Analisis perancangan sistem pengukuran kinerja penyelenggaraan paud di yayasan fitrah hanniah

Azizah, Kumiko (2013) Analisis perancangan sistem pengukuran kinerja penyelenggaraan paud di yayasan fitrah hanniah. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
Text
E37-01-Kumiko-Cover.pdf - Published Version

Download (460kB)
[img]
Preview
Text
E37-02-Kumiko-Abstract.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img]
Preview
Text
E37-03-Kumiko-Ringkasan.pdf - Published Version

Download (173kB)
[img]
Preview
Text
E37-04-Kumiko-Daftarisi.pdf - Published Version

Download (181kB)
[img]
Preview
Text
E37-05-Kumiko-Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (266kB)
[img]
Preview
Text
E37-06-Kumiko-Daftarpustaka.pdf - Published Version

Download (192kB)
[img] Text
Tesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://library.mb.ipb.ac.id

Abstract

Di Indonesia, perhatian terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mulai meningkat akhir-akhir ini, setelah pemerintah menetapkan standar pendidikan anak usia dini. Perhatian tersebut lebih terfokus lagi setelah tahun 2011 dijadikan sebagai Gerakan Paudnisasi, sehingga dapat mendongkrak perhatian berbagai pihak, baik secara formal, informal, maupun nonformal. Untuk mendukung ketercapaian dalam penyelenggaraan paud tentunya harus didukung oleh manajemen dari PAUD itu sendiri. Pembenahan manajemen juga diperlukan karena PAUD memegang peranan sangat penting dalam mengembangkan dan menyiapkan peserta didik secara utuh dan menyeluruh. Pengukuran kinerja merupakan faktor penting dalam mengembangkan organisasi secara efisien dan efektif. PAUD Kiddy Place Yayasan Fitrah Hanniah memiliki kewajiban untuk membantu memudahkan manajemen dalam pengelolaan yayasan. Salah satu pendekatan untuk melakukan pengukuran kinerja adalah metode Balanced Scorecard, yang merupakan sistem pengukuran kinerja yang dapat diaplikasikan diorganisasi sektor publik. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Menjabarkan visi, misi dan strategi PAUD Kiddy Place Yayasan Fitrah Hanniah ke dalam sasaran strategis pada keempat perspektif Balanced Scorecard, 2) Menentukan Key Performance Indicator (KPI), target, inisiatif strategi dan peta strategi apa yang dapat diterapkan oleh PAUD Kiddy Place Yayasan Fitrah Hanniah, dan 3) Menyusun peta strategi PAUD Kiddy Place Yayasan Fitrah Hanniah. Penelitian dilaksanakan di PAUD Kiddy Place Yayasan Fitrah Hanniah pada bulan Oktober sampai dengan Desember 2012. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data skunder. Data primer adalah data yang digali dari responden meliputi persepsi pelanggan atas pelayanan dan proses internal, persepsi pegawai terhadap proses pembelajaran dan pertumbuhan. Data skunder adalah data yang telah tersedia, dikumpulkan dan diolah oleh pihak lain yang dalam penelitian ini meliputi data tentang target anggaran dan realisasi anggaran. Teknik pemilihan responden untuk keperluan data primer berupa kuesioner dimana semua pihak yang menjadi responden adalah yang memahami tentang PAUD Kiddy Place dan Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD yang memang terlibat didalam proses pembelajaran sehingga dapat memberikan masukkan terhadap analisis perancangan sistem pengukuran kinerja penyelenggaraan PAUD dengan menggunakan Balanced Scorecard. Responden dalam penelitian ini adalah pihak eksternal (orangtua peserta didik) dan pihak internal (yang masuk dalam struktur organisasi dan Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD). Dalam merancang indikator atau ukuran kinerja PAUD Kiddy Place digunakan metode Balance Scorecard. Dengan metode ini akan ditetapkan sasaran strategis, KPI, target dan inisiatif strategik. Untuk penyusunan peta strategi dengan menggunakan