Analisis Preferensi Konsumen Susu Segar "Nasional" (Studi Kasus Pada CV. Cita Nasional)

Fauziah, . (2002) Analisis Preferensi Konsumen Susu Segar "Nasional" (Studi Kasus Pada CV. Cita Nasional). Masters thesis, IPB.

[img]
Preview
PDF
R19-01b-Fauziah-Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version

Download (407kB)
[img]
Preview
PDF
R19-01-Fauziah-Cover.pdf - Published Version

Download (213kB)
[img]
Preview
PDF
R19-02-Fauziah-Abstract-pdf.pdf - Published Version

Download (287kB)
[img]
Preview
PDF
R19-03-Fauziah-Ringkasan_Eksekutif.pdf - Published Version

Download (525kB)
[img]
Preview
PDF
R19-04-Fauziah-Daftar_Isi.pdf - Published Version

Download (526kB)
[img]
Preview
PDF
R19-05-Fauziah-Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (617kB)
Official URL: http://elibrary.mb.ipb.ac.id

Abstract

� RINGKASAN EKSEKUTIF FAUZIAH. 2002. Analisis Preferensi Konsumen Susu Segar "Nasional" (Studi Kasus Pada CV. Cita Nasional). Di bawah bimbingan AGUS MAULANA dan ANNYRATNAWATI Meningkatnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya gizi membuka peluang berkembangnya industri pengolahan susu khususnya susu cair (CIC, 1999) siap konsumsi. Banyaknya merek yang beredar menunjukkan tingginya tingkat persaingan dalam industri susu ini, oleh karena itu perusahaan perlu mempunyai kekhasan (diferensiasi) tersendiri supaya tetap eksis di tengah ketatnya persaingan dalam bisnis susu hi. CV Cita Nasional yang memasarkan produk dengan merek Susu Segar "Nasional" mempunyai strategi tersendiri dalam diferensiasi ini yaitu dengan membangun sistem distribusi yang langsung mendekati konsumen akhir (end user). Selain didukung oleh sistem distribusi perusahaan juga tetap perlu untuk terus memperhatikan produknya dalam ha1 ini berkaitan dengan atribut produk apakah sudah sesuai dengan preferensi konsumen. Selain it- juga untuk terus melakukan peningkatan maka perlu dilakukan evaluasi dan masukan dari konsumennya mengenai atribut-atribut produk SSN ini. Pada Penelitian ini masalah dirumuskan sebagai berikut :(1) Bagaimana preferensi konsumen terhadap atribut Susu Segar 'Nasional"? (2) Bagaimana kombinasi atribut Susu Segar "Nasional" yang paling disukai konsumen? (3) Bagaimana peluang pengembangan Susu Segar 'Nasional" ditinjau dari preferensi konsumen ? Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk : (1) Menganalisis preferensi konsumen SSN (2) Menganalisis kombinasi atribut SSN yang paling disukai konsumen, (3) Memberikan rekomendasi untuk pengembangan produk ditinjau dari preferensi konsumen. Diharapkan penelitian ini bermanfaat: (1) Bagi perusahaan penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan untuk terus meningkatkan kualitas produk dan merancang strategi pemasarannya dimasa yang akan datang, (2) Untuk mahasiswa penelitian ini diharapkan dapat menjadi suatu pengalaman dalam menerapkan ilmunya dan menambah wawasan. Penelitian ini dibatasi pada kajian preferensi konsumen Susu Segar 'T\TasionalY' di wilayah Jakarta Selatan dan Bogor. Metode yang dilakukan adalah metode studi kasus dengan survei yaitu metode yang mengambil sampel dari suatu populasi dengan menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data. Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui hasil kuesioner dan wawancara dengan manajemen perusahaan, sedangkan data sekunder diperoleh dari internal perusahaan, BPS dan literatur lain yang berkaitan dengan penelitian hi. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode stratified sampling dimana sampel diambil terdiii atas tiga segmen yaitu 40 % pelajar, 30 % mahasiswa dan 30 % ibu rumah tangga. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden di wilayah Jakarta Selatan dan Bogor. Responden diambil secara kebetulan (accidental sampling) yaitu responden yang kebetulan pada saat tersebut membeli produk Susu Segar "Nasional".Pada penelitian ini data yang diperoleh dari kuesioner dianalisis dengan (1) Tabulasi untuk mengevaluasi � atribut produk, (2) Analisis konjoin untuk mengetahui kombinasi atribut yang disukai ole11 konsumen, (3) Analisis priotitas atribut untuk mengetahui urutan kepentingan atribut, dan (4) Analisis sensitivitas harga untuk mengetahui kisaran harga yang dapat diterima oleh konsumen. Hasil survei konsumen yang dilakukan terhadap 113 orang responden