Analisis sikap dan preferensi mahasiswa di bogor terhadap laptop merek lokal

Adrian, Adrian (2011) Analisis sikap dan preferensi mahasiswa di bogor terhadap laptop merek lokal. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
PDF
R42-01-Andrian-Cover.pdf - Published Version

Download (408kB)
[img]
Preview
PDF
R42-02-Andrian-Abstrak.pdf - Published Version

Download (318kB)
[img]
Preview
PDF
R42-03-Andrian-RingkasanEksekutif.pdf - Published Version

Download (323kB)
[img]
Preview
PDF
R42-04-Andrian-DaftarIsi.pdf - Published Version

Download (323kB)
[img]
Preview
PDF
R42-05-Andrian-Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (633kB)
Official URL: http://elibrary.mb.ipb.ac.id

Abstract

Kebutuhan konsumen terhadap komputer jinjing (laptop) semakin meningkat seiring dengan kebutuhan konsumen terhadap informasi, bisnis, dan hiburan yang serba cepat dan praktis dalam kehidupan sehari-hari. Penjualan laptop mengalami peningkatan yang cukup besar dari tahun ke tahun, baik di dunia juga di Indonesia. Peningkatan penjualan laptop yang terus meningkat salah satunya karena semakin banyak konsumen yang membutuhkan laptop. Banyak masalah yang dihadapi oleh laptop merek lokal sehingga laptop merek lokal belum mampu bersaing dengan laptop merek impor. Para pelaku bisnis laptop merek lokal harus segera mengatasi masalah yang dihadapi oleh laptop merek lokal agar dapat memproduksi laptop yang sesuai dengan keinginan, kebutuhan dan harapan konsumen terhadap laptop. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pembelian dan penggunaan laptop oleh mahasiswa di Bogor, apa saja atribut yang penting bagi mahasiswa di Bogor dalam memilih laptop, mengetahui sikap mahasiswa di Bogor terhadap laptop merek impor dan laptop merek lokal, bagaimana preferensi mahasiswa di Bogor terhadap laptop merek lokal dan penyusunan strategi pemasaran bagi pelaku bisnis laptop merek lokal. Penelitian dilaksanakan di Bogor. Waktu pelaksanaan pengambilan data dilaksanakan pada bulan November – Desember 2010. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif. Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dan informasi dilakukan dengan cara menyebar kuesioner kepada responden (mahasiswa). Berdasarkan pembelian, ada 9 merek laptop impor dan 3 merek laptop lokal yang digunakan oleh mahasiswa. Mahasiswa menggunakan laptop seharga Rp 5 juta sampai Rp 10 juta. Fitur laptop yang digunakan oleh mahasiswa adalah Wifi, Web Cam dan Stereo Speaker. Mahasiswa menilai premium pada tampilan fisik laptop yang digunakannya. Mahasiswa mendapatkan informasi tentang laptop yang digunakannya sekarang dari teman. Mahasiswa yang menggunakan laptop merek impor kurang berminat untuk mengganti laptopnya dengan laptop merek lokal sedangkan mahasiswa yang menggunakan laptop merek lokal ingin mengganti laptopnya dengan laptop merek impor. Berdasarkan penggunaan laptop, mahasiswa menggunakan laptop selama 3 sampai 5 jam tiap harinya. Mahasiswa menggunakan laptop di tempat tinggal dan kampus. Tujuan mahasiswa menggunakan laptop untuk menyelesaikan tugas/pekerjaan dan browsing. Mahasiswa akan menggunakan laptop selama 1 tahun sampai 3 tahun sebelum mengganti laptop. Berdasarkan analisis Fishbein, ada sebelas atribut yang dipertimbangkan mahasiswa dalam memilih laptop. Secara berurutan, kesebelas atribut yang penting bagi mahasiswa dalam memilih laptop adalah kelengkapan fitur, performa/spesifikasi, merek, harga, berat, baterai, kualitas casing, tampilan fisik, after sales service, garansi, dan prestige/image. Selanjutnya, berdasarkan analisis Fishbein, mahasiswa lebih mempercayai laptop merek impor dengan nilai 180,35 dibandingkan dengan laptop merek lokal dengan nilai 125,55. Berdasarkan analisis Konjoin, mahasiswa menyukai laptop dengan harga sedang dengan kelengkapan fitur komplit dan kualitas produk yang premium. Mendominasinya laptop merek impor di pasaran bila dibandingkan dengan laptop merek lokal harus menjadi dorongan bagi pelaku bisnis laptop merek lokal untuk memperbaiki dan mengembangkan laptop merek lokal sehingga dapat bersaing dengan laptop merek impor. Pelaku bisnis laptop merek lokal dapat menjadikan STP sebagai pedoman dalam perumusan strategi pemasaran. Konsep 4P yaitu product (produk), price (harga), place (lokasi), dan promotion (promosi) juga bisa diterapkan pelaku bisnis laptop merek lokal untuk bersaing dengan laptop merek impor. Dalam penelitian, responden dibatasi hanya mencakup mahasiswa. Sementara kelompok responden lainnya misalkan pebisnis atau penggiat games tidak diperhitungkan. Ada kemungkinan hasil analisis sikap dan preferensi mahasiswa terhadap laptop merek lokal berbeda dengan sikap dan preferensi pebisnis, gamers, atau lainnya oleh karena itu penelitian tentang sikap dan preferensi secara keseluruhan terhadap laptop merek lokal dapat bisa menjadi bahan perbandingan yang menarik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: laptop, sikap, pereferensi, analisis Fishbein, dan analisis Konjoin laptop, attitude, preference, Fishbein analysis, and Conjoint analysis
Subjects: Manajemen Pemasaran
Depositing User: Staff-8 Perpustakaan -
Date Deposited: 19 Apr 2012 01:32
Last Modified: 08 Jul 2014 04:36
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/1425

Actions (login required)

View Item View Item