Analisis strategi pengembangan bisnis pt bank syariah bukopin

Suherli, - (2012) Analisis strategi pengembangan bisnis pt bank syariah bukopin. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
Text
E34-01-Suherli-Cover.pdf - Published Version

Download (350kB)
[img]
Preview
Text
E34-02-Suherli-Abstrak.pdf - Published Version

Download (320kB)
[img]
Preview
Text
E34-03-Suherli-RingkasanEksekutif.pdf - Published Version

Download (328kB)
[img]
Preview
Text
E34-04-Suherli-DaftarIsi.pdf - Published Version

Download (329kB)
[img]
Preview
Text
E34-05-Suherli-BabIPendahuluan.pdf - Published Version

Download (626kB)
[img] Text
Tesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB)
Official URL: http://elibrary.mb.ipb.ac.id

Abstract

Investasi dalam Islam adalah investasi yang harus memperhatikan rambu-rambu yang sesuai dengan koridor syariah, maka keberadaan bank syariah sudah tentu sangat membantu masyarakat yang akan berinvestasi secara Islami. Dalam kondisi gejolak moneter hanya bank tanpa bunga yang tidak tersentuh oleh krisis moneter, tidak memerlukan dana rekapitalisasi dan bahkan mampu membukukan laba yang berlipat, sementara bank konvensional justru mengalami kondisi yang sebaliknya. Hal inilah yang menjadikan bank syariah menjadi lembaga keuangan yang menarik bagi masyarakat Indonesia dalam berinvestasi dan berbisnis, baik masyarakat muslim maupun non muslim. Bertolak dari kesadaran terhadap nilai Islam serta kondisi riil perekonomian dunia, PT Bank Syariah Bukopin (BSB) hadir melayani masyarakat dalam produk-produk jasa keuangan berbasis syariah dan untuk mendorong pertumbuhan perekonomian sekaligus menjaga kemurniannya dari riba dan gharar, yang diyakini akan menjerumuskan pelaku dan pemilik harta pada kesengsaraan dunia dan kehidupan kekal di alam baka. Dengan pesatnya pertumbuhan bank syariah dan akibat adanya revolusi informasi serta globalisasi yang menyebabkan situasi lingkungan yang penuh dinamika, maka BSB telah melakukan strategi pengembangan dipelbagai bidang usaha untuk mengakselerasi pertumbuhan bisnis dan diarahkan untuk mampu memenangkan persaingan. Berdasarkan uraian di atas, maka perumusan masalah pada penelitian ini adalah 1)Bagaimana respon BSB terhadap faktor-faktor eksternal bisnis (peluang dan ancaman) dengan menggunakan Matriks EFE, 2)Bagaimana kondisi internal perusahaan (kekuatan dan kelemahan) dengan menggunakan Matriks IFE, 3)Apakah strategi pengembangan bisnis BSB sesuai dengan strategi pada kuadran posisi perusahaan pada Matriks IE, 4)Apakah strategi pengembangan bisnis BSB telah menyeimbangkan faktor-faktor eksternal dan internal perusahaan (Matriks SWOT) sehingga kondisi perusahaan pada tahun 2010 mengalami pertumbuhan, 5) Apakah strategi pengembangan bisnis yang telah dilakukan BSB pada tahun 2010 memiliki keunggulan bersaing (Matriks CP). Berdasarkan perumusan masalah, maka tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis bagaimana respon BSB terhadap faktor-faktor eksternal bisnis (peluang dan ancaman) dengan menggunakan Matriks EFE, 2) Untuk mengetahui bagaimana kondisi internal perusahaan (kekuatan dan kelemahan) dengan menggunakan Matriks IFE, 3) Untuk mengetahui apakah strategi pengembangan bisnis BSB sesuai dengan strategi pada kuadran posisi perusahaan pada Matriks IE, 4) Untuk mengetahui apakah strategi pengembangan bisnis BSB telah menyeimbangkan faktor-faktor eksternal dan internal perusahaan sehingga kondisi perusahaan pada tahun 2010 mengalami perkembangan, 5) Untuk mengetahui apakah strategi pengembangan bisnis yang telah dilakukan BSB pada tahun 2010 memiliki keunggulan bersaing (Matriks CP). Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan deskriptif dalam bentuk studi kasus, yaitu studi yang intensif dan terperinci mengenai suatu obyek yang diteliti serta berpedoman pada kuesioner dan pengamatan langsung terhadap hal-hal yang tidak tercakup dalam kuesioner. Jenis data adalah bersifat kualitatif dan teknik pengumpulan data dan informasi yang bersifat data primer diperoleh melalui pengamatan langsung, wawancara dan pengisian kuesioner oleh para responden, sedangkan untuk data sekunder diperoleh melalui data internal perusahaan yang meliputi laporan keuangan dan annual report, studi kepustakaan dan melalui situs-situs internet. Teknik pengambilan contoh dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, yaitu pengambilan contoh secara sengaja. Dengan teknik ini responden yang akan diberi kuesioner adalah responden yang sudah ditentukan penulis atas dasar pertimbangan bahwa penetapan starategi pengembangan bisnis adalah kebijakan direksi (Direktur utama dan Direktur Bisnis) dan pelaksananya adalah : Kepala Divisi Bisnis, Kepala Divisi Pengembangan Bisnis dan para pimpinan cabang. Analisis visi memberikan gambaran bahwa BSB memiliki visi yang dicita-citakan oleh seluruh anggota perusahaan untuk dicapai yaitu menjadi bank syariah pilihan dengan pelayanan terbaik. Konsistensi dalam hal pelayanan yang mampu mengakomodasi dan melebihi ekspektasi nasabah pada prosesnya turut meningkatkan performa dan kinerja usaha BSB. Keunggulan BSB dalam hal pencapaian target usaha dan konsistensi dalam hal pelayanan terhadap nasabah merupakan kata kunci BSB dalam menerjemahkan proses usahanya. Visi akan dapat dipahami oleh pihak-pihak yang ada di dalam perusahaan jika visi tersebut dijabarkan dalam pernyataan misi. Adapun misi BSB yaitu memberikan pelayanan terbaik pada nasabah, membentuk sumber daya insani yang profesional dan amanah, memfokuskan pengembangan usaha pada sektor UMKM dan meningkatkan nilai tambah kepada stakeholder. Hasil analisis dari Matriks EFE diperoleh total skor 3,02. Hal ini menunjukkan bahwa BSB telah dapat merespon dengan cara yang yang luar biasa terhadap peluang-peluang yang ada dan menghindari ancaman-ancaman di pasar industrinya dan hasil dari Matriks IFE diperoleh total skor 3,00. Hal ini menunjukkan bahwa kondisi internal BSB kuat. Posisi BSB pada Matriks IE adalah pada kuadran I, posisi ini menunjukkan bahwa BSB pada kondisi ”grow and build”. Strategi yang dapat diterapkan pada kondisi ini adalah intensive (market penetration, market development dan product development) atau integration (backward integration, forward integration dan horizontal integration). Untuk BSB yang merupakan perusahaan perbankan syariah yang relatif masih berusia muda, yaitu baru berusia 3 tahun, jadi posisi grow dan build adalah tepat. Integrasi BSB adalah dengan pemegang saham, antara lain yaitu PT. Bank Bukopin,Tbk yang bekerja sama antara lain dalam hal pemberian pembiayaan sindikasi atau club deal dan dengan Muhammadiyah yaitu dalam hal penyaluran pembiayaan kepada Amal Usaha Muhammadiyah. BSB telah melaksanakan 7 (tujuh) strategi pengembangan bisnis, yaitu pengembangan usaha dengan fokus pada sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), mengembangkan usaha konsumer, penyediaan jasa-jasa