Gaya Kepemimpinan Efektif dan Tingkat Penghayatan serta Pengamalan Budaya Kerja, Studi kasus pada Kantor Cabang PT.Bank”X” di kota-B.

., Sugiyanto (1997) Gaya Kepemimpinan Efektif dan Tingkat Penghayatan serta Pengamalan Budaya Kerja, Studi kasus pada Kantor Cabang PT.Bank”X” di kota-B. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
PDF
R10-_01-_Sugiyanto-_Cover.pdf

Download (348kB)
[img]
Preview
PDF
R10-_02-_Sugiyanto-_RE.pdf

Download (325kB)
[img]
Preview
PDF
R10-_03-_Sugiyanto-_Daisi.pdf

Download (307kB)
[img]
Preview
PDF
R10-_04-_Sugiyanto-_Bab1.pdf

Download (564kB)
[img]
Preview
PDF
R10-_05-_Sugiyanto-_Bab2DST.pdf

Download (2MB)

Abstract

PT.Bank "X” merupakan salah satu Bank Umum terkemuka di Indonesia yang memiliki 489 jaringan cabang meliputi hampir seluruh kota di Indonesia, dan 6 cabang di luar negeri. PT.Bank "X” menganggap peranan sumberdaya manusia menjadi semakin penting karena dituntut adanya tenaga ahli perbankan yang profesional dengan semakin meningkatnya persaingan antar Bank. Untuk itu PT.Bank “X” membekali pegawainya dengan Budaya Kerja yang merupakan pencerminan dari anggapan-anggapan, nilai, dan norma-norma yang ada di perusahaan. Budaya Kerja PT.Bank "X" terdiri dari Lima Pilar sebagai elemen inti dan Duabelas Perilaku Pegawai sebagai atribut pelengkap, diharapkan mampu memberikan tuntunan kepada setiap pegawai dalam berperilaku dan bekeja. Ciri khas sikap dan perilaku pegawai PT.Bank “X” mencakup standar hasil kerja yang tinggi, inisiatif dalam usaha pengembangan dan pemecahan masalah, motivasi kerja yang kuat dan upaya untuk memperoleh keyakinan diri. Dalam praktiknya hal tersebut belum sepenuhnya menunjukkan kondisi yang diinginkan karena nilai-nilai Budaya Keja yang harus terpatri dalam sanubari seluruh pegawai yang jumlahnya mencapai 13.213 (per 30 Juni 1996) dan tersebar di banyak kantor cabang, menghadapi kendala dalam sosialisasinya sebagaimana diindikasikan dari permasalahan yang dihadapi Kantor Cabang di kota-B yang menyangkut aspek finansial, administrasi, dan aspek daya dukung infrastruktur dengan komunikasi terbuka antara pimpinan dan bawahan sebagai titik kritis yang perlu dilakukan pengkajian. Tujuan yang hendak dicapai adalah melakukan evaluasi tentang persepsi pegawai terhadap Budaya Kerja, menilai tingkat kekuatan kepercayaan hubungan antar elemen, memperkenalkan konsep ekosistem nilai , dan analisis kesenjangan hubungan antara gaya kepemimpinan dengan tingkat kematangan penghayatan dan pengamalan, serta merekomendasikan cara pemecahannya. Metode yang digunakan adalah studi kasus untuk memperoleh gambaran secara lengkap dari subyek yang diteliti melalui pengolahan data primer, dan data sekunder dari catatan,arsip,dokumen, risalah GKM, dan hasil pengamatan di lapangan. Keterbatasan penelitian ini terletak pada karakteristik tertentu yang dimiliki cabang, oleh karena itu sesuai sifatnya sebagai studi kasus, maka hasil penelitian ini tidak dapat digeneralisir dan tidak dapat mewakili kondisi lain yang memiliki karakteristik berbeda. Dengan karakteristik 51 % orang pegawainya adalah pegawai baru, berusia 20 - 30 tahun, 62 % berpendidikan S1, dan 59 % berstatus pegawai tetap, serta 41% sisanya adalah pegawai kontrak, memungkinkan persepsi mereka terhadap Budaya Kerja tidak seragam, diindikasikan dari hasil beberapa analisis sebagai berikut : 1. Analisis tentang persepsi terhadap Budaya Kerja secara umum melalui dua pengandaian, yaitu ; (a) adanya hubungan antara sikap dengan perilaku pegawai, namun terdapat inkonsistensi di dalamnya dimana kadar dukungan dan kemanfaatannya bersifat variatif dan tidak sesuai dengan pernyataan sikapnya, dan (b) adanya hubungan sikap dengan tindakan juga memiliki inkonsistensi yang lebih mencolok, dimana sedikit sekali individu pegawai yang bersedia menjadi acuan bagi lingkungannya 2. Secara lebih khusus, diketahui adanya persepsi pegawai yang masih terkotak-kotak dalam memandang elemen lima pilar dan duabelas perilaku sebagai satu kesatuan nilai yang saling mendukung secara penuh, disamping dengan adanya defisiensi hubungan didalam jaringan antara elemen dimaksud, dimana komunikasi terbuka menjadi titik kritis. 3. Tingkat kematangan pegawai berada pada posisi tertinggi dalam selang angka rendah - sedang (P2/3), sementara itu gaya kepemimpinannya berada pada posisi (G3/2) atau gabungan partisipatif - konsultatif , dimana partisipatif lebih dominan yang akhirnya menimbulkan kesenjangan. Kesimpulannya, dengan belum seragamnya persepsi diantara pegawai menimbulkan pemahaman yang tidak utuh terhadap Budaya Kerja disamping adanya defisiensi hubungan dalam mana komunikasi terbuka menjadi titik kritis, yang terbukti dengan adanya kesenjangan hubungan antara gaya kepemimpinan dan tingkat kematangan pegawai tersebut di atas. Sehubungan hal itu diperlukan upaya menghilangkan kesenjangan tersebut dengan alternatif terpilih adalah memperkenalkan konsep baru ekosistem nilai dan melakukan penyesuaian gaya kepemimpinan dari (G3/2) menjadi (G2/3). Langkah yang disarankan adalah bersifat simultan melalui upaya mengefektifkan peran dwitunggal cabang (pimpinan sekaligus sebagai penyuluh), dengan langkah tindakan secara terencana sebagai berikut : (a). Melakukan diskusi pendalaman tentang konsep baru Ekosistem Nilai. (b). Melakukan pembahasan Buku Pedoman Perusahaan (BPP). (c). Membahas kesulitan pegawai dalam keikutsertaan di GKM Langkah tersebut disusun atas dasar pendekatan manajemen waktu generasi ke empat dengan mengerjakan tugas yang penting tetapi tidak urgen atau mendahulukan yang utama, yang akan memberi pengaruh yang berarti dalam menciptakan kondisi pemberdayaan seluruh potensi yang ada di Cabang, dimana peran komunikasi terbuka sangat menonjol dan bersifat strategis. Pelaksanaan dari langkah -langkah tindakan yang disarankan di atas diserahkan sepenuhnya kepada kebijaksanaan Cabang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan, Pengamalan Budaya Kerja, Studi kasus, manajemen sumber daya manusia
Subjects: Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: Sekolah Bisnis > Perpustakaan
Depositing User: Staff-7 Perpustakaan
Date Deposited: 14 Feb 2012 11:54
Last Modified: 14 Feb 2012 11:54
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/1360

Actions (login required)

View Item View Item