menunjukkan bahwa tingkat awareness mayoritas responden pelajar (61,7 %) dan ibu rumah tangga (19,4 %) terhadap jenis susu masih kurang, sedangkan tingkat awareness terhadap merek SSN cukup baik pada segmen pelajar (83 %) mahasiswa (94,3%) maupun ibu rumah tangga (100 %). Dan pengetahuan akan merek pada segmen pelajar (74,5 %), ini diperoleh dari penjualnya sedangkan pada segmen mahasiswa (88,6%) dan ibu rumah tangga (67,7%) diperoleh dari teman. Pada segmen mahasiswa, SSN ini dikonsumsi pada waktu tidak tentu (5 1,6%) dan hanya pada segmen ibu rumah tangga (5 1,6%) yang secara rutin tiap hari membeli SSN. Hasil evaluasi terhadap atribut SSN, mayoritas responden menyatakan puas terhadap atribut kemanisan, kesegaran, cita rasa, dari SSN. Responden juga inenginginkan adanya variasi rasa lain misalnya inoka, vanilla atau melon. Volume yang disukai adalah volume 180 ml dan kemasan yang disukai adalah ke~nasan gelas dan tetrapak. Sedangkan untuk penampilan kemasan SSN dinilai oleh mayoritas responden biasa saja, dan untuk keterangan tanggal kadaluarsa dinilai kurang jelas. Untuk atribut ketersediaan dinilai oleh responden mahasiswa (67,7%) dan ibu rumah tangga (45,2%) kadang tersedia. Hasil analisis konjoin menunjukkan bahwa kombinasi atribut yang disukai mayoritas konsumen adalah rasa coklat, kemasan gelas dengan volume 180 ml. Urutan tingkat kepentingan relatif berturut-turut yaitu rasa (73.06), voluine (14.38) dan kemasan (12.56). Hasil analisis konjoin menunjukkan bahwa kombinasi kartu yang disukai mayoritas konsumen adalah kartu dengan rasa coklat, kemasan gelas dengan volume 180 ml. Urutan tingkat kepentingan relatif berturut-turut yaitu rasa (73.06), volume (14.38) dan kemasan (12.56). Untuk semua responden rasa yang paling disukai adalah rasa coklat sedangkan rasa yang paling tidak disukai adalah rasa putwtawar. Volume yang paling tidak disukai adalali volume 500 ml dan kemasan yang palmg tidak disukai kemasan plastik. Hasil analisis prioritas atribut menunjukkan bahwa urutan kepentingan atribut berturut-turut adalah rasa, kesegaran, aroma, harga, kemanisan, kepraktisan mengkonsumsi, kemasan, kekentalan, ketersediaan, pelayanan dan kepopuleran. Sedangkan hasil analisis Thrustone menunjukkan bahwa rasa merupakan atribut yang paling penting sedangkan kepopuleran diiilai sebagai atribut yang kurang dipentingkanHasi1 analisis sensitivitas harga diperoleh bahwa kisaran harga yang dapat diterima konsumen antara Rp 900 -Rp 1800,- dengan harga optimal Rp 1 loo,-. Masih rendahnya tingkat awareness konsumen mengenai susu segar menunjukkan bahwa perlu adanya proses edukasi konsumen untuk meningkatkan pemahaman mengenai produk berkaitan dengan karakteristik produk yang tidak tahan lama. Selain iid berkaitan dengan karakteristik ini maka keterangan tanggal kadaluarsa agar diperjelas terutama dalam cara penulisannya. Produsen juga perlu menambah jaringan armada untuk meningkatkan ketersediaan produk juga memperluas wilayah pemasaran. Jika saat ini wilayah pemasaran meliputi sekolah dan perumahan maka perlu adanya armada di tempat pusat keramaian seperti � stasiun, terminal atau supermarket. Hal ini diperlukan untuk meningkatkan ketersediaan dan meningkatkan fiekuensi pembelian. Selain itu perusahaan juga dapat menambah variasi rasa seperti rasa moka, vanilla atau melon, atau menambah produk dengan volume 250 ml dan kemasan tetrapak. Berkaitan dengan kemasan maka perlu adanya peningkatan ha1 kekuatan dari kemasan tersebut agar tidak mudah pecah. Selain itu juga dalam penampilan dapat didesain sedemikian rupa agar tampak lebii menarik. Berdasarkan hasil penelitian, konsumen sangat memprioritaskan rasa maka perlu diteliti lebih lanjut mengenai pengembangan kualitas produk berupa riset mengenai cita rasa, tingkat kemanisan, aroma dan kekentalan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Susu Segar 'Nasional", CV Cita Nasional, Manajemen Pemasaran, Preferensi Konsumen, Bauran Pemasaran, Analisis Konjoin, Thrustone, Price sensitivity Meter, survei,Data primer.
Subjects: Manajemen Sistem Informasi
Divisions: Sekolah Bisnis > Perpustakaan
Depositing User: Staff-2 Perpustakaan
Date Deposited: 22 Jun 2012 00:54
Last Modified: 22 Jun 2012 00:54
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/1330

Actions (login required)

View Item View Item