Perencanaan strategik bisnis baru jasa salon spa studi kasus cv.xyz di bogor

Azzuhro, Maslichah (2015) Perencanaan strategik bisnis baru jasa salon spa studi kasus cv.xyz di bogor. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
Text
R49-01-Maslichah-Cover.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
R49-02-Maslichah-Ringkasan.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
R49-03-Maslichah-Summary.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
R49-04-Maslichah-Daftarisi.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
R49-05-Maslichah-Pendahuluan.pdf

Download (728kB) | Preview
[img] Text
Tesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://elibrary.sb.ipb.ac.id

Abstract

Industri kecantikan seperti salon spa dan relaksasi merupakan industri yang terus mengalami pertumbuhan setiap tahunnya. Selain itu, industri ini merupakan industri life style yang siklus hidupnya pendek, mengikuti trend kecantikan dan gaya hidup dan sangat memperhatikan kualitas serta kebutuhan konsumen (Widjaja, 2010). CV. XYZ yang merupakan perusahaan pendatang baru masih dalam skala unit usaha kecil yang ingin bertahan dan berkembang dalam persaingan bisnis tersebut. Untuk dapat bertahan, berkembang dan bersaing, perusahaan berupaya mereformulasi konsep bisnis dari yang ada sekarang. Perusahaan perlu membuat perencanaan strategi untuk merumuskan strategi bisnis baru yang sesuai dengan kompetensi yang dimiliki perusahaan. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah membuat perencanaan strategik bisnis dengan (1) mengidentifikasi situasi bisnis perusahaan; (2) menganalisis daya tarik industri kecantikan salon dan spa untuk dapat menentukan posisi bisnis; (2) merumuskan strategi bisnis yang dapat digunakan oleh CV. XYZ termasuk didalamnya strategi operasional, pemasaran, dan sumber daya manusia. Perencanaan strategik berperan sebagai pedoman bagi perusahaan dalam menjalankan bisnisnya agar dapat tumbuh dan berkembang. Dalam penyusunan perencanaan tersebut, pendekatan yang dipilih dalam pembahasan adalah strategi bisnis SWOT, matrik IE dan matrik Daya Tarik Industri GE-McKinsey. Pendekatan ini untuk menganalisis struktur industri, mengenal pesaingnya dan mengidentifkasi posisi bisnis bagi perusahaan pendatang baru dalam industri kecantikan salon dan spa dan strateginya. Selain itu, ketiga pendekatan strategi tersebut digunakan untuk memperoleh strategi yang sesuai untuk perusahaan tanpa kehilangan esensi dari masing-masing strategi. Penelitian ini dilakukan selama bulan April hingga Juni 2014 di CV. XYZ dan salon spa sekitar Darmaga dan Bogor Kota. Sumber data primer dari internal organisasi (owner), karyawan perusahaan, dan konsumen salon CV. XYZ, konsumen dan karyawan dari salon spa yang lain yang tersebar di wilayah Dramaga dan Bogor Kota. Pemilihan responden dilakukan secara purposive sampling kepada satu orang internal perusahaan, 20 responden konsumen CV. XYZ, 40 responden konsumen salon spa lainnya, dan 20 responden yang belum pernah ke salon atau spa. Selain itu, dipilih 5 orang responden karyawan salon dan spa dengan kriteria ahli dan lama bekerjanya diatas dua tahun ditempat yang sama. Adapun, sumber untuk data sekunder seperti hasil riset, dan studi dokumentasi. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa perusahaan berada pada industri kecantikan salon dan spa di Bogor yang memiliki daya tarik yang tinggi. Namun, sebagai bisnis pendatang baru, CV. XYZ memiliki kekuatan bisnis rata-rata. Strategi pengembangan bisnis yang perlu dilakukan dalam upaya reformulasi konsep bisnis baru perusahaan adalah dengan strategi penetrasi pasar untuk merah peluang sebesar-besarnya. Reformulasi konsep bisnis baru yang sesuai dengan kompetensi perusahaan dengan menerapkan strategi fokus diferensiasi sebagai penyedia jasa totok. Pada kegiatan perencanaan strategi ini, visi dan misi perusahaan yang sekarang tidak sesuai dengan kondisi situasi bisnis dan kompetensi perusahaan. Dengan demikian, perusahaan perlu merumuskan kembali visi misi dan tujuannya yang sesuai dengan kondisi situasi bisnis dan strategi yang telah dirumuskan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 26(49)Azz p
Uncontrolled Keywords: Analisis daya tarik industri GE-McKinsey, analisis IE, analisis SWOT, strategi bersaing, variabel eksternal dan internal. Competitive strategy, external variable, GE-McKinsey analysis, IE analysis, Internal variable, SWOT analysis.
Subjects: Manajemen Strategi
Depositing User: SB-IPB Library
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:49
Last Modified: 30 Oct 2019 02:00
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/2303

Actions (login required)

View Item View Item