Analisis dan model strategi peningkatan daya saing produk edamame beku

Kurniasanti, Sandry As Alief (2014) Analisis dan model strategi peningkatan daya saing produk edamame beku. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
Text
10EK-01-Sandryas-Cover.pdf - Published Version

Download (345kB)
[img]
Preview
Text
10EK-02-Sandryas-Ringkasan.pdf - Published Version

Download (341kB)
[img]
Preview
Text
10EK-03-Sandryas-Summary.pdf - Published Version

Download (315kB)
[img]
Preview
Text
10EK-04-Sandryas-Daftarisi.pdf - Published Version

Download (428kB)
[img]
Preview
Text
10EK-05-Sandryas-Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (708kB)
[img] Text
Tesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://elibrary.mb.ipb.ac.id

Abstract

Kabupaten Jember merupakan sentra daerah pertanian dan perkebunan. Tanaman kedelai merupakan komoditas utama yang bersaing ketat dengan produksi jagung. PT Mitratani Dua Tujuh mencoba untuk mencari terobosan baru yaitu dengan mengolah edamame menjadi edamame beku siap makan yang fokus pada pasar ekspor. Masalah yang dihadapi oleh PT MT 27 adalah belum bisa menyediakan produk untuk pasar domestik dan pasar ekspor, dan juga belum mampu menembus beberapa pasar di Eropa, dan Australia. Hal ini dikarenakan masyarakatnya yang tidak mudah menerima produk baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis daya saing dan merumuskan prioritas alternatif strategi peningkatan daya saing produk edamame beku di PT MT 27. Teori yang digunakan meliputi penjelasan singkat mengenai manajemen strategi, analisis daya saing, dan analisis persaingan usaha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Revealed Comparative Advantage (RCA) untuk mengetahui kinerja ekspor dari produk edamame beku di pasar dunia, kemudian menganalisis faktor persaingan dengan menggunakan Diamond Porter’s Theory. Alternatif strategi dihasilkan dari analisis SWOT dan ditentukan prioritasnya dengan menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa prioritas alternatif strategi peningkatan daya saing produk edamame beku PT MT 27 secara berurutan meliputi: (1) diversifikasi pasar, (2) diversifikasi produk, (3) meningkatkan kerjasama luar negeri, (4) pengembangan divisi Research and Development, (5) mengembangkan program CSR (Corporate Social Responsibility), (6) pengelolaan keuangan secara baik dan benar, serta (7) mengembangkan areal pertanian yang berbasis rumah kaca untuk menghindari cuaca buruk karena beriklim tropis. Implikasi Manajerial dari penelitian ini adalah mengembangkan pasar yang sudah ada, dan mengembangkan jenis produk yang diproduksi untuk memenuhi selera pasar ekspor dan juga penghematan biaya produksi. Mengembangkan areal pertanian rumah kaca untuk mengurangi dampak kerugian produksi karena serangan hama dan penyakit, serta meningkatkan kinerja divisi research and development untuk menemukan varietas kedelai edamame yang baru yang cocok untuk dikembangkan di Indonesia yang beriklim tropis.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: daya saing, edamame beku, Mitratani Dua Tujuh, strategi daya saing competitiveness, frozen edamame, Mitratani Dua Tujuh, competitiveness strategies
Subjects: Manajemen Strategi
Depositing User: SB-IPB Library
Date Deposited: 12 Dec 2014 01:05
Last Modified: 15 Nov 2019 06:32
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/2142

Actions (login required)

View Item View Item