metode Analytic Network Process (ANP). Cara analisis dari model tersebut adalah sebagaimana teori dalam ANP, yaitu dengan menggunakan analisis cluster (elemen) dan antar node (sub elemen). Analisis selanjutnya adalah membentuk sebuah jejaringan umpan balik untuk setiap hierarki control.Perancangan Balanced Scorecard PAUD Kiddy Place mengacu pada prinsip Balanced Scorecard yang dikembangkan oleh Kaplan dan Norton yaitu dengan menggunakan empat perspektif dalam mengukur kinerja PAUD Kiddy Place yaitu perspektif pelanggan, perspektif keuangan, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan serta perspektif keuangan. Berdasarkan hasil pengembangan Balanced Scorecard PAUD Kiddy Place Yayasan Fitrah Hanniah diperoleh 16 (enam belas) sasaran strategis untuk masing-masing perspektif. Untuk perspektif pelanggan yang paling penting adalah kualitas peserta didik yang dihasilkan dan penyelenggaraan PAUD. Untuk perspektif keuangan yang paling penting adalah penghematan biaya. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan yang paling penting adalah pengembangan kurikulum, silabus dan RPP. Dan perspektif proses internal yang paling penting adalah program kegiatan. Dari hasil wawancara terstruktur ditetapkan 33 (tiga puluh tiga) KPI, target dan insiatif strategis. KPI dengan penilaian sangat kurang baik adalah peningkatan pendapatan dari donatur. KPI dengan penilaian kurang baik adalah pemanfaatan SIM kepegawaian dan keuangan yang belum berbasis web namun sudah menggunakan komputer, sedangkan KPI yang datanya belum tersedia adalah peningkatan pendapatan dari bantuan, pengurangan total pengeluaran, terdapatnya gedung dan peralatan baru penunjang proses pembelajaran dan jumlah kerjasama penelitian dan pelatihan. Sementara hasil pembobotan ANP, perspektif pelanggan memiliki kepentingan/ prioritas paling tinggi dengan nilai 0,560 ,diikuti dengan perspektif keuangan dengan nilai 0,265 ,diikuti dengan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dengan nilai 0,089 serta perspektif proses internal dengan nilai 0,081. Implikasi manajerial yang dapat dilakukan berdasarkan perancangan Balanced Scorecard PAUD Kiddy Place beberapa diantaranya pertama, Balanced Scorecard yang terbentuk merupakan representasi dari sasaran strategi lembaga yang telah disusun, kedua, pemilihan dan penerapan Balanced Scorecard sebagai alat pengukuran kinerja harus ditunjang oleh komitmen yang kuat dari manajemen, ketiga, kepada seluruh karyawan akan dilakukan sosialisasi tentang konsep Balanced Scorecard dan diterapkan dalam aktivitas sehari-hari sehingga konsep ini dapat dipahami dan diterima. Pada hasil simulasi pengukuran KPI Balanced Scorecard di PAUD Kiddy Place diperoleh kesimpulan bahwa didominasi penilaian sangat baik, namun masih juga ditemukan penilaian sangat kurang baik dan kurang baik sehingga dibutuhkan keterlibatan penuh dan konsisten dalam penerapan Balanced Scorecard. Selanjutnya adanya dukungan dari pemerintah khususnya pemerintah daerah dalam melakukan pengukuran kinerja baik itu dilingkungan intern maupun kepada instansi-instasi terkait lainnya agar pola manajemen selama ini dapat diperbaiki secara bertahap. Dan penelitian selanjutnya diharapkan dapat melakukan pembobotan sampai pada KPI dan juga kinerja individu (human resource scorecard) sehingga pengukuran kinerja akan lebih komprehensif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Balanced Scorecard, Strategic Goal, Key Performance Indicator, Analytic Network Process, Strategic Map, Sasaran Strategis
Subjects: Manajemen Strategi
Depositing User: SB-IPB Library
Date Deposited: 14 Apr 2014 09:18
Last Modified: 28 Nov 2019 12:03
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/1847

Actions (login required)

View Item View Item