Analisis pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian dan peningkatan penjualan dari beberapa produk pakaian dan asesoris

Primadona, Henny (2012) Analisis pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian dan peningkatan penjualan dari beberapa produk pakaian dan asesoris. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
Text
E33-01-Henny-Cover.pdf - Published Version

Download (332kB)
[img]
Preview
Text
E33-02-Henny-Abstrak.pdf - Published Version

Download (316kB)
[img]
Preview
Text
E33-03-Henny-RingkasanEksekutif.pdf - Published Version

Download (325kB)
[img]
Preview
Text
E33-04-Henny-DaftarIsi.pdf - Published Version

Download (326kB)
[img]
Preview
Text
E33-05-Henny-BabIPendahuluan.pdf - Published Version

Download (625kB)
[img] Text
Tesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://library.mb.ipb.ac.id

Abstract

PT. X Department Store merupakan salah satu pemain bisnis retail modern yang sedang berkembang. PT. X Department Store berusaha untuk melakukan promosi yang efektif, dimana promosi tersebut dapat meningkatkan penjualan. Kegiatan promosi yang efektif harus berfokus kepada konsumen. Mengetahui apa yang dirasakan dan dipikirkan oleh konsumen terhadap kegiatan promosi yang dilakukan oleh perusahaan menjadi sangat penting. Perusahaan juga berkeinginan untuk mengetahui bagaimana promosi yang dilakukan dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli produknya. Berdasarkan wacana di atas, maka permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Seberapa besar pengaruh promosi terhadap keputusan membeli konsumen pada brand Nevada di PT. X Department Store. 2) Bagaimana pengaruh promosi dalam meningkatkan penjualan produk Direct Purchase brand Nevada di PT. X Department Store. 3) Apakah terdapat hubungan promosi saat weekend dan weekday terhadap peningkatan penjualan product Direct Purchase brand Nevada di PT. X Department Store. Dengan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap keputusan membeli konsumen pada brand Nevada di PT. X Department Store. 2) Untuk mengetahui pengaruh promosi dalam meningkatkan penjualan produk Direct Purchase brand Nevada di PT. X Department Store. 3) Apakah terdapat hubungan promosi saat weekend dan weekday terhadap peningkatan penjualan product Direct Purchase brand Nevada di PT. X Department Store Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif menggunakan data primer dan data sekunder. Data Primer merupakan data penjualan produk nevada saat sebelum promosi, saat promosi, dan setelah promosi dan data penjualan produk nevada saat weekdays-weekend. Data Sekunder merupakan data internal yang diperoleh dari PT. X Department Store berupa catatan dan dokumen yang ada hubungannya dengan obyek penelitian. Pengamatan dilakukan selama kurun waktu 39 hari, pada saat sebelum promosi 12 hari, saat promosi 12 hari, dan 15 hari setelah promosi, khusus untuk setelah promosi pengumpulan data dilakukan sampai promosi berikutnya. Jumlah produk yang diamati berjumlah delapan produk direct purchase Nevada. Adapun kriteria responden adalah sebagai konsumen yang telah berbelanja dan responden berada di area PT. X Department Store. Responden yang berhasil dijadikan sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh pihak PT. X Department Store agar sukses dalam mengimplementasikan promosi yang efektif adalah sebagai berikut; Pertama, responden menginginkan banyak produk yang ikut promosi, promosi dilakukan dengan cara yang praktis, dan hadiah perlu ditingkatkan. Dengan banyaknya produk yang ikut promosi tentunya akan menambah daya tarik konsumen untuk datang berbelanja ke PT. X Department Store. Sebagian responden sebesar 49% tertarik pada acara promosi SKD (Struk Kupon Diskon 50.000), dan 36% responden lebih tertarik promosi diskon +20%. Hal ini sebanding dengan promosi SKD dan diskon 20% lebih gencar dilakukan dengan media promo baik media cetak maupun elektronik. Berdasarkan persepsi iklan PT. X Department Store diketahui bahwa 65.26% responden menyatakan bahwa iklan mengingatkan responden akan promosi yang ada di PT. X Department Store dan dalam hal memotivasi untuk membeli produk hanya 32.63% responden. Tanggapan responden terhadap promosi PT. X Department Store dapat mengubah perilaku dari tidak ingin membeli produk menjadi membeli produk sebesar 36.73%. Untuk menganalisa dampak promosi dibutuhkan data pembanding yaitu data penjualan item produk yang sama pada saat tidak adanya promosi. Data penjualan harian selama 12 hari tepat sebelum dilakukan kegiatan promosi, dan 15 hari saat promosi berlangsung serta 15 hari setelah promosi. Alasan penggunaan data pada selang waktu berdekatan dan berkesinambungan (time series) dikarenakan tidak terjadi perubahan unsur makro ekonomi yang dapat mempengaruhi daya beli masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian terlihat adanya peningkatan volume penjualan antara sebelum promosi dan saat promosi pada semua item produk. Peningkatan volume penjualan terbesar terjadi pada kategori sepatu anak dimana persentase peningkatannya mencapai 187.50% dibandingkan pada saat tidak ada kegiatan promosi. Sedangkan persentase peningkatan terkecil terjadi pada pakaian remaja laki-laki dimana volume penjualannya meningkat sebesar 86.27% dari volume penjualan sebelum promo. peningkatan persentase volume penjualan produk dari yang tertinggi sampai terendah adalah kategori Sepatu anak (187.50%), parfum (147.83%), sepatu wanita (146.51%), pakaian remaja perempuan (141.89%), pakaian anak laki-laki (131.25%), pakaian anak perempuan (129.79%), intimate (89.83%), pakaian remaja laki-laki (86.27%). Berdasarkan hasil perbandingan volume penjualan total sebelum dan selama promosi, dapat terlihat bahwa kegiatan promosi yaitu pemberian potongan harga mampu mendorong peningkatan penjualan suatu produk. Dari hasil yang didapatkan di atas diperoleh beberapa masukan bagi manajemen PT. X Department Store; 1) Program promosi PT. X Department Store dapat lebih ditekankan pada penggunaan media cetak dan elektronik dimana pelaksanaan kegiatan promosinya memiliki pengaruh yang lebih besar. 2) Perlu dilakukan evaluasi efektifitas masing-masing promosi yang digunakan sehingga manajemen bisa mengukur kinerja promosi dan efisiensi biaya yang telah dikeluarkan terhadap pencapaian yang diperoleh. 3) Mempertahankan strategi potongan harga sebagai alat promosi yang efektif. 4) Promosi potongan harga bisa digunakan sebagai stimulus untuk meningkatkan kembali penjualan produk yang menurun,. 5) Produk yang memiliki tingkat penjualan tinggi, manajemen bisa memberikan potongan harga yang lebih tinggi sehingga profit yang didapat bisa meningkat melalui penjualan dalam volume besar. 6) Jika manajemen ingin meningkatkan penjualan pada weekday, maka beberapa strategi yang bisa dilakukan adalah meningkatkan potongan harga atau memberikan insentif menarik lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: promotion, descriptive analysis, anova analysis, clothing and accesories Promosi, Analisis Deskriptif, Analisis Anova.
Subjects: Manajemen Pemasaran
Depositing User: SB-IPB Library
Date Deposited: 29 Mar 2014 02:27
Last Modified: 23 Jun 2020 07:05
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/1781

Actions (login required)

View Item View Item