Analisis persepsi dan preferensi konsumen wanita terhadap produk sepatu di kota bogor

Megawati, Dewi (2012) Analisis persepsi dan preferensi konsumen wanita terhadap produk sepatu di kota bogor. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
PDF
R44-01-Dewi-Cover.pdf - Published Version

Download (112kB)
[img]
Preview
PDF
R44-02-Dewi-Abstrak.pdf - Published Version

Download (77kB)
[img]
Preview
PDF
R44-03-Dewi-RingkasanEksekutif.pdf - Published Version

Download (81kB)
[img]
Preview
PDF
R44-04-Dewi-DaftarIsi.pdf - Published Version

Download (314kB)
[img]
Preview
PDF
R44-05-Dewi-BabIPendahuluan.pdf - Published Version

Download (166kB)
Official URL: http://elibrary.mb.ipb.ac.id

Abstract

Sektor industri sepatu di era globalisasi seperti sekarang ini berada dalam persaingan yang semakin ketat. Terlebih lagi sejak tahun 2010 implementasi zona perdagangan bebas ASEAN - China (ACFTA) yang memotong secara drastis biaya masuk barang komoditas dari China ke kawasan ASEAN termasuk Indonesia. Setelah mengalami krisis di pasar industri sepatu maka saat ini pemerintah sudah mulai memperhatikan perkembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan melakukan berbagai kegiatan yang dapat membantu para pelaku usaha meningkatkan produktivitas serta kreativitas mereka. Sepatu memiliki kegunaan yang cukup banyak bagi penggunanya. Dengan adanya persaingan dalam industri ini membuat para pengusaha seperti Yongki Komaladi, Bata, dan Donatello, memberikan perhatian kepada para pengrajin di Indonesia.Dari kondisi yang ada maka perumusan masalah dalam penelitian ini : (1) bagaimana persepsi konsumen wanita tentang tingkat kepentingan atribut produk sepatu?; (2) bagaimana preferensi konsumen wanita terhadap produk sepatu; dan (3) bagaimana implikasi manajerial yang tepat dalam upaya mengoptimalkan produk sepatu?. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah: (1) menganalisis persepsi konsumen tentang tingkat kepentingan atribut produk sepatu; (2) menganalisis preferensi konsumen terhadap produk sepatu; (3) merumuskan implikasi manajerial yang tepat dalam upaya mengoptimalkan produk sepatu. Penelitian ini dilaksanakan di Bogor. Lokasi penelitian dilakukan di retail sepatu, departemen store di wilayah kota Bogor. Waktu penelitian akan dilakukan selama dua bulan, dimulai pada bulan Februari 2012 hingga bulan Mei 2012. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif dengan metode survei. Pengumpulan data primer dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada responden (survey research), sementara itu data sekunder diperoleh melalui kajian penelitian terdahulu dan studi pustaka. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara convinience sampling. Alat analisis yang digunakan adalah validitas dan reliabilitas, analisis deskriptif, analisis conjoin, dan thurstone. Berdasarkan hasil analisis validitas dan reliabilitas maka terdapat tiga belas atribut yang valid yaitu kenyamanan produk, variasi warna, variasi ukuran, variasi aksesoris, bahan sepatu, ragam bentuk, variasi motif, lokasi pembelian strategis, tata letak, harga terjangkau, promosi dan iklan serta pelayanan dan keramahan karyawan. Hasil Thurstone menunjukkan bahwa 12 atribut dengan prioritas tertinggi secara berurutan ialah tingkat Kenyamanan produk (A1), Harga terjangkau (A10), Bahan sepatu (A5), Ragam bentuk (A6), Variasi warna (A2), Lokasi pembelian strategis (A8), Variasi ukuran (A3), Variasi aksesoris (A4), variasi motif (A7), Pelayanan dan keramahan karyawan (A12), Promosi dan iklan (A11), Tata Letak (lay out) (A9). Analisis tingkat kepentingan ini meliputi empat atribut yang melekat pada produk, yang terdiri dari atribut product, place, price, dan promotion. Atribut product terdiri dari kenyamanan produk, variasi warna, variasi model, variasi ukuran, variasi aksesoris, bahan sepatu, dan ragam bentuk yang dinilai sangat penting. Atribut price terdiri dari kesesuaian harga yang diukur dengan harga yang terjangkau dinilai penting. Atribut place yaitu lokasi pembelian yang strategis dan pelayanan serta keramahan karyawan dinilai penting. Atribut promotion diskon yang menarik, pemberian voucher, pemberian hadiah-hadiah kepada konsumen dinilai penting. Hasil analisis Conjoin, diperoleh prioritas utama konsumen adalah kenyamanan produk dengan bobot 54 %. Taraf atribut sebesar 3,345 menunjukkan bahwa konsumen menginginkan kenyamanan dalam produk dan hasil nilai kepentingan relative atribut menunjukkan bahwa atribut peringkat pertama yang dipilih konsumen dalam memilih produk sepatu adalah kenyamanan produk dengan nilai 6,69. Selanjutnya untuk atribut kedua adalah ragam bentuk, konsumen lebih menyukai yang lebih menarik secara fisik karena sepatu yang terlihat menarik akan mendukung penampilan untuk lebih percaya diri dengan bobot 26 % dan nilai 1,58.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perceptions, Preferences, Shoes, Conjoint, Thurstone Persepsi, Preferensi, Konjoin, Thurstone, Sepatu
Subjects: Manajemen Pemasaran
Depositing User: SB-IPB Library
Date Deposited: 26 Mar 2014 06:37
Last Modified: 07 Jul 2014 04:00
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/1765

Actions (login required)

View Item View Item