Evaluasi jasa pendidikan program pascasarjana di institut pertanian bogor

Laila, Ratu Anna Nazla (2015) Evaluasi jasa pendidikan program pascasarjana di institut pertanian bogor. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
Text
16EK-01-Ratu-Cover.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16EK-01-Ratu-Pendahuluan.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16EK-02-Ratu-Ringkasan.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16EK-03-Ratu-Summary.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16EK-04-Ratu-Daftarisi.pdf

Download (493kB) | Preview
[img] Text
Tesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://elibrary.sb.ipb.ac.id

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses yang dituntut untuk berkembang mengikuti berbagai perubahan dan perkembangan lingkungan. Agar pendidikan tinggi dapat berdaya saing di tingkat global, maka perguruan tinggi harus memperhatikan mutu pendidikannya dalam menghasilkan sumber daya manusia. Pendidikan yang berorientasikan mahasiswa dan evaluasi penyelenggaraannya merupakan paradigma pendidikan yang harus terus dibangun. Konsekuensi logis ini menjadikan Institut Pertanian Bogor (IPB) perlu melakukan penelitian tentang evaluasi jasa pelaksanaan pendidikan program pascasarjana, serta pengaruhnya terhadap kepuasan dan loyalitas mahasiswa. Loyalitas diasumsikan dengan kemampuan institusi untuk menarik mahasiswa baru dan mempertahankan mahasiswa yang sudah ada. Evaluasi jasa pendidikan yang diteliti mengikuti teori Parasuraman, et al. yang mengelompokkan mutu jasa ke dalam lima dimensi, seperti tangible (berwujud), realiability (keandalan), responsiveness (kesigapan), assurance (keyakinan) dan empathy (empati). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis kinerja mutu jasa pendidikan program pascasarjana IPB dan tingkat kepentingan, (2) menganalisis pengaruh mutu jasa pendidikan program pascasarjana IPB terhadap kepuasan dan loyalitas mahasiswa, (3) menganalisis pengaruh kepuasan terhadap loyalitas mahasiswa, dan (4) mengkaji implikasi manajerial dalam meningkatkan loyalitas mahasiswa. Evaluasi jasa menggunakan Importance Performance Analysis (IPA), Biplot dan Structural Equation Modelling-Partial Least Square (SEM-PLS). Jumlah responden sebanyak 200 mahasiswa dari dua kelompok program studi/mayor reguler berdasarkan rataan student intake/tahun. Hasil penelitian berdasarkan analisis IPA, dapat diketahui bahwa harapan mahasiswa pascasarjana IPB terhadap jasa pelaksanaan pendidikan sebagian besar telah terpenuhi, namun yang perlu ditingkatkan atribut tangible dan responsiveness. Evaluasi fakultas dengan menggunakan biplot menunjukkan bahwa secara relatif kinerja yang paling baik terhadap atribut maupun dimensi mutu jasa adalah program multidisiplin di bawah SPs IPB sebagai homebase-nya, sedangkan kinerja yang dipersepsikan secara relatif paling kecil adalah Fakultas Pertanian dan Fakultas Kedokteran Hewan. Selain itu, tingkat korelasi antar atribut dan dimensi mutu jasa cukup tinggi. Berdasarkan analisis SEM-PLS, diketahui bahwa mutu jasa berpengaruh nyata terhadap kepuasan mahasiswa, mutu jasa berpengaruh nyata terhadap loyalitas mahasiswa dan kepuasan berpengaruh nyata terhadap loyalitas mahasiswa. Selain itu, nilai R-Square untuk kepuasan adalah 0,500. Artinya, mutu jasa mempunyai kontribusi positif terhadap kepuasan 50% dan 50% dipengaruhi oleh faktor lain. Selanjutnya, nilai R-Square untuk loyalitas adalah 0,307. Artinya, loyalitas dipengaruhi secara positif oleh mutu jasa dan kepuasan sebesar 30,7% dan 69,3 % dipengaruhi oleh faktor lain. Implikasi manajerial dalam meningkatkan loyalitas mahasiswa pascasarjana IPB melalui peningkatan mutu jasa pendidikan yang menjadi prioritas utama dalam analisis tingkat kepentingan dan kinerja. Evaluasi fakultas dengan menggunakan biplot menunjukkan bahwa Fakultas Pertanian dan Fakultas Kedokteran Hewan harus lebih meningkatkan mutu jasa pelaksanaan pendidikan program pascasarjana. Dari hasil analisis SEM menunjukkan peningkatan mutu jasa dan kepuasan mahasiswa dapat meningkatkan loyalitas mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 2(16EK)Lai e
Uncontrolled Keywords: jasa pendidikan, program pascasarjana, evaluasi, IPB,Importance Performance Analysis, IPA, Structural Equation Modelling-Partial Least Square, SEM-PLS. educational service, graduate program, evaluation, IPB,
Subjects: Manajemen Sumber Daya Manusia
Depositing User: SB-IPB Library
Date Deposited: 29 Apr 2016 01:29
Last Modified: 31 Oct 2019 07:02
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/2314

Actions (login required)

View Item View Item