Analisis positioning mesin foto copy canon pada pt. karya banta

Ginting, Ronald Ediyanta (2009) Analisis positioning mesin foto copy canon pada pt. karya banta. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
PDF
E28-01-Ronald-Cover.pdf - Published Version

Download (334kB)
[img]
Preview
PDF
E28-02-Ronald-Abstract.pdf - Published Version

Download (313kB)
[img]
Preview
PDF
E28-03-Ronald-Ringkasan.pdf - Published Version

Download (319kB)
[img]
Preview
PDF
E28-04-Ronald-Daftarisi.pdf - Published Version

Download (324kB)
[img]
Preview
PDF
E28-05-Ronald-Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (678kB)
Official URL: http://elibrary.mb.ipb.ac.id

Abstract

Setiap perusahaan pasti mempunyai target atau tujuan yang akan dicapai. Dalam memenuhi target tersebut, perusahaan akan menghadapi persaingan yang di dalamnya melibatkan perusahaan-perusahaan lain yang menjadi pesaing. Untuk itu diperlukan strategi pemasaran yang tepat. Dalam membuat strategi pemasaran yang tepat, hendaknya perusahaan mengenali segala kekuatan dan kelemahan yang terdapat di dalam perusahaan, disamping mengenali peluang dan ancaman yang berasal dari lingkungan luar perusahaan yang sewaktu-waktu dapat berubah. Dalam rangka untuk menghadapi perubahan yang terjadi di lingkungan luar perusahaan, maka perusahaan sebaiknya menyadari bahwa produk yang ditawarkan pada konsumen harus memiliki perbedaan terhadap produk pesaing, sehingga perbedaan tersebut diharapkan dapat membentuk suatu citra atau image yang khusus di benak konsumen (persepsi konsumen). Strategi positioning secara umum dilakukan oleh setiap perusahaan, termasuk perusahaan yang menyediakan jasa penyewaan mesin foto kopi seperti PT. Karya Banta. Untuk membentuk suatu citra yang khusus tersebut maka diperlukan sebuah strategi positioning yang tepat. Salah satu merek mesin fotokopi yang banyak digunakan di pasaran adalah Canon, yang memiliki kelebihan dalam hal spare part yang mudah didapat dan harga yang terjangkau, harga penawaran penyewaan yang kompetitif, dan perawatan mesin yang tidak rumit. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah : (1) Bagaimana persepsi konsumen terhadap mesin foto kopi canon tersebut?, (2) Bagaimana perilaku konsumen PT. Karya Banta terhadap mesin fotokopi Canon tersebut? (3) Bagaimana alternatif dan implikasi strategi positioning yang sesuai dengan posisi bisnis saat ini? Pengambilan sampel dilakukan dengan metode tidak acak (non probability sampling) berdasarkan teknik convenience, yang dilakukan mulai bulan mei sampai juni 2009. Analisis Fishbein untuk mengetahui atribut utama mesin fotokopi dan analisis Biplot untuk mengetahui persepsi responden terhadap mesin fotkopi, analisis deskriptif untuk perilaku responden terhadap keputusan pembelian. Adapun atribut yang dianalisis terdiri dari enam atribut yaitu Kepopuleran merek, Harga sewa yang murah, Kualitas hasil yang baik, Ketersediaan spare part yang terjaga, Kualitas layanan teknik yang prima, Kemampuan teknik dari mesin yang sesuai dengan harapan. Hasil analisis Fishbein menunjukkan urutan atribut yang dipentingkan oleh responden penyewa mesin fotokopi. Adapun atribut-atribut tersebut secara berurutan mulai dari yang paling penting adalah Kemampuan teknik dari mesin yang sesuai dengan harapan, Kualitas hasil yang Baik, Harga sewa yang murah, Ketersediaan spare part yang terjaga, Kualitas layanan teknik yang prima, Kepopuleran merek. Berdasarkan hasil analisis Biplot dapat diketahui bahwa mesin fotokopi Canon dipersepsikan oleh konsumennya memiliki kedekatan dengan atribut Kepopuleran merek, Harga sewa yang murah, Kualitas hasil yang baik, Ketersediaan spare part yang terjaga, Kualitas layanan teknik yang prima, Kemampuan teknik dari mesin yang sesuai dengan harapan, namun atribut kepopuleran merek lebih dekat dengan mesin fotokopi Xerox, sehingga mesin fotokopi Xerox memiliki keunggulan dalam hal kepopuleran merek dibandingkan dengan mesin fotokopi Canon. Mesin fotokopi Xerox juga merupakan pesaing terdekat dari mesin fotokopi Canon. Berdasarkan hasil analisis CSI, tingkat kepuasan yang diperoleh oleh mesin fotokopi Canon berada pada level sangat puas. Skor tingkat kepuasan rata-rata yang diperoleh mesin fotokopi Canon lebih tinggi dibandingkan dengan mesin fotokopi Xerox. Perilaku konsumen mesin fotokopi Canon dalam melakukan keputusan penyewaan adalah cukup aktif. Sebagian besar konsumen atau 36,3 persen beranggapan bahwa sumber informasi yang paling dipercaya untuk penggunaan mesin fotokopi adalah perusahaan lain. Sebagian besar penyewa mesin fotokopi (70 persen) juga mengatakan bahwa tidak berkeinginan untuk menyewa merek mesin fotokopi lain. Sebagian besar konsumen penyewa mesin fotokopi juga menyatakan kepercayaan mereka terhadap keaslian spare part yang digunakan mesin fotokopi Canon (86,3 persen). Sebagian besar responden juga menggunakan mesin fotokopi Canon setelah menyewa mesin fotokopi merek Xerox atau Minolta. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa dalam penerapan positioning mesin fotokopi Canon maka perlu dikedepankan atribut-atribut yang menjadi keunggulan dari mesin fotokopi Canon yaitu Kepopuleran merek, Harga sewa yang murah, Kualitas hasil yang baik, Ketersediaan spare part yang terjaga, Kualitas layanan teknik yang prima, Kemampuan teknik dari mesin yang sesuai dengan harapan. Positioning yang diungkapkan melalui suatu positioning statement tidak harus memuat keenam komponen tersebut. Positioning statement dapat berupa kombinasi yang menarik dari beberapa komponen atribut. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat lebih spesifik lagi yaitu mencakup berbagai macam tipe mesin fotokopi Canon secara khusus misalnya IR-6000, dan lain sebagainya.. Pada masa yang akan datang juga terbuka peluang bagi penelitian tentang kekuatan merek (brand equity), loyalitas dan marketing mix mesin fotokopi khususnya Canon.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Positioning, Mesin Fotokopi, Fishbein, Biplot, CSI dan Descriptive Analysis Positioning, photocopy machine, fishbein, biplot, CSI and descriptive analysis
Subjects: Manajemen Pemasaran
Depositing User: SB-IPB Library
Date Deposited: 08 Apr 2014 04:42
Last Modified: 30 Oct 2014 01:56
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/1824

Actions (login required)

View Item View Item