Analisis sikap toko ritel terhadap produk cat merek xyz dan pesaingnya

R. Pujiyono, . (2016) Analisis sikap toko ritel terhadap produk cat merek xyz dan pesaingnya. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
Text
E49-01-Pujiyono-Cover.pdf - Published Version

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E49-02-Pujiyono-Ringkasan.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E49-03-Pujiyono-Summary.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E49-04-Pujiyono-Daftarisi.pdf - Published Version

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E49-05-Pujiyono-Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (791kB) | Preview
[img] Text
Tesis full.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://elibrary.sb.ipb.ac.id

Abstract

Sikap konsumen merupakan faktor yang sangat penting bagi pengambilan keputusan konsumen dalam membeli produk (Asmoro 2011). Data internal perusahaan produsen cat merek XYZ menunjukkan tingkat pertumbuhan penjualan produk cat merek XYZ di toko ritel secara nasional selama tiga tahun (2012-2014) berkisar 2-3%, berada di bawah pertumbuhan ekonomi nasional (5-6%). Hal inilah yang menjadi latar belakang penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis sikap toko cat ritel pada atribut dalam dimensi produk, layanan dan promosi serta keterkaitannnya dengan pembelian produk cat merek XYZ. Penelitian ini dilakukan di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada bulan Juni 2015 menggunakan metode survei dan melibatkan 120 responden. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan Uji Cochran, Uji Validitas dan Uji Reliabilitas, analisis Multiatribut Fishbein, analisis Regresi dan analisis Biplot. Metode pengambilan contoh dilakukan secara non proportional stratified random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 17 atribut yang sah secara statistika dengan menggunakan analisis Cochran yang terdiri dari 5 atribut dalam dimensi produk, 8 atribut dalam dimensi layanan dan 4 atribut dalam dimensi upaya promosi. Hasil analisis Multiatribut Fishbein menunjukkan bahwa produk cat merek XYZ telah memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen pada atribut-atribut dalam dimensi produk, namun masih belum memenuhi harapan dan kebutuhan konsumen pada atribut-atribut dalam dimensi layanan dan promosi. Hasil analisis Biplot menunjukkan bahwa produk cat merek XYZ mempunyai penciri utama pada ketahanan warna, sedangkan penciri utama Pesaing 1 pada atribut kecepatan merespon dan kemudahan penggantian produk serta Pesaing 3 mempunyai penciri utama dalam hal atribut kemudahan pemesanan. Hasil analisis regresi menggunakan perangkat SPSS pada sikap konsumen terkait dimensi produk, layanan dan promosi produk cat merek XYZ terhadap tingkat pembelian cat merek XYZ oleh toko ritel menunjukkan bahwa sikap konsumen tidak berpengaruh secara signifikan (p >0.05). Hal ini menunjukkan bahwa sikap terhadap dimensi produk, layanan dan promosi tidak memiliki pengaruh yang kuat dan bahkan cenderung negatif. Hal ini disebabkan oleh kuatnya citra merek cat XYZ yang berdasarkan data internal perusahaan cat merek XYZ telah berhasil menciptakan permintaan cat merek XYZ yang tinggi dari konsumen akhir, sehingga tingkat pembelian