masih memperlihatkan kondisi aktual yang masih dibawah harapan konsumen dengan perbedaan masing-masing atribut tersebut sebesar 0,5. Sedangkan untuk atribut harga juga masih memperlihatkan kondisi aktual yang rnasih dibawah harapan konsumen dengan perbedaan sebesar 1. Hasil analisa matriks IFE menunjukan bahwa kondisi intermal PT. DSUC secara keseluruhan berada di atas rata-rata industrinya (skor 3.187). Dari hasil analisa matriks EFE rnenunjukan kondisi eksternal (peluang dan ancaman ) yang dapat diraih dan dihindari oleh PT. DSUC berada di atas rata-rata industrinya (skor 2,986). Dari matriks TOWS disusun beberapa alternatif strategi bagi perusahaan dengan menyelaraskan kondisi internal (kekuatan dan kelernahan) yang dimiliki dengan kondisi eksternal (peluang dan ancaman) yang ada. Strategi S-0 yang dihasilkan adalah strategi pengembangan pasar, strategi W-0 yang dihasilkan . adalah strategi pengembangan produk, strategi S-T yang dihasilkan adalah strategi membangun kekuatan brand image terhadap fancy blockboard, dan strategi W-T yang dihasilkan adalah strategi memperbaiki dan mempertahankan loyalitas pelanggan. Strategi bauran pemasaran yang dihasilkan dari keempat alternatif strategi tersebut : (a) Strategi produk : (1) meningkatkan pengawasan terhadap mutu produk, (2) memperbaiki coraklwarna, (3) menambah karakteristik baru produk, (4) memperbanyak ragam ukuran produk. (b) Strategi harga : (1) melakukan diskriminasi harga di masing-masing wilayah pemasaran, (2) melakukan penyesuaian harga dengan cara memberikan potongan harga. (c)Strategi distribusi : (1) memperbanyak jalur distribusi untuk kawasan Timur Tengah dengan memperbanyak agenlpembeli trader, (2) memberikan insentif kepada sister company (kantor perwakilan pemasaran) di Amerika untuk membeli lebih banyak fancy blockboard dan meningkatkan kegiatan penjualan fancy blockboard. (d) Strategi promosi : (1) promosi ditujukan kepada pihak userdan top manajemen, (2) program promosi bersifat membujuk untuk merubah persepsi konsumen terhadap atribut produk dan mendorong konsumen untuk pindah ke merek PT. DSUC, (3) pesan yang disampaikan harus menggambarkan kualitas produk, bentuk yang artistik, dan company image sebagai perusahaan yang ramah lingkungan, (4) media promosi yang digunakan adalah penjualan perorangan dalam bentuk presentasi dan pemberian contoh produk, penyebaran brosur tentang spesifikasi produk, dan buklet mengenai company profile. Untuk mengembangkan dan memperbesar pangsa pasar di Amerika dan di Timur Tengah, disarankan untuk mengembangkan fancy blockboard yang memiliki karakteristik yang berbeda dengan fancy blockboard pesaing pada umumnya. Oleh karena itu PT. DSUC perlu untuk membuat suatu program penelitian dan pengembangan yang lebih terarah dan terencana melalui kegiatan riset pasar yang lebih intensif untuk mengantisipasi permintaan pasar. Kerjasama distribusi perlu lebih ditingkatkan dengan memberikan insentif yang lebih dapat mendorong para agen seperti Far East American untuk mengoptimalkan program-program pemasaran berupa kegiatan promosi dan penjualan. Disamping itu, insentif yang diberikan juga dimaksudkan untuk memperbesar volume pembelian fancy blockboard dari para agen itu sendiri. Untuk menghadapi tingkat persaingan-yang semakin kompetitif terutama dari negara China yang dapat menjual produknya dengan harga yang relatif lebih murah, PT DSUC disarankan untuk menerapkan strategi keunggulan biaya (cost leadership). Penerapan strategi ini dapat dilakukan dengan melakukan efisiensi secara manufacturing yang meliputi efisiensi biaya produksi, peningkatan pengawasan kualitas dan efisiensi pengiriman barang. Dengan keunggulan biaya tersebut, diharapkan PT. DSUC dapat menjual fancy blockboardnya dengan harga yang bersaing dengan negara China.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pemasaran
Divisions: Sekolah Bisnis > Perpustakaan
Depositing User: Staff-2 Perpustakaan
Date Deposited: 24 Mar 2014 08:12
Last Modified: 24 Mar 2014 08:12
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/1317

Actions (login required)

View Item View Item