A Relationship Model of Loyalty, Delinquency and Profitability in Personal Loan Portfolio.

Prihartono, Aditya Galih (2012) A Relationship Model of Loyalty, Delinquency and Profitability in Personal Loan Portfolio. Doctoral thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
Text
4DM-01-Aditya-Cover.pdf - Published Version

Download (99kB)
[img]
Preview
Text
4DM-02-Aditya-Abstrak.pdf - Published Version

Download (79kB)
[img]
Preview
Text
4DM-03-Aditya-RingkasanEksekutif.pdf - Published Version

Download (86kB)
[img]
Preview
Text
4DM-04-Aditya-DaftarIsi.pdf - Published Version

Download (84kB)
[img] Text
4DM-05-Adtya-BabIPendahuluan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text
Disertasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://elibrary.mb.ipb.ac.id

Abstract

Terdapat banyak penelitian terdahulu mengenai konsep loyalitas dan hubungannya dengan tingkat penjualan, kinerja keuangan dan ceruk pasar pada industri kredit konsumsi perbankan. Namun, belum terdapat suatu riset yang secara khusus menghubungkan antara loyalitas dengan resiko kredit, salah satu faktor terpenting dalam pengukuran kinerja portofolio kredit konsumsi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan analisa terhadap loyalitas dan hubungannya dengan profitabilitas portofolio kredit konsumsi khususnya pada portofolio kredit tanpa agunan. Metode analisa dilakukan dengan mengembangkan konsep indeks skor loyalitas yang dibagi menjadi tiga bagian yaitu loyalitas kelas 1 (Perunggu), kelas 2 (Perak) dan kelas 3 (Emas). Signifikansi dari ketiga segmen tersebut di analisa lebih jauh dari sisi profitabilitas (kerugian kredit dan pendapatan tertagih) pada 4 periode tingkat tunggakan. Penelitian dilakukan pada salah satu bank multinasional terbesar di Indonesia khususnya pada portofolio kredit tanpa agunan. Analisa data dilakukan dengan mengggunakan Analisa Jejak, Regresi sederhana, Algoritma K-means dan Analisa Variasi (ANOVA). Melalui pembuktian hipotesis, dapat disimpulkan bahwa loyalitas mempengaruhi profitabilitas secara signifikan. Hal tersebut berlaku di seluruh periode tingkat tunggakan kecuali pada segmen restrukturisasi. Melalui analisa tabulasi silang dan tes chi square, dapat dibuktikan bahwa umur, pendidikan, penghasilan bulanan dan dependensi berbeda secara signifikan untuk ketiga klaster loyalitas. Hal ini membuktikan bahwa ada beberapa segmen nasabah yang secara khusus lebih loyal dan menguntungkan dibandingkan lainnya. Pada akhir catatan, direkomendasikan untuk mengaplikasikan model yang ditawarkan dengan tambahan sampel dan dilakukan pada portofolio yang berbeda. Dengan hal tersebut, diharapkan hasil dari penelitian ini dapat lebih komprehensif dan kredibel secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Loyalitas, Konsumtif, Risiko Kredit, Kemampuan Membayar, Bank Loyalty, Consumer, Credit Risk, Capacity to Pay, Bank
Subjects: Manajemen Pemasaran
Depositing User: Staff-8 Perpustakaan -
Date Deposited: 16 Aug 2013 07:27
Last Modified: 28 Oct 2023 05:05
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/1616

Actions (login required)

View Item View Item