Formulasi Strategi PT. lndofood Sukses Makmur, Tbk Divisi Noodles Unit Bisnis Padalarang , Jawa Barat

Wahyudin, Deni (2002) Formulasi Strategi PT. lndofood Sukses Makmur, Tbk Divisi Noodles Unit Bisnis Padalarang , Jawa Barat. Masters thesis, IPB.

[img]
Preview
PDF
R19-01b-Dendi_Irawan-Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version

Download (391kB)
[img]
Preview
PDF
R19-01-Dendi_Irawan-Cover.pdf - Published Version

Download (263kB)
[img]
Preview
PDF
R19-02-Dendi_Irawan-Abstract.pdf - Published Version

Download (230kB)
[img]
Preview
PDF
R19-03-Dendi_Irawan-Ringkasan_Eksekutif.pdf - Published Version

Download (604kB)
[img]
Preview
PDF
R19-04-Dendi_Irawan-Daftar_Isi.pdf - Published Version

Download (515kB)
[img]
Preview
PDF
R19-05-Dendi_Irawan-Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (572kB)
Official URL: http://elibrary.mb.ipb.ac.id

Abstract

RINGKASAN EKSEKUTIF DEN1 WAHYUDIN, 2002. Formulasi Strategi PT. lndofood Sukses Makmur, Tbk Divisi Noodles Unit Bisnis Padalarang , Jawa Barat. Di bawah bimbingan SETIADI DJOHAR dan IDQAN FAHMI. Perkembangan dunia bisnis yang semakin cepat dan diikuti oleh adanya trend globalisasi yang mendorong terjadinya integrasi internasional. Membuat pihak-pihak yang terlibat dalam dunia bisnis harus bekerja keras agar keberadaannya tetap diakui oleh pelanggan mereka. Berpikir secara strategik sangat diperlukan untuk mengatasi masalah-masalah strategik yang timbul seiring dengan berkembangnya perusahaan atau organisasi. Hal tersebut menuntut para pelaku disektor bisnis agar dapat memformulasikan, menerapkan dan mengevaluasi keputusan-keputuian strategis antar fungsi-fungsi yang memungkinkan sebuah perusahaanlorganisasi mencapai tujuan-tujuan masa datang. PT. lndofood Sukses Makmur Tbk merupakan perusahaan pengolah makanan utama di lndonesia dimana hampir seluruh produknya memimpin pangsa pasar domestik. Produk yang dihasilkannya termasuk mie instant, tepung terigu, makanan berminyak dan berlemak yang dapat dimakan, makanan bayi, produk biskuit dan makanan ringan. lndofood juga menghasilkan produk bumbu makanan. Pada saat ini indofood merupakan perusahaaan industri mie instant terbesar dan penggilingan terigu terbesfr di dunia, dengan kapasitas produksi 13 milyar bungkus dan 3,6 juta ton per tahun dan indofood mempunyai jaringan distribusi terbesar di lndonesia. Sumber keuntungan dan pendapatan tetap pada mie instant, dimana disumbang oleh tiga merek yang cukup memimpin di industri rumah tangga ini, yaitu lndomie, Sarimi dan Supermi. Pada tahun 1999 penjualan lndomie diperkirakan 44% dati total penjualan mi instan, sedangkan Sarimi dan Supermi diperkirakan sebesar 28 % dan 18 % dari total penjualan mi instan perusahaan, dimana pada tahun 1999 nilai penjualan mi instan sebesar Rp. 4,315 milyar dan pendapatan yang diperoleh adalah Rp. 892 milyar. Selama ini lndofood mendominasi pangsa pasar Mi nasional sekitar 90% lebih, sedangkan sisanya kurang lebih 10% pangsa pasar Mi Nasional diperebutkan oleh merek-merek Mi instant lainnya. Dengan tumbuhnya pesaing dalam industri sejenis tentunya tidak dapat dipandang mudah oleh lndofood, karena tanpa terasa seiring dengan berkembangnya para pesaing dapat merupakan ancaman bagi pangsa pasar lndofood yang lambat laun akan terambil sehingga diperlukan menganalisis kondisi pesaing dan pasar saat ini. PT. lndofood Sukses Makmur, Tbk merupakan salah satu penghasil mie .. ~nstant dan makanan olahan terkemuka di lndonesia yang termasuk anggota Salim Group. PT. ISM, Tbk memiliki 13 cabang pabrik yang tersebar di 13 kota besar lndonesia, yang salah satunya PT. lndofood Sukses Makmur Unit Bisnis Padalarang, Jawa Barat. Sebagai salah satu bisnis unit, lndofood Padalarang dalam