Perumusan strategi pembiayaan usaha mikro kecil dan menengah pada pt.bank syariah x

Widhitomo, - (2014) Perumusan strategi pembiayaan usaha mikro kecil dan menengah pada pt.bank syariah x. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
Text
E40-01-Widhitomo-Cover.pdf - Published Version

Download (327kB)
[img]
Preview
Text
E40-02-Widhitomo-Ringkasan.pdf - Published Version

Download (316kB)
[img]
Preview
Text
E40-03-Widhitomo-Summary.pdf - Published Version

Download (315kB)
[img]
Preview
Text
E40-04-Widhitomo-Daftarisi.pdf - Published Version

Download (319kB)
[img]
Preview
Text
E40-05-Widhitomo-Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (396kB)
[img] Text
Tesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB)
Official URL: http://elibrary.mb.ipb.ac.id

Abstract

PT. Bank Syariah X merupakan salah satu bank syariah di Indonesia. Dalam tiga tahun terakhir, realisasi laba tidak mencapai target yang ditetapkan dan pertumbuhan laba yang dihasilkan berada di bawah rata-rata industri. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keuntungan adalah memberikan pembiayaan kepada sektor yang memiliki margin tinggi. Data Bank Indonesia menunjukkan margin rata-rata kredit perbankan ke Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) posisi September 2013 adalah setara dengan 13,97% sedangkan rata-rata kredit ke sektor lain untuk periode yang sama dengan rata-rata 11,26%. Pada Desember 2013, portofolio pembiayaan UMKM oleh PT. Bank Syariah X mencapai 82% dari total pembiayaan. Hal ini menunjukkan bahwa pembiayaan PT. Syariah X telah diberikan kepada sektor yang memiliki margin pembiayaan tinggi namun laba yang diperoleh tidak mencapai target dan pertumbuhan laba di bawah rata-rata industri. Kondisi ini membuat PT. Bank Syariah X perlu merumuskan strategi yang tepat untuk pembiayaan UMKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada delapan faktor strategis eksternal yang terdiri atas peluang dan ancaman yang dihadapi oleh PT. Bank Syariah X serta terdapat sebelas faktor strategis internal yang terdiri atas kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh PT. Bank Syariah X. Posisi perusahaan pada matriks IE berada di sel V, arah strategi untuk perusahaan yang berada pada sel V adalah penetrasi pasar dan pengembangan produk. Matriks SWOT menghasilkan delapan strategi alternatif. Strategi alternative yang ada diukur tingkat kemenarikannya dengan quantitative strategic planning matrix (QSPM). Hasil QSPM menunjukkan bahwa strategi alternatif peringkat 1 memiliki nilai total attractiveness score (TAS) 1,777 yaitu meningkatkan jumlah tenaga pemasaran dan memperbanyak cabang/jaringan di wilayah-wilayah potensial. Strategi alternatif peringkat kedua adalah Membuat program promosi pada segmen pembiayaan UMKM dengan lebih menarik melalui jemput bola pada nasabah dengan nilai 1,574. Strategi alternatif peringkat ketiga dengan nilai TAS 1,463 yaitu adanya sistem scoring/Internal Credit Risk Rating untuk pembiayaan dengan limit tertentu dengan parameter yang disepakati sebagai salah satu upaya percepatan proses pembiayaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: strategi pembiayaan, perbankan syariah, usaha mikro kecil dan menengah, quantitative strategic planning matrix financing strategic, shariah banking, micro small and medium enterprises, quantitative strategic planning matrix
Subjects: Manajemen Strategi
Depositing User: SB-IPB Library
Date Deposited: 16 Dec 2014 09:06
Last Modified: 14 Nov 2019 04:20
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/2164

Actions (login required)

View Item View Item