Analisis kepuasan pasien terhadap layanan perawat di ruang rawat inap rumah sakit azra bogor

Yono, Yohanes Sri (2009) Analisis kepuasan pasien terhadap layanan perawat di ruang rawat inap rumah sakit azra bogor. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
PDF
E27-01-Yohanes-Cover.pdf - Published Version

Download (317kB)
[img]
Preview
PDF
E27-03-Yohanes-Ringkasan.pdf - Published Version

Download (375kB)
[img]
Preview
PDF
E27-04-Yohanes-Daftarisi.pdf - Published Version

Download (319kB)
[img]
Preview
PDF
E27-05-Yohanes-Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (624kB)
Official URL: http://elibrary.mb.ipb.ac.id

Abstract

Rumah sakit merupakan institusi (atau fasilitas) yang menyediakan pelayanan pasien rawat inap, dimana fungsi utamanya memberikan pelayanan kepada pasien, diagnostik dan terapeutik untuk berbagai penyakit dan masalah kesehatan, baik yang bersifat bedah maupun non bedah. Perlu pula disadari bahwa rumah sakit merupakan lembaga yang padat modal, padat karya, padat teknologi dan padat pula masalah yang dihadapi. Data pasien pada tahun 2006-2007 menunjukkan bahwa jumlah pasien setiap bulannya mengalami fluktuasi. Jumlah yang fluktuatif ini belum diketahui penyebabnya. Banyak faktor yang mungkin berpengaruh terhadap kepuasan pasien, diantaranya karena hasil yang terlihat merupakan resultan dari berbagai faktor yang berpengaruh. Hal ini diduga mengindikasikan adanya kemungkinan ketidakpuasan pasien dengan pelayanan yang diberikan. Fakta dan uraian tersebut di atas selanjutnya memotivasi peneliti untuk melakukan penelitian tentang kepuasan pasien terhadap layanan perawat di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Azra Bogor. Untuk lebih memudahkan dalam penelitian, maka penulis membatasi permasalahan yang diangkat hanya pada pengaruh kualitas pelayanan perawat ruang rawat inap Rumah Sakit Azra Bogor (kecuali Ruang ICU, Ruang Anak, Ruang Kebidanan dan Ruang Bayi) yang diberikan untuk memenuhi kepuasan pasien yang dirawat lebih dari tiga hari perawatan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui apakah asuhan keperawatan yang diterapkan sekarang sudah sesuai dengan harapan pasien Rawat Inap Rumah Sakit Azra Bogor. 2) Untuk mengetahui atribut-atribut yang berkaitan dengan kepuasan pasien rawat dan kinerja perawat Rawat Inap Rumah Sakit Azra Bogor. 3) Untuk merumuskan program peningkatan kepuasan pasien dan kinerja perawat Rawat Inap Rumah Sakit Azra Bogor. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survey dan pengumpulan data sekunder, dimana dilakukan dengan mencari variabel-variabel yang dominan berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perawat ruang rawat inap dan pasien Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Azra Bogor yang diambil secara sensus. Responden penelitian meliputi seluruh perawat ruang rawat inap (42 tenaga perawat) dan pasien Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Azra Bogor yang diambil secara sensus pasien yang dirawat lebih dari tiga hari pada bulan April 2008. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Microsoft Excel dan SPSS 10.1 for Windows. Tahapan pengolahan mencakup entri, cleaning, analisis deskriptif dan inferensia. Untuk pengelolaan data ada beberapa langkah yang akan dilakukan dengan tujuan untuk mengontrol kualitas data, yakni: (1) Masukan-masukan yang diberikan oleh pasien pada saat memberikan instrumen dijadikan bahan penyempurnaan kuesioner sehingga nantinya dihasilkan sebuah instrumen yang valid dan reliabel. (2) Uji validitas, yakni sejauhmana alat ukur mampu mengukur apa yang ingin diukur. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai validitas instrumen harapan pasien dalam penelitian ini adalah berkisar antara 0.764 hingga 0.861 (r>0,3) yang menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan pada penelitian ini cukup valid, demikian juga untuk nilai validitas instrumen kenyataan pasien dalam penelitian ini adalah berkisar antara 0,476 hingga 0,770 (r>0,3) yang menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan pada penelitian ini cukup valid. Pada uji vailiditas instrumen perawat didapatkan hasil bahwa nilai validitas instrumen harapan perawat dalam penelitian ini adalah berkisar antara 0.667 hingga 0.857 (r>0,3) yang menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan