Strategi Kemitraan Dalam Mendukung Usaha Kecil Nelayan Tangkap Pada PT. " XX "

Hasboellah, Asmawaty (2003) Strategi Kemitraan Dalam Mendukung Usaha Kecil Nelayan Tangkap Pada PT. " XX ". Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
PDF
E3K-01-Asmawaty_Hasboelah-cover.pdf

Download (884kB)
[img]
Preview
PDF
E3K-02-Asmawaty_Hasboelah-RE.pdf

Download (629kB)
[img]
Preview
PDF
E3K-03-Asmawaty_Hasboelah-DaIsi.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
E3K-04-Asmawaty_Hasboelah-Bab1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
E3K-05-Asmawaty_Hasboelah-Bab2DST.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Potensi sumber daya kelautan di Indonesia sebesar 6,7 juta diperairan laut pada Zone Ekonomi Ekslusif Indonesia belum seluruhnya dieksploitasi sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Untuk itu investasi pada sub sektor perikanan merupakan usaha yang mempunyai masa depan cerah. Disamping itu usaha perikanan ternyata mampu bertahan dalam menghadapi turbulensi ekonomi yang melanda Indonesia sejak pertengahan tahun 1977. Disaat krisis ekonomi berlangsung, harga komoditi perikanan dan hasil olahannya menjadi sangat tinggi di pasar mancanegara. Namun demikian investasi disektor perikanan khususnya nelayan tangkap membutuhkan biaya besar untuk penyediaan sarana dan prasarana sampai dengan industri hilirnya. Dilain pihak potensi sumberdaya nelayan yang besar dapat dimanfaatkan untuk menangkap peluang tersedianya potensi sumberdaya kelautan. Berdasarkan kondisi tersebut maka PT. " XX " sebagai perusahaan yang bergerak pada pemanfaatan sumberdaya kelautan dan berbasis di Pulau Bacan merencanakan untuk meningkatkan usahanya dengan mendorong semakin banyak nelayan yang bermitra dalam pola inti-plasma. Serta melakukan penetrasi pasar ke mancanegara. Dalam upaya merealisasi rencana tersebut maka PT. " XX " melakukan perencanaan strategis guna merumuskan alternatif-alternatif strategi yang diperlukan sehingga visi perusahaan akan tercapai. Perencanaan stategi ini disajikan dalam format tesis studi kasus dengan fokus pada masalah kemitraan, untuk menyelesaikan tugas akhir pada Program Magister Manajemen, Institut Pertanian Bogor. Untuk melakukan perencanaan strategis harus mempertimbangkan kondisi lingkungan strategis baik lingkungan internal maupun eksternal perusahaan. Metode analisis lingkungan strategis dipergunakan matrik IFE/EF dan matrik SWOT. Sedangkan untuk menganalisis posisi PT. " XX " terhadap kondisi pasar komoditas perikanan dipergunakan matrik Boston Consulting Group (BCG). Berdasarkan atas matrik Boston Consulting Group, PT. " XX " untuk produk-produk olahan berada pada posisi " Bintang " yang berarti produk tersebut mempunyai pangsa pasar yang tinggi dan pertumbuhan pasar rata-rata tinggi. Sedangkan produk hasil tangkapan ikan kayu, udang dan produk lainnya berada pada posisi "Question mark" Berdasarkan atas matrik SWOT dan matrik BCG diperoleh grand strategi sebagai berikut : memperluas jaringan kemitraan secara horisontal dengan pengusaha sejenis di tigkat lokal maupun luar negeri serta dengan calon nelayan mitra; memperluas segmen pasar atas produk unggulan yang telah dikenal oleh konsumen luar negeri; melakukan penetrasi pasar ke negara-negara potensial atas produk-produk non unggulan. Selain itu guna mendukung pelaksanaan grand strategi diperlukan strategi pendukung meliputi peningkatan koordinasi dengan aparat dan stakeholder dan melakukan efisiensi dilingkungan internal perusahaan. Dalam implementasinya, grand strategi dan strategi pendukung dilaksanakan bersamaan. Kemitraan yang sudah ada khususnya nelayan dengan melakukan pembinaan ; meninjau harga beli secara berkala; pembelian hasil tangkapan dibayar secara tunai; memperluas area penangkapan ke perairan ZEEI dengan cara bermitra dengan perusahaan sejenis yang memiliki peralatan tangkap modern ; mempertimbangkan untuk mandiri diluar pengendalian BUMN dan melakukan aliansi dengan perusahaan sejenis di dalam maupun di luar negeri untuk mempemudah penetrasi pasar global.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Potensi, kelautan, usaha perikanan, ekspor, tuna, cakalang, udang, Sashami, Tataki, Steak, rencana strategis, kemitraan, nelayan, pengusaha sejenis, analisis pendapatan, analisis SWOT, analisis BCG, penetrasi pasar, luar negeri.
Subjects:
Divisions: Sekolah Bisnis > Perpustakaan
Depositing User: Staff-1 Perpustakaan
Date Deposited: 27 Jan 2012 02:53
Last Modified: 27 Jan 2012 02:53
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/1384

Actions (login required)

View Item View Item