Analisis strategi distribusi produk teh siap saji pada cv.freshbrew mels beverages

Wiedjarnarko, Sally (2015) Analisis strategi distribusi produk teh siap saji pada cv.freshbrew mels beverages. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
Text
R50-01-Sally-Cover.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
R50-02-Sally-Ringkasan.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
R50-03-Sally-Summary.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
R50-04-Sally-Daftarisi.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
R50-05-Sally-Pendahuluan.pdf

Download (467kB) | Preview
[img] Text
Tesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB)
Official URL: http://elibrary.sb.ipb.ac.id

Abstract

Secara keseluruhan pertumbuhan produksi teh olahan meningkat rata-rata 6.78% setiap tahunnya. Semakin meningkatnya permintaan terhadap komoditi teh olahan menyebabkan perusahan makanan dan minuman semakin tertantang untuk bersaing menciptakan produk baru berbasis daun teh. CV. Freshbrew Mels Beverages adalah perusahaan yang bergerak di bidang minuman ringan yang memproduksi minuman teh dalam kemasan. Merek produknya adalah “Mary Teh” yang terdiri dari dua jenis minuman teh. CV. Freshbrew Mels Beverages belum memiliki sistem distribusi yang optimal dalam jumlah produk yang didistribusikan maupun biaya yang dikeluarkan, serta masih menggunakan jasa ekspedisi dalam menyalurkan produk mereka ke pasar, yaitu Jawa Tengah, Lampung dan Bali. Penggunaan jasa ekspedisi yang meningkatkan biaya distribusi menjadi cukup tinggi dapat menyebabkan tingginya harga produk jadi yang dipasarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) menganalisis sistem distribusi yang digunakan oleh CV. Freshbrew Mels Beverages dan 2) merumuskan strategi distribusi ke daerah pemasaran dengan biaya minimum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan pendekatan kuantitatif. Metode deskriptif meliputi analisis benchmarking, sedangkan pendekatan kuantitatif meliputi analisis marjin distribusi, Data Envelopment Analysis, Analytical Hierarchy Process, dan analisis finansial. Data yang diperlukan terbagi menjadi dua bagian yaitu data primer dan data sekunder. Data primer berupa hasil wawancara dan kuisioner, sumber data berasal dari Internal dan Eksternal CV. Freshbrew Mels Beverages. Data sekunder berupa laporan bulanan CV. Freshbrew Mels Beverages tahun 2014 dan tahun 2015, sumber data berasal dari internal CV. Freshbrew Mels Beverages dan studi literatur. Analisis benchmarking menunjukkan bahwa Orang Tua Group dengan merek produk “Teh Gelas” dan PT. Tang Mas dengan merek produk “Frutang” menerapkan saluran distribusi warehousing dan penggunaan distributor, CV. Budi Djaya Pekalongan dengan merek “Teh Bandulan” menerapkan saluran distribusi penggunaan distributor, dan CV. Freshbrew Mels Beverages menerapkan saluran distribusi forwarder. Analisis marjin distribusi menunjukkan bahwa wilayah distribusi dengan kinerja paling efisien adalah wilayah Jawa Tengah. Berdasarkan analisis matriks DEA, wilayah Jawa Tengah termasuk kelompok under performing, sedangkan wilayah Lampung dan Bali termasuk kelompok effectively managed but sales. Hasil dari analisis AHP menunjukkan bahwa faktor kritis yang berpengaruh terhadap tingginya biaya distribusi yang dikeluarkan adalah jumlah distributor resmi yang dimiliki oleh perusahaan. Analisis alternatif strategi dalam AHP menunjukkan bahwa alternatif dengan nilai tertinggi adalah dengan memperluas lokasi penjualan di daerah produksi. Analisis finansial investasi pembelian satu unit kendaraan barang menunjukkan bahwa perusahaan dapat mengembalikan biaya investasi dalam waktu 5 tahun 6 bulan, dengan nilai Net B/C sebesar 4.88, yang menunjukkan bahwa investasi layak untuk dijalankan. Strategi distribusi ke daerah pemasaran untuk menghasilkan biaya minimum dapat dilakukan dengan cara mengembangkan jaringan pasar, memilih alat transportasi dan jasa ekspedisi, memiliki distributor resmi, meningkatkan penjualan, dan pembangunan sistem manajemen yang terkoordinasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 6(50)Wie a
Uncontrolled Keywords: AHP, analisis finansial, benchmarking, DEA, distribusi, marjin distribusi. AHP, benchmarking, DEA, distribution, distribution margin, financial analysis.
Subjects: Manajemen Produksi dan Operasi
Depositing User: SB-IPB Library
Date Deposited: 21 Apr 2016 04:19
Last Modified: 12 Nov 2019 04:37
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/2254

Actions (login required)

View Item View Item