pada penelitian ini cukup valid, demikian juga untuk nilai validitas instrumen kenyataan perawat dalam penelitian ini adalah berkisar antara 0.664 hingga 0.828 (r>0,3) yang menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan pada penelitian ini cukup valid. (3) Uji reliabilitas adalah sejauhmana hasil pengukuran relatif konsisten apabila pengukuran diulang-ulang. Berdasarkan hasil uji realibilitas terhadap peubah-peubah penelitian ini dengan menggunakan metode Cronbach’s Alpha (Cr-Alpha), diperoleh koefisien Alpha yang menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan pada penelitian ini cukup reliabel dimana pengujian menghasilkan nilai Cronbach Alpha sebesar 0.961 untuk harapan pasien dan 0,912 untuk kenyataan pasien (α ≥ 0,6). Hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa dari tiga belas variabel yang digunakan dalam penelitian ini tidak terdapat variabel yang harus mengalami pengurangan jumlah indikator. Hal tersebut dikarenakan dalam uji ini terlihat bahwa instrumen adalah reliabel (nilai Cronbach harapan pasien = 0.961 dan nilai Cronbach kenyataan pasien = 0,912) yang berarti tingkat kepercayaan (keandalan) dari varabel harapan ini sebesar 96,1 persen dan variabel kenyataan sebesar 91,2 persen. Uji beda rata-rata (T-Test) merupakan metoda yang digunakan untuk menentukan apakah terdapat perbedaan dua rata-rata, yaitu harapan responden terhadap layanan perawat ruang Rawat Inap Rumah Sakit Azra Bogor dan pelayanan perawat ruang Rawat Inap Rumah Sakit Azra Bogor. Apabila hasil uji beda rata-rata terhadap atribut-atribut harapan dan penilaian prestasi kinerja perawat menghasilkan nilai signifikansi lebih kecil dari 0.6, maka atribut-atribut tersebut akan diikut sertakan dalam analisis kesenjangan untuk melihat lebih jauh perbedaan nilai harapan dan penilaian prestasi yang terjadi serta memperoleh gambaran mengenai tingkat kepuasan responden masing-masing atribut mutu pelayanan tersebut. Dalam analisis kepuasan terhadap layanan jasa, dilakukan uji beda rata-rata (T-Test) (pasien, perawat) antara variabel harapan dengan variabel penilaian prestasi atas layanan yang diberikan ruang Rawat Inap Rumah Sakit Azra Bogor . Asuhan Keperawatan di Rumah Sakit Azra Bogor terutama di ruang perawatan sudah sesuai dengan yang diharapkan pasien. Dengan tingkat pendidikan D III, para perawat sudah mampu berperan sebagai perawat pelaksana dan sebagai pengelola pasien diruang rawat inap. Hal ini dapat ditunjukkan dengan kemampuan perawat dalam mencari solusi dan membuat keputusan yang efektif dan tepat dalam menangani masalah, kemampuan bekerjasama yang baik antar perawat dalam team kerja, kesediaan perawat dalam membantu untuk team kerjanya, dan perilaku yang baik dari perawat. Hasil kajian kinerja perawat menghasilkan beberapa strategi yang harus diperhatikan pihak manajemen guna peningkatan kinerja perawat ruang rawat inap Rumah Sakit Azra Bogor adalah 1) Pihak manajemen harus mempertahankan : kerjasama team yang baik dari perawat, kesediaan membantu antar perawat untuk team kerjanya, perilaku yang baik dari perawat, disiplin kerja yang tinggi dari perawat, serta kesadaran yang tinggi dari perawat akan kebersihan di lingkungan kerjanya. 2) Pihak manajemen harus melakukan pembenahan pada : kemampuan perawat dalam menyelesaikan tugas tepat waktu. 3) Hasil dari penelitian ini menyarankan bahwa asuhan keperawatan mutlak harus dilakukan seorang profesi perawat dalam melakukan profesinya baik sebagai pelaksana, pendidik, pengelola, maupun sebagai peneliti. Dalam rangka menyempurnakan informasi kepada pihak manajemen Rumah Sakit Azra Bogor perlu dilakukan penelitian pada sisi input yaitu identifikasi masalah penyakit, kebutuhan dasar pasien, menentukan prioritas tindakan terhadap pasien, dan kemampuan perawat dalam menjalankan profesinya. Sedangkan pada sisi proses perlu dilakukan penelitian lebih mendalam terhadap Asuhan Keperawatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien Ruang Rawat Inap, Rumah Sakit Azra Bogor, Asuhan Keperawatan, Profesi Perawat.
Subjects: Manajemen Sumber Daya Manusia
Depositing User: SB-IPB Library
Date Deposited: 04 Apr 2014 01:20
Last Modified: 12 Sep 2014 08:18
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/1786

Actions (login required)

View Item View Item