Analisis persepsi dan sikap konsumen terhadap produk teh dalam kemasan merek fruit tea di smu negeri 3 bogor

Indrasari, Mira Aji (2012) Analisis persepsi dan sikap konsumen terhadap produk teh dalam kemasan merek fruit tea di smu negeri 3 bogor. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
Text
R44-01-Mira-Cover.pdf - Published Version

Download (332kB)
[img]
Preview
Text
R44-02-Mira-Abstrak.pdf - Published Version

Download (316kB)
[img]
Preview
Text
R44-03-Mira-RingkasanEksekutif.pdf - Published Version

Download (322kB)
[img]
Preview
Text
R44-04-Mira-DaftarIsi.pdf - Published Version

Download (361kB)
[img]
Preview
Text
R44-05-Mira-BabIPendahuluan.pdf - Published Version

Download (644kB)
[img] Text
Tesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB)
Official URL: http://elibrary.mb.ipb.ac.id

Abstract

Fruit Tea adalah salah satu produk minuman teh dalam kemasan yang dikeluarkan oleh PT Sinar Sosro. Sebagai pemimpin pasar, PT Sinar Sosro berusaha untuk mempertahankan posisinya agar tidak tergeser oleh merek lain, diantaranya adalah Frestea dan Teh Kotak. Namun, pada kenyataannya nilai Top Brand Index, Brand Value dan market share Fruit Tea mengalami penurunan yang cukup signifikan. Cara yang dapat dilakukan untuk tetap menjadi pemimpin pasar adalah melalui peningkatan pertumbuhan penjualan dengan mengelola dan menyesuaikan kebutuhan konsumen dengan baik. Oleh karena itu, diperlukan analisis mengenai persepsi dan sikap konsumen terhadap produk Fruit Tea untuk menentukan strategi yang tepat dalam menghadapi persaingan. Berdasarkan latar belakang diatas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana persepsi dan sikap konsumen remaja terhadap produk Fruit Tea?; 2) Atribut-atribut produk apa yang menjadi pertimbangan konsumen dalam mengkonsumsi minuman teh dalam kemasan?; dan 3) Bagaimana rekomendasi strategi marketing bagi PT. Sinar Sosro untuk menghadapi persaingan ke depan?. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Menganalisis persepsi dan sikap konsumen terhadap produk Fruit Tea ; 2) Mengidentifikasi atribut-atribut produk yang menjadi pertimbangan konsumen dalam mengkonsumsi minuman teh dalam kemasan ; dan 3) Memberikan rekomendasi strategi pemasaran untuk PT Sinar Sosro dalam menghadapi persaingan ke depan. Penelitian ini dilaksanakan di Bogor. Lokasi penelitian dilakukan di SMU Negeri 3 kota Bogor. Waktu penelitian akan dilakukan selama dua bulan, dimulai pada bulan September 2011 hingga bulan Oktober 2011. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif dengan metode survei. Pengumpulan data primer dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada responden (survey research), sementara itu data sekunder diperoleh melalui kajian penelitian terdahulu dan studi pustaka. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah validitas dan reliabilitas, cochran, biplot, perceptual mapping dan multi atribut fishbein. Berdasarkan hasil analisis validitas dan relialibilitas maka terdapat dua belas atribut yang valid yaitu harga, volume/isi, kemasan, aroma, citarasa, variasi rasa, komposisi dan nilai gizi, merek, tanggal kadaluarsa, label halal, kemudahan memperoleh dan kebersihan. Berdasarkan analisis Cochran diketahui bahwa responden memiliki kesamaan asosiasi terhadap kedua belas atribut ini. Berdasarkan hasil tingkat kepentingan produk menunjukkan bahwa atribut volume, citarasa, komposisi dan nilai gizi, tanggal kadaluarsa, label halal dan kebersihan dipersepsikan oleh responden sangat penting. Berdasarkan hasil analisis biplot diketahui bahwa penciri utama produk Fruit Tea adalah variasi rasa, merek, tanggal kadaluarsa dan label halal. Berdasarkan hasil perceptual mapping diketahui bahwa Fruit Tea memiliki keunggulan pada atribut variasi rasa, merek dan label halal. Berdasarkan hasil analisis sikap multi atribut Fishbein menunjukkan bahwa sikap responden terhadap teh dalam kemasan merek Fruit Tea memiliki skor total 187,84, berada dibawah Teh Kotak namun sedikit diatas Frestea. Dari hasil penelitian ini maka kinerja atribut produk Fruit Tea yang harus ditingkatkan adalah harga, volume, aroma, citarasa, komposisi dan nilai gizi, kemudahan memperoleh dan kebersihan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: perception, consumer behavior, ready-to-drink tea, teenagers Persepsi, Sikap Konsumen, Remaja, Perceptual Mapping, Biplot, Fishbein
Subjects: Manajemen Pemasaran
Depositing User: Staff-8 Perpustakaan -
Date Deposited: 18 Sep 2012 01:46
Last Modified: 23 Jun 2020 07:11
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/1477

Actions (login required)

View Item View Item