Business valuation sbu klub golf pt. xyz dengan metode discounted cash flow dan relative valuation

Dermawanto, Andry (2009) Business valuation sbu klub golf pt. xyz dengan metode discounted cash flow dan relative valuation. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
PDF
E27-01-Andry-Cover.pdf - Published Version

Download (392kB)
[img]
Preview
PDF
E27-02-Andry-Abstract.pdf - Published Version

Download (311kB)
[img]
Preview
PDF
E27-03-Andry-Ringkasaneksekutif.pdf - Published Version

Download (321kB)
[img]
Preview
PDF
E27-04-Andry-Daftarisi.pdf - Published Version

Download (321kB)
[img]
Preview
PDF
E27-05-Andry-Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (774kB)
Official URL: http://elibrary.mb.ipb.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan alternatif model yang lebih tepat dalam menentukan harga saham perdana sehingga dapat memprediksi range harga intrinsik saham unit bisnis klub golf dengan menggunakan model discounted cash flow (DCF) dan relative valuation (RV). Penelitian dilakukan di PT XYZ yang terletak di kantor pemasaran Perum Danau Bogor. Jenis data yang diperlukan untuk melakukan penelitian berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kuantitatif ini berupa laporan keuangan selama lima tahun yang telah diaudit maupun yang belum diaudit sedangkan data kualitatif merupakan data – data seperti business plan untuk beberapa tahun mendatang. Alat analisis yang digunakan adalah discounted cash flow dengan pendekatan model free cash flow to firm (FCFF) dan relative valuation dengan pendekatan model price earning ratio (PER). Menurut Damodaran (2002), terdapat tiga kategori pendekatan dalam melakukan penilaian usaha (business valuation) yaitu discounted cash flow, relative valuation dan contingent claim valuation. Pendekatan discounted cash flow menghubungkan nilai usaha suatu saham dengan mencari present value dari expected cash flow baik yang hanya berasal dari dividen (dividen discount model) atau dengan mencari arus kas bersih di masa yang akan datang (free cash flow). Relative valuation merupakan pendekatan dalam memperkirakan nilai saham dengan membandingkan harga suatu saham yang memiliki karakteristik usaha yang hampir sama seperti memperhatikan pendapatan, nilai buku atau penjualannya. PT XYZ, berdiri pertama kali pada tahun 1990 dengan nama PT ABC, yang merupakan grup dari satu bank. Kegiatan utama usahanya terdiri dari tiga unit bisnis yaitu klub golf , hotel novotel coralia dan residential. Namun karya akhir ini dibatasi hanya unit bisnis klub golf . Penentuan nilai intrinsik dengan pendekatan FCFF dilakukan dengan menggunakan data historis laporan keuangan selama lima tahun dan proyeksi laporan keuangan selama lima tahun kedepan dengan menggunakan dua skenario yaitu pessimist dan optimist. Hasilnya adalah total present value tahun 2008 sampai dengan 2012 sebesar Rp. 3.910.139.102 dengan skenario optimist dan 3.376.895.411,- dengan menggunakan skenario pessimist, sehingga disimpulkan bahwa nilai saham klub golf sebesar Rp. 11.256,- dan Rp.13.034. Valuasi dengan pendekatan PER dilakukan dengan menggunakan rata – rata industri properti, yang disesuaikan kembali dengan dilakukan perbandingan antara asset PT XYZ dan PT Sentul City, Tbk sehingga didapatkan nilai intrinsik harga saham klub golf sebesar Rp.17.346,-. Penilaian dengan kedua metode memberikan hasil yang berbeda. Perbedaan ini disebabkan karena metode DCF dapat memproyeksikan kondisi keuangan dimasa yang akan dating, sedangkan metode RV hanya memperhitungkan kondisi saat ini saja, yang dihitung dengan menggunakan data PER dan data laporan keuangan pada saat penelitian tanpa memperhatikan adanya distorsi perlakuan akuntasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Discounted Cash Flow, Relative Valuation, Business Valuation, Initial Public Offering (IPO), harga saham perdana.
Subjects: Manajemen Keuangan
Depositing User: Library
Date Deposited: 24 Dec 2011 05:39
Last Modified: 17 May 2016 03:14
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/223

Actions (login required)

View Item View Item