Wulandari, Ririn (2012) Strategi Pemasaran Mebel Bersertifikasi Ekolabel pada Stratifikasi Konsumen Hijau di Jakarta. Doctoral thesis, IPB University.
![]()
|
Text
4DM-01-Ririn-Cover.pdf - Published Version Download (210kB) |
|
![]()
|
Text
4DM-02-Ririn-Abstrak.pdf - Published Version Download (89kB) |
|
![]()
|
Text
4DM-03-Ririn-RingkasanEksekutif.pdf - Published Version Download (94kB) |
|
![]()
|
Text
4DM-04-Ririn-DaftarIsi.pdf - Published Version Download (85kB) |
|
![]()
|
Text
4DM-05-Ririn-BabIPendahuluan.pdf - Published Version Download (128kB) |
|
![]() |
Text
Disertasi.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Mebel bersertifikasi ekolabel masih ditujukan untuk pasar ekspor, sementara itu pasar nasional belum tumbuh. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk menumbuhkan pasar nasional mengingat pengembangan pasar nasional mebel bersertifikasi ekolabel dapat memberikan dua manfaat, yaitu manfaat perdagangan dan manfaat atas kelestarian lingkungan. Pengembangan pasar nasional perlu dilakukan dengan menggunakan strategi pemasaran hijau. Strategi pemasaran hijau yang sudah ada selama ini tidak efektif. Tujuan penelitian, pertama mengidentifikasikan stratifikasi konsumen hijau berdasarkan variabel sikap, ketertarikan, aktivitas nyata, pengetahuan, dan kesadaran. Tujuan kedua adalah mengidentifikasikan keinginan, minat, atau preferensi masing-masing stratifikasi konsumen hijau atas komponen strategi pemasaran hijau berkenaan dengan mebel bersertifikasi ekolabel. Tujuan penelitian ketiga adalah menyusun strategi pemasaran mebel bersertifikasi ekolabel., Responden penelitian adalah konsumen potensial mebel solid di Jakarta dan sekitarnya, berjumlah 408 responden. Metode sampling yang digunakan adalah purposive dan convenience sampling. Metode segmentasi untuk mendapatkan stratifikasi konsumen hijau adalah Metode Ward, Stepwise Discriminant Analysis dan Biplot. Untuk mengidentifikasikan preferensi masing-masing stratifikasi konsumen hijau digunakan metode Thurston Case V. Penelitian ini menghasilkan empat stratifikasi konsumen hijau. Stratifikasi konsumen hijau tersebut berbeda dengan hasil segmentasi peneliti sebelumnya. Selanjutnya, terdapat perbedaan dan persamaan preferensi atas komponen strategi pemasaran hijau pada masing-masing stratifikasi konsumen hijau, berkenaan dengan mebel bersertifikasi ekolabel. Berdasarkan karakteristik stratifikasi konsumen hijau serta persamaan dan perbedaan preferensi tersebut, dihasilkan strategi pemasaran mebel bersertifikasi ekolabel, yaitu strategi pemasaran yang ditujukan untuk semua stratifikasi konsumen hijau dan untuk masing-masing stratifikasi konsumen hijau. Dua strategi tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam mengembangkan pasar nasional mebel bersertifikasi ekolabel. Peningkatan atau adanya pertumbuhan konsumen mebel bersertifikasi ekolabel menjadi bagian pertumbuhan konsumen hijau.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pemasaran hijau, mebel bersertifikasi ekolabel, segmentasi konsumen hijau, Jakarta, Indonesia. green consumer segmentation, eco-lab el-certified furniture, marketing strategy of green furniture in Jakarta, Indonesia. |
Subjects: | Manajemen Pemasaran |
Depositing User: | Staff-8 Perpustakaan - |
Date Deposited: | 06 Mar 2014 08:43 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 02:38 |
URI: | http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/1560 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |