Strategi pengembangan usaha kopi spesial pada pt. sinar mayang lestari

Aknesia, Vharessa (2015) Strategi pengembangan usaha kopi spesial pada pt. sinar mayang lestari. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
Text
R50-01-Vharessa-Cover.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
R50-02-Vharessa-Summary.pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
R50-03-Vharessa-Ringkasan.pdf - Published Version

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
R50-04-Vharessa-Daftarisi.pdf - Published Version

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
R50-05-Vharessa-Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (806kB) | Preview
[img] Text
Tesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://elibrary.sb.ipb.ac.id

Abstract

Hasil penelitian National Coffee Association (NCA) memperlihatkan bahwa konsumsi kopi spesial saat ini sudah mencapai 30% dari konsumsi kopi di Amerika (Gaille 2013). Pola konsumsi masyarakat dunia saat ini sudah bergeser dari peminum kopi menjadi penikmat kopi. Konsumsi kopi diprediksi akan terus berkembang seiring pertumbuhan masyarakat kelas menengah. Penetrasi coffee shop specialty yang tumbuh sejak tujuh tahun terakhir juga memiliki peranan dalam peningkatan konsumsi kopi (Hidayat 2014). Indonesia memiliki beragam jenis kopi Arabika spesial yang tidak dimiliki oleh negara lain. Salah satu kopi spesial yang perlu dikembangkan adalah kopi Arabika Java Preanger yang berasal dari daerah Jawa Barat. Perusahaan yang saat ini memproduksi dan mengembangkan kopi tersebut adalah PT Sinar Mayang Lestari. PT Sinar Mayang Lestari didirikan pada 12 November 2012 untuk memperkenalkan jenis kopi Arabika Java Preanger ke pasar lokal dan internasional. Penelitian ini memiliki dua tujuan yaitu : (1) menganalisis keunggulan bersaing yang dimiliki oleh PT Sinar Mayang Lestari dan (2) merumuskan alternatif strategi bagi PT Sinar Mayang Lestari untuk mengembangkan usahanya di masa yang akan datang. Analisis rantai nilai menunjukkan bahwa perusahaan saat ini masih memiliki ketergantungan yang terhadap aktor-aktor yang berada di luar perusahaan. Jenis varietas yang digunakan dan banyaknya jumlah tanaman belum menghasilkan turut menjadi penyebab rendahnya produktivitas. Faktor cuaca juga ikut mempengaruhi tingkat produksi tanaman kopi. Perusahaan saat ini mengalami kesulitan dalam menyeragamkan mutu akibat lokasi beberapa petani mitra dan agen cukup jauh dari lokasi pabrik. Pendekatan berbasis sumberdaya dengan kerangka kerja VRIO digunakan untuk mengindentifikasi keunggulan yang dimiliki perusahaan saat ini. PT Sinar Mayang Lestari memiliki keunggulan bersaing yang bersifat sementara terhadap sumberdaya teknologi dan reputasi. Keunggulan tersebut perlu terus dikembangkan agar menjadi keunggulan bersaing berkelanjutan. Pada analisis transfer nilai terlihat bahwa nilai tambah yang dihasilkan oleh produk turunan dari biji kopi menjadi secangkir kopi memiliki jumlah yang terbesar di antara semua tahapan rantai nilai. Hal ini dapat menjadi pertimbangan bagi perusahaan dalam pengembangan usaha ke depannya. Faktor strategis eksternal dan internal dimasukkan ke dalam matriks SWOT untuk dikombinasikan dan menghasilkan enam alternatif strategi bagi perusahaan. Pilihan strategi tersebut dipilih dengan menggunakan AHP untuk mementukan bobot prioritasnya. Strategi yang menjadi prioritas utama adalah memperbanyak produksi kopi jenis natural dan honey, kemudian diikuti dengan strategi membangun coffee center di lokasi perkebunan untuk sharing knowledge dan inovasi kepada petani petani, meningkatkan kompetensi SDM di bidang perkebunan, pasca panen, dan promosi, membangun sistem manajemen secara bertahap, integrasi ke depan dengan membangun usaha kopi roasting dan bubuk dan memaksimalkan kemampuan lahan dan SDM yang dimiliki melalui riset dan pengembangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 2(50)Akn s
Uncontrolled Keywords: keunggulan bersaing, kopi spesial, rantai nilai, SWOT-AHP, VRIO. competitive advantage, specialty coffee, SWOT-AHP, value chain, VRIO.
Subjects: Manajemen Strategi
Divisions: Sekolah Bisnis > Perpustakaan
Depositing User: SB-IPB Library
Date Deposited: 26 Apr 2016 03:45
Last Modified: 29 Oct 2019 07:53
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/2283

Actions (login required)

View Item View Item