Pengaruh kepuasan komunikasi terhadap motivasi kerja karyawan pada pd.bank perkreditan rakyat bank pasar bogor

Siregar, Taufiq Azhary (2014) Pengaruh kepuasan komunikasi terhadap motivasi kerja karyawan pada pd.bank perkreditan rakyat bank pasar bogor. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
Text
R49-01-Taufiq-Cover.pdf - Published Version

Download (370kB)
[img]
Preview
Text
R49-02-Taufiq-Ringkasan.pdf - Published Version

Download (363kB)
[img]
Preview
Text
R49-03-Taufiq-Summary.pdf - Published Version

Download (360kB)
[img]
Preview
Text
R49-04-Taufiq-Daftarisi.pdf - Published Version

Download (382kB)
[img]
Preview
Text
R49-05-Taufiq-Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (674kB)
[img] Text
Tesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (872kB)
Official URL: http://elibrary.mb.ipb.ac.id

Abstract

Indonesia memiliki sektor usaha mikro, kecil dan menengah yang sangat besar. Bank perkreditan rakyat merupakan Bank yang berperan penting dalam pembiayaan usaha mikro, kecil, dan menengah. Tahun 2013 terjadi penutupan BPR di berbagai daerah di Indonesia dan salah satunya adalah BPR di kota Bogor. Penutupan BPR tersebut mengindikasikan adanya permasalahan di dalamnya, seperti ketidaklancaran komunikasi antar sesama pegawai BPR dan pegawai BPR dengan kreditur, yang diduga menyebabkan terjadinya kredit macet. Hasil penelitian Wahyuntoro (2012) menyatakan bahwa terdapat dua faktor yang menyebabkan kredit macet yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Salah satu faktor internal penyebab kredit macet tersebut adalah Manajemen Bank itu sendiri (Wahyuntoro 2012). Salah satu kegiatan manajemen tersebut adalah komunikasi, apabila komunikasi berjalan dengan baik maka kinerja Bank akan baik pula (Wahyuni 2009). Pengukuran kinerja keuangan triwulan ke-3 Tahun 2013 BPR se-kota Bogor yang dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan metode DEA (Data Envelopment Analysis) menunjukkan bahwa efisiensi kinerja keuangan PD BPR Bank Pasar Bogor sebesar 96 persen yang berarti kinerja keuangan belum efisien. Hal ini menginformasikan bahwa Bank dengan penyaluran kredit yang besar belum tentu mendapatkan pendapatan yang besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi komunikasi yang terjadi di PD BPR Bank Pasar Bogor dan melihat pengaruh kepuasan komunikasi terhadap motivasi kerja karyawan PD Bank Perkreditan Rakyat Bank Pasar Bogor serta merumuskan implementasi manajerial yang baik. Metode pengolahan data menggunakan analisis deskriptif dan PLS (Partial Least Square) dengan menggunakan software SmartPLS 2.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang terjadi pada PD BPR Bank Pasar Bogor adalah komunikasi ke bawah yaitu kegiatan alih pesan dari pimpinan kepada bawahan dilakukan secara terstruktur, kepuasan komunikasi para responden pada setiap indikator kepuasan komunikasi secara keseluruhan menunjukkan persepsi puas, motivasi yang mendominasi para responden adalah motivasi berprestasi, dan kepuasan komunikasi memiliki pengaruh terhadap motivasi kerja karyawan PD BPR Bank Pasar Bogor. Nilai R-square sebesar 61 persen menunjukkan bahwa variabel eksogen (kepuasan komunikasi) mampu menerangkan keragaman variabel endogen (motivasi) sebesar 61 persen. Hasil uji-t dengan nilai t hitung lebih besar dari t-tabel menyatakan bahwa hipotesis diterima dan terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel kepuasan komunikasi terhadap motivasi kerja. Implikasi manajerial yang dapat digunakan sebagai masukan adalah manajemen perlu mengadakan berbagai bentuk aktivitas yang dapat menunjang relasi komunikasi informal, selain komunikasi terstruktur.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: karyawan, kepuasan komunikasi, komunikasi, motivasi, Partial Least Square. Communication, Communication Satisfaction, employee, motivation, Partial Least Square.
Subjects: Manajemen Sumber Daya Manusia
Depositing User: SB-IPB Library
Date Deposited: 16 Dec 2014 06:54
Last Modified: 19 Nov 2019 03:16
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/2157

Actions (login required)

View Item View Item