Strategi peningkatan daya saing pada pt.yss

Sutano, Yanto (2015) Strategi peningkatan daya saing pada pt.yss. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
Text
E41-01-Yanto-Cover.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E41-02-Yanto-Ringkasan.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E41-03-Yanto-Summary.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E41-04-Yanto-Daftarisi.pdf - Published Version

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E41-05-Yanto-Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (445kB) | Preview
[img] Text
Tesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://elibrary.sb.ipb.ac.id

Abstract

PT.YSS merupakan salah satu mitra PT. Astra Otoparts, tbk yang menggunakan merk Shop & Drive. PT. YSS membeli waralaba Shop & Drive dan telah resmi menjadi salah satu mitra. Shop & Drive berhasil menjalankan proses bisnisnya dalam industri spareparts fast moving. Akan tetapi dalam penjualannya PT. YSS mengalami fluktiatif dengan grafik yang cenderung menurun. PT.YSS percaya bahwa persaingan dalam bisnis suku cadang ini yang menjadi penyebab penurunan dari penjualan. Oleh karena itu diperlukan strategi daya saing perusahaan yang diwujudkan dalam pemberian nilai yang dirasakan dari pelayanan/service yang diberikan dan bukti fisik lainnya agar pelanggan merasa puas dan menjadi loyal terhadap perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengkaji internal dan eksternal PT. YSS, Menganalisa faktor-faktor prioritas dari analisis internal dan eksternal PT. YSS, dan Merumuskan strategi yang dapat implementasikan untuk meningkatkan daya saing PT. YSS di industri suku cadang fast moving otomotif. Metode yang dilakukan dengan menggunakan analisis faktor-faktor strategis eksternal yang terdiri dari politik, ekonomi, sosial/ budaya, teknologi, dan lingkungan. Analisis faktor strategis eksternal juga memasukkan analisis daya saing yang dilihat dari five force Porter. Analisis faktor strategis memanfaatkan analisis SWOT, IFE dan EFE, serta Matriks TOWS, sedangkan untuk menentukan prioritas strategi peneliti menggunakan AHP. Berdasarkan hasil penelitian identifikasi faktor internal perusahaan, kekuatan utama yang dimiliki perusahaan adalah Produk aki yang dihasilkan memiliki kualitas ekspor serta Produk yang ditawarkan memiliki garansi toko, sedangkan untuk kelemahan perusahaan adalah Promosi kurang dijalankan dengan baik. Untuk peluang utama yang dimiliki perusahaan adalah Permintaan dari konsumen wanita sangat tinggi serta Meningkatnya jumlah kendaraan bermotor yang ada di Bogor dan sekitarnya, sedangkan untuk ancaman perusahaan adalah Order barang ke pemasok sering mengalami keterlambatan dan sangat terbatas. Ada delapan alternatif strategi yang dipilih untuk pengembangan dan peningkatan daya saing perusahaan. 1) Pemanfaatan teknologi untuk peningkatan customer service, 2) Peningkatan pelayanan dan fasilitas khusus untuk wanita di shop & drive, 3) Peningkatan event promosi dalam penjualan aki bergaransi dan berdaur ulang, 4) Menggunakan e-commerce untuk peningkatan pemasaran dan efisiensi biaya, 5) Mencanangkan Green evironment untuk perusahaan, 6) Penambahan sistem baru yaitu one stop shopping, 7) Memaksimalkan kinerja SDM dengan memberikan pelatihan terkait sistem pemasaran, 8) Menciptakan produk dari perusahaan sendiri. Berdasarkan hasil strategi yang diperoleh dari penelitian ini, peneliti memberikan alternatif prioritas yang dapat digunakan perusahaan dan tercantum didalam implikasi manajerial didalam penelitian ini. Prioritas strategi yang dapat dilakukan perusahaan antara lain: perusahaan dapat menggunakan strategi 1) memaksimalkan kinerja SDM dengan memberikan pelatihan terkait sistem pemasaran sebagai prioritas strategi, kemudian 2) Peningkatan event promosi dalam penjualan aki bergaransi dan berdaur ulang, 3) Peningkatan pelayanan dan fasilitas khusus untuk wanita di Shop & Drive, 4) Pemanfaatan teknologi untuk peningkatan customer service, 5) Menggunakan e-commerce untuk peningkatan pemasaran dan efisiensi biaya, 6) penambahan sistem baru yaitu one stop shopping, 7) Menciptakan produk dari perusahaan sendiri, dan 8) Mencanangkan green environment.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 8(E41)Sut s
Uncontrolled Keywords: AHP, Daya Saing, EFE dan IFE, Matriks TOWS, Shop & Drive AHP, competitiveness, EFE and IFE, Matrix TOWS, Shop & Drive
Subjects: Manajemen Strategi
Depositing User: SB-IPB Library
Date Deposited: 20 Apr 2016 03:35
Last Modified: 12 Nov 2019 02:46
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/2230

Actions (login required)

View Item View Item