fee based kepada nasabah, memperkuat teknologi dan pelayanan, meningkatkan jaringan outlet, memperkuat sumber daya insani, peningkatan kualitas pengelolaan risiko dan kepatuhan. Matriks SWOT merupakan tindak lanjut dari Matriks IE dan dalam Matriks IE sudah diketahui tujuh (7) strategi yang telah dilaksanakan oleh BSB. Pada Matriks SWOT, strategi-strategi tersebut diterapkan pada posisi yang tepat yaitu pada strategi SO, strategi WO, strategi ST dan Strategi WT. Ternyata dengan pelaksanaan strategi-strategi tersebut, kondisi bisnis BSB mengalami pertumbuhan. Hal ini dapat terlihat dari laporan keuangan BSB tahun 2010 dibandingkan tahun 2009, yaitu Total Asset, pembiayaan dan Dana Pihak Ketiga BSB masing-masing tumbuh sebesar 11,09%, 25,94% dan 27,52%. Pertumbuhan signifikan juga terjadi pada laba perusahaan, yang pada tahun 2010 mengalami kenaikan yang sangat besar yaitu 1.131,53%. Selain itu kondisi BSB pun dalam keadaan sehat, hal ini dapat dilihat dari nilai CAR = 11,51%, FDR = 99,37% dan NPF = 3,80% karena masih berada dalam batas aman berdasarkan ketentuan BI (CAR minimum 8%, FDR minimum 80% dan NPF maksimum 5%). Strategi pengembangan bisnis yang dilaksanakan BSB secara keseluruhan telah mengakibatkan BSB unggul dalam memenangkan persaingan. Hal ini dapat terlihat dari hasil analisis matriks profil kompetitif, total skor BSB adalah yang paling tinggi yaitu 3,28 dibandingkan total skor Bank Mega Syariah yaitu 3,14 dan Bank Jabar Banten (BJB) Syariah yaitu 3,01. Dengan ini disimpulkan bahwa 7 (tujuh) strategi pengembangan bisnis yang dilaksanakan BSB telah dapat meningkatkan kondisi perusahaan dan BSB dapat unggul dalam persaingan. Walau demikian BSB harus berhati-hati karena walaupun nilai skor keunggulan bersaing lebih tinggi dari kompetitornya, nilai tersebut relatif bersaing ketat karena nilai total skornya tidak begitu jauh berbeda. Oleh sebab itu disarankan : agar BSB selalu konsisten memberikan pengertian dan pemahaman di setiap jenjang organisasi sehingga prinsip-prinsip GCG yaitu transparancy, accountability, responsibility, indepedency dan fairness, dapat terwujud dalam budaya kerja di BSB, kepedulian dan keterlibatan BSB secara intens dalam dinamika sosial masyarakat agar terus dilaksanakan dan lebih ditingkatkan karena pada titik tertentu akan melahirkan impact dan nilai yang konstruktif bagi perusahaan, di tengah kompetisi yang ketat, keberadaan BSB yang relatif baru diindustri perbankan syariah harus semakin kokoh posisinya. Persaingan yang ada tidak menghalangi perusahaan untuk berkarya dan menghasilkan kinerja terbaik. BSB harus terus bersinergi dengan media massa dan mengikuti berbagai acara/kegiatan untuk berpromosi sehingga penghimpunan dana masyarakat dan pembiayaan dapat terus tumbuh secara signifikan. Selain itu perlu kajian lebih lanjut bagi peneliti yang akan datang, apakah 7 (tujuh) strategi yang telah dilaksanakan BSB masih relevan untuk diterapkan untuk masa-masa mendatang. Hal ini mengingat makin ketatnya persaingan yang disebabkan makin pesatnya pertumbuhan bank syariah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: PT Bank Syariah Bukopin, Strategi Pengembangan Bisnis, Matriks : EFE, IFE, IE, SWOT, CP.
Subjects: Manajemen Strategi
Depositing User: Staff-8 Perpustakaan -
Date Deposited: 12 May 2012 04:50
Last Modified: 16 Jun 2020 07:08
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/1437

Actions (login required)

View Item View Item