Formulasi Strategi Korporat PT. XY (Persero)

Hardiwan, (2003) Formulasi Strategi Korporat PT. XY (Persero). Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
PDF
3EK-01-Hardiwan-cover.pdf

Download (812kB)
[img]
Preview
PDF
3EK-02-Hardiwan-RE.pdf

Download (799kB)
[img]
Preview
PDF
3EK-03-Hardiwan-Daisi.pdf

Download (855kB)
[img]
Preview
PDF
3EK-04-Hardiwan-Bab1.pdf

Download (957kB)
[img] PDF
3EK-05-Hardiwan-Bab2DST.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia mempunyai sumber daya perikanan laut yang sangat potensial. Potensi lestari perikanan tangkap lndonesia diperkirakan sebesar 6,1 juta ton per tahun, sementara pemanfaatannya baru 4,05 juta ton per tahun. Oleh sebab itu, kegiatan pembangunan perikanan laut harus merupakan salah satu pendukung pembangunan ekonomi nasional. PT. XY (Persero) sebagai salah satu BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang bergerak dalam industri perikanan laut perlu mendapatkan perhatian dan senantiasa ditingkatkan kinerjanya, agar dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi perolehan devisa dan kesejahteraan rakyat. Sejak awal tahun 1999, dimana terjadinya gangguan keamanan di Maluku Utara dan Ambon, PT. XY telah mengalami kemunduran dalam produksi karena cabang produksi yang berada di daerah konflik yaitu Pulau Bacan dan Ambon tidak dapat berproduksi. Selain itu, faktor lain yang menghambat pertumbuhan PT. XY adalah turunnya harga produk (khususnya cakalang beku) di pasaran dunia yang cukup tajam dari harga rata-rata USD 800,- per ton menjadi USD 300,- per ton. Pada sisi lain lingkungan strategi terus berubah cepat khususnya bila dikaitkan dengan globalisasi era pasar bebas seperti AFTA dan APEC, dimana persaingan dalarn dunia perdagangan semakin kompetitif. Oleh sebab itu, kedepan perlu perumusan strategi korporat PT. XY agar dapat bersaing dan tumbuh secara sehat. Berdasarkan latar belakang tersebut maka permasalahan studi dirumuskan sebagai berikut. (1) Strategi korporat bagaimana yang sebaiknya digunakan oleh PT. XY untuk menghadapi perkembangan lingkungan strategi? (2) Upaya-upaya apa yang harus dilakukan dalam mewujudkan strategi korporasi tersebut? (3) Faktor-faktor apa yang mempengaruhi perumusan strategi korporat yang akan diterapkan? Penelitian bertujuan untuk (1) mengidentifikasi kunci sukses keberhasilan baik sebagai faktor internal maupun faktor eksternal yang mempengaruhi perkembangan PT. XY (Persero), (2) menganalisis posisi perusahaan , (3) memformulasikan strategi korporat PT. XY . Penelitian ini menggunakan analisis faktor internal dan eksternal untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan PT. XY. Dalam hal ini digunakan Matrik IFE (Internal Factor Evaluation) dan EFE (External Factor Evaluation) sebagai anaiisis kuantitatif. Hasil analisis tersebut diproyeksikan ke dalam Matrik IE (Internal External) dan Matrik BCG (Boston Consulting Group) untuk menentukan posisi perusahaan. Dari analisis posisi perusahaan didapatkan alternatif strategi yang paling cocok diterapkan oleh perusahaan. Metode penelitian dalam analisis IFE dan EFE adalah dengan kuesioner dan wawancara kepada responden secara purposif. Analisis diperkuat dengan data-data sekunder yang diperoleh dari manajemen PT. XY. Berdasarkan hasil analisis Matrik IFE dapat diketahui posisi PT. XY memiliki kondisi internal yang kuat dengan skor 3,031, dan kondisi eksternal sedang dengan skor 2,896. Dari Matrik IE, kedua kondisi tersebut menghasilkan posisi perusahaan berada di sel matrik IV yang dikategorikan sebagai “Grow and Build' (Pertumbuhan dan Pengembangan). Alternatif strategi yang cocok untuk kelompok ini adalah Strategi lntensif (meliputi Market Penetration, Market Development, dan Product Development) atau Strategi lntegratif yang meliputi "Backward Integration, Forward Integration, dan Horizontal Integration". Analisis posisi perusahaan dengan Matrik BCG menghasilkan produk-produk PT. XY hampir semuanya berada di kuadran I "Question Mark" (Tanda Tanya), kecuali kelompok produk sashimi, tataki, dan steak berada di kuadran II "Star". Hal ini menunjukkan bahwa pada umumnya produk-produk PT. XY mempunyai pangsa pasar relatif yang rendah, sehingga kondisi tersebut harus diupayakan untuk digeser ke sebelah kiri atau ke kuadran II "Star". Hal ini berarti bahwa pangsa pasar relatif harus ditingkatkan. Dari kedua analisis posisi perusahaan tersebut, maka strategi korporat yang cocok untuk diterapkan adalah Strategi Kemitraan (Aliansi). Kemitraan ini dapat dilakukan dengan perusahaan luar negeri berdasarkan pertimbangan investasi, teknologi, pasar, dan daerah penangkapan. Disamping itu kemitraan dengan pola PIR tetap ditingkatkan pula. Diharapkan dengan kemitraan ini maka kapasitas produksi akan meningkat, sehingga selanjutnya dilakukan Strategi Intensif: penetrasi pasar ke Jepang, pengembangan pasar ke Eropa dan Amerika Serikat, bahkan pengembangan produk berupa ikan kaleng ke Amerika Serikat. Dengan demikian diharapkan pangsa pasar akan meningkat sehingga akan meningkatkan penjualan dan profit perusahaan. Beberapa saran untuk pertumbuhan perusahaan: diterapkannya efisiensi untuk menekan cost, perlu adanya kerjasama dengan kalangan perguruan tinggi untuk pengembangan perusahaan dan sumberdaya manusia, adanya "management of change", peningkatan kegiatan Litbang (penelitian dan pengembangan). Disamping itu untuk kelancaran penerapan strategi aliansi, perlu adanya dukungan "political will" Pemerintah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Korporat, PT. XY (Persero), Analisis Faktor Internal, Analisis Faktor Eksternal, Matrik IFE, Matrik EFE, Matrik IE, Matrik BCG, Strategi Aliansi Kemitraan, Strategi Integrasi, Strategi Intensif.
Subjects: Manajemen Strategi
Divisions: Sekolah Bisnis > Perpustakaan
Depositing User: Staff-1 Perpustakaan
Date Deposited: 26 Jan 2012 08:10
Last Modified: 26 Jan 2012 08:10
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/1374

Actions (login required)

View Item View Item