menghadapi persaingan regional dan menghadapi lingkungan industri yang cepat berubah dituntut untuk mempunyai suatu strategi yang dapat memberikan keputusan strategis tingkat perusahaan, dimana keputusan strategis yang diambil harus dapat memberikan keuntungan. Peluang dan ancaman yang datang dari lingkungan industri serta perubahan yang terjadi pada lingkungan � internal perusahaan, menyebabkan semakin tingginya ketidakpastian, kekomplekkan dan ancaman yang dihadapi lndofood, sehingga saat ini adaptasi terhadap perubahan lingkungan menjadi faktor yang menentukan keberhasilan lndofood unit bisnis Padalarang dalam menghadapi persaingan yang ada. Formulasi strategi bisnis yang tepat tentunya diharapkan dapat mengatasi persaingan dan dapat memanfaatkan peluang yang ada dalam industri tersebut. Formulasi strategi bisnis harus fokus dan juga harus dapat didukung oleh alternatif-alternatif strategi yang dapat meningkatkan pertumbuhan pasar dan memberikan profitabilitas yang terus meningkat dari produk-produk yang dihasilkan. Formulasi strategi yang dimaksud adalah kerangka kebijakan yang berisikan tentang analisis lingkungan internal dan eksternal industri perusahaan. Analisis lingkungan internal, eksternal makro dan mikro industri dimaksudkan untuk mengidentifikasi faktor-faktor kritis yang dapat mempengaruhi kinerja dan menentukan keberhasilan perusahaan. Analisis -analisis tersebut dilakukan untuk mempermudah penyusunan formulasi strategi. Dengan membuat formulasi strategi maka perusahaan diharapkan mampu tetap eksis dan dapat mengatasi persaingan dan memanfaatkan peluang yang ada dalam industri tersebut. Dalam rangka mengatasi persaingan dan dapat memanfaatkan peluang yang ada dalam industri dan didasarkan untuk dapat memperoleh keuntungan maksimal dari semua produk yang dihasilkan tersebut sesuai dengan sumber daya yang tersedia dan permintaan pasar dari industri yang bersangkutan, perusahan perlu menentukan strategi bisnis yang tepat untuk memberikan keunggulan dalam persaingan industri. Secara sistematis, permasalahan dalam penelitian ini adalah. (1) Sejauh mana faktor-faktor eksternal dan internal mempengaruhi posisi bersaing PT. lndofood Sukses Makmur, Tbk Divisi Noodles Unit Bisnis Padalarang dalam persaingan industri pengolahan makanan khususnya mie instant di jawa barat. (2) Strategi apa yang harus diambil dalam kondisi persaingan yang ada. (3) Alternatif strategi apa yang sebaiknya diterapkan oleh lndofood Unit Bisnis Padalarang dalam menghadapi persaingan industri. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi perusahaan dan menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan, khususnya dalam kebijakan strategis perusahaan. Berupa informasi mengenai hasil-hasil kajian lingkungan eksternal dan internal, sasaran jangka panjang sehingga PT. lndofood Sukses Makmur, Tbk Divisi Noodles Unit Bisnis Padalarang tetap mampu bersaing ditengah perubahan lingkungan industri. Bagi penulis penelitian ini merupakan wahana pengembangan wawasan dalam menerapkan ilmu. Teknik pengambilan contoh dilakukan secara sengaja (purposive sampling) dimana penulis memilih sendiri pihak-pihak yang menjadi responden yang terdiri dari responden internal yaitu manajemen perusahaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung, wawancara, penyebaran kuesioner, dan studi pustaka. Adapun tahapan yang dilakukan dalarn analisis data adalah ' (1) analisis deskriptif untuk memperoleh gambaran umum perusahaan, (2) analisis matriks evaluasi faktor internal dan eksternal (IFE-EFE), untuk mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal yang berpengaruh bagi perusahaan, (3) analisis matriks internal-eksternal (I-E), yang digunakan untuk mengetahui posisi perusahaan, (4) analisis dengan menggunakan matriks SWOT, yang digunakan untuk mendapatkan alternatif strategi bagi perusahaan. � Visi PT. lndofood Sukses Makmur, Tbk Unit Bisnis Padalarang sesuai dengan visi perusahaan Pusat yaitu Untuk Menjadi perusahaan yang dapat memenuhi kebutuhan pangan dengan produk yang bermutu, berkualitas, aman di konsumsi dan menjadi pemimpin industri makanan. Misi Manajemen PT. lndofood Sukses Makmur, Tbk Unit Bisnis Padalarang adalah Untuk menjadi Perusahaan Transnasional yang dapat membawa nama lndonesia di Bidang lndustri makanan. Hasil analisis eksternal memberikan gambaran peluang-peluang yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan dimana perubahan pola konsumsi masyarakat yang cenderung menginginkan kepraktisan dan cepat saji, jumlah Penduduk Jawa Barat yang merupakan lokasi pemasaran pada tahun 2000 sekitar 43,5 juta jiwa dan angka ini merupakan 21,40 % dari total jumlah penduduk lndonesia dan menurut data biro pusat statistik merupakan propinsi yang memiliki jumlah penduduk terbesar pertama di lndonesia, dan pertumbuhan ekonomi yang sedang mengalami pemulihan dapat merupakan peluang-peluang bagi perusahaan. Sementara itu ancaman yang dihadapi adalah situasi politik dan keamanan dalam negeri, fluktuasi nilai rupiah, dan munculnya produsen- produsen rnie instan. Hasil analisis internal menghasilkan kekuatan perusahaan yaitu kualitas produk yang baik, akses kepemasok, jaringan pemasaran yang kuat, deversifikasi produk dan cita rasa, harga jual produk yang relatif murah, citra perusahan yang baik, memperoleh sertifikasi IS0 9002 dan sistim informasi yang canggih. Kelemahan yang ada adalah tingkat pendidikan sumber daya manusia, wilayah pemasaran yang hanya di Jawa barat, dan proses pengambilan keputusan yang tergantung manajemen pusat perusahaan. Dari hasil perhitungan diperoleh skor matrik IFE adalah 3,32 dan skor matrik EFE sebesar 2,70 dipasangkan pada matriks Internal -External , maka diperoleh titik pada posisi PT. lndofood Sukses Makmur, Tbk unit bisnis Padalarang berdasarkan analisis rnatriks I-E berada pada posisi stabilitas yaitu pada kuadran IV. Perusahaan pada posisi kuadran IV ini memiliki kemampuan internal kuat dan kemampuan eksternal yang sedang, dan perusahaan paling baik dikendalikan strategi-strategi Grow dan Build. Strategi-strategi Grow dan Build untuk mencapai pertumbuhan baik dalam penjualan, asset, profit atau kombinasi dari ketiganya, ha1 ini dapat dicapai dengan Strategi lntensif seperti Market Penetration, Market Development, dan Product Development atau Strategi Terintegrasi seperti Backward Integration, Forward Integration, dan Horizontal Integration. Penggunaan kedua matriks ini yaitu Matrix IE dan Matrix SWOT secara bersama-sama dalam rangka memformulasikan strategi-strategi alternatif. Dengan mengkombinasikan matiks IE dan matriks SWOT diperoleh beberapa alternatif strategi yang direkomendasikan yaitu (1) Strategi Pengembangan cita rasa produk, (2) Strategi pengembangan pasar, (3) Meningkatkan penggunaanlkonsumsi pelanggan, (4) Mengadakan pelatihan dan program pendidikan, (5) Strategi unggul mutu, dan (6) Strategi unggul biaya. Dalam mengimplementasikan strategi tersebut diperlukan penyusunan perencanaan dengan departemen-departemen terkait

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Mie Instan, PT. lndofood Sukses Makmur Tbk Unit bisnis Padalarang, peluang, ancaman, kekuatan, kelemahan, IE, SWOT. �
Subjects: Manajemen Produksi dan Operasi
Divisions: Sekolah Bisnis > Perpustakaan
Depositing User: Staff-2 Perpustakaan
Date Deposited: 24 Mar 2014 08:12
Last Modified: 24 Mar 2014 08:12
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/1321

Actions (login required)

View Item View Item