Perancangan alternatif strategi untuk unit bisnis cargo di pt. nusantara card semesta (ncs)

Permadi, Hendra Baskara (2009) Perancangan alternatif strategi untuk unit bisnis cargo di pt. nusantara card semesta (ncs). Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
PDF
R37-01-Hendra-Cover.pdf - Published Version

Download (335kB)
[img]
Preview
PDF
R37-02-Hendra-Abstract.pdf - Published Version

Download (310kB)
[img]
Preview
PDF
R37-03-Hendra-Ringkasan.pdf - Published Version

Download (319kB)
[img]
Preview
PDF
R37-04-Hendra-Daftarisi.pdf - Published Version

Download (326kB)
[img]
Preview
PDF
R37-05-Hendra-Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (659kB)
Official URL: http://elibrary.mb.ipb.ac.id

Abstract

Permasalahan yang mendasari penelitian ini adalah semakin menurunnya performa dari unit bisnis Cargo di PT. NCS. Hal ini terbukti dengan menurunnya profit margin yang diraih oleh unit Cargo NCS, bahkan di bawah dari target yang telah ditetapkan oleh pihak manajemen NCS, yakni 10% - 15%. Namun di sisi lain, sebenarnya jumlah transaksi di unit Cargo NCS meningkat dengan pesat dari tahun ke tahun. Dari latar belakang diatas, maka tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi berbagai faktor strategis internal dan eksternal yang mempengaruhi menurunnya performa unit Cargo NCS, menciptakan beberapa alternatif strategi untuk unit Cargo NCS, serta menentukan urutan prioritas dari seluruh strategi yang telah tercipta untuk unit Cargo NCS. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari dan Maret 2009 bertempat di Kantor Pusat PT. NCS. Di dalam penelitian ini, data-data primer diperoleh dengan cara wawancara langsung dan pengisian kuesioner oleh para responden pakar. Data-data sekunder diperoleh melalui kegiatan observasi langsung di Kantor NCS dan studi pustaka. Analisis data dengan cara melakukan identifikasi faktor internal dan eksternal, melakukan analisis SWOT, serta melakukan analisis QSPM. Pada penelitian ini, berdasarkan hasil dari proses identifikasi faktor-faktor strategis, maka telah teridentifikasi 9 faktor internal (terdiri dari 7 kekuatan dan 2 kelemahan) yang mempengaruhi performa unit Cargo NCS. Faktor kekuatan internal terdiri dari jumlah SDM yang sesuai dengan kebutuhan, kualitas SDM yang cukup baik, jumlah armada kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan, hubungan kekeluargaan dan komunikasi internal yang baik di NCS, berbagai penghargaan yang pernah diraih NCS, serta NCS telah memiliki seragam dan kendaraan kurir yang diberi logo perusahaan. Sedangkan faktor kelemahan internal terdiri dari kurang baiknya teknologi IT dalam hal reporting status kiriman barang kargo, dan pangsa pasar unit Cargo NCS yang tidak begitu besar dibandingkan perusahaan jasa kurir sekelasnya. Selain itu, telah teridentifikasi pula 15 faktor eksternal (terdiri dari 6 peluang dan 9 ancaman) yang mempengaruhi performa unit Cargo NCS. Faktor peluang eksternal terdiri dari birokrasi di Indonesia yang cukup baik, adanya bantuan armada kendaraan dari pihak luar, penilaian customer yang cukup baik tentang performa unit Cargo NCS, berbagai penemuan biofuel, banyaknya transaksi baru untuk unit Cargo NCS, serta adanya kerjasama dengan perusahaan kapal laut. Sedangkan faktor ancaman eksternal terdiri dari adanya kebijakan pemerintah yang merugikan, para SDM dari pihak luar yang kinerjanya kurang baik, rendahnya nilai tukar Rupiah (Rp), mahalnya harga BBM dan peralatan maintenance kendaraan, kondisi transportasi di Indonesia yang kurang baik, sikap dan perilaku customer unit Cargo NCS, adanya perbedaan waktu di Indonesia, kondisi cuaca yang sering kurang bersahabat, serta hanya tersedianya armada berupa pesawat terbang penumpang untuk unit Cargo NCS dari pihak penerbangan. Pada tahap pencocokkan untuk menciptakan berbagai strategi pengembangan dengan analisis SWOT, tercipta 18 strategi yang terdiri dari 7 strategi SO (kekuatan – peluang), 5 strategi ST (kekuatan – ancaman), 3 strategi WO (kelemahan – peluang), dan 3 strategi WT (kelemahan – ancaman). Adapun strategi-strategi SO yang telah tercipta adalah berpromosi di media televisi, mengadakan monitoring lebih ketat terhadap kondisi kendaraan dan SDM, mengadakan acara gathering secara berkala, bekerja sama dengan perusahaan speed boat, menggunakan biofuel pada armada kendaraan NCS, berpromosi dengan melakukan tour keliling daerah, serta mengadakan training tentang communication skills untuk para kurir NCS. Strategi-strategi ST yang telah tercipta adalah selalu melakukan konfirmasi tentang kebenaran alamat para customer, menerapkan sistem pengemasan double-packing, melakukan negosiasi dengan pihak luar untuk mengawasi kinerja SDM pihak luar, adakan “reward & punishment” yang tegas untuk para kurir NCS dalam hal maintenance kendaraan dan pematuhan rambu lalu-lintas, serta menghimbau para SDM di NCS agar menghemat segala penggunaan fasilitas kantor. Strategi-strategi WO yang telah tercipta adalah memperluas pangsa pasar dengan cara memanfaatkan birokrasi yang baik di Indonesia, melakukan pendekatan dengan para calon customer baru, serta meng-up-grade kemampuan IT unit Cargo NCS dalam hal reporting status kiriman barang kargo. Strategi-strategi WT yang telah tercipta adalah merubah sistem perhitungan “goods travelling time”, bekerja sama dengan perusahaan pesawat terbang khusus barang, serta bekerja sama dengan pihak bandara atau BMG. Berdasarkan hasil perhitungan matriks QSPM terhadap ke-18 alternatif strategi tersebut, pada akhirnya terpilihlah strategi “berpromosi dengan melakukan tour keliling daerah” sebagai strategi prioritas pertama untuk unit Cargo NCS, dengan total nilai 5,245. Namun ke-17 strategi lainnya yang diperhitungkan di dalam QSPM, juga harus diupayakan untuk dilaksanakan oleh NCS, karena pada dasarnya seluruh strategi tersebut dianggap menarik dan diprediksi dapat memberi pengaruh positif terhadap unit Cargo NCS.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategy alternatives, internal factor and external factor, SWOT analysis, QSPM analysis. Alternatif strategi, identifikasi faktor internal dan eksternal, analisis SWOT, analisis QSPM.
Subjects: Manajemen Strategi
Depositing User: SB-IPB Library
Date Deposited: 11 Apr 2014 07:44
Last Modified: 16 Oct 2014 08:30
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/1845

Actions (login required)

View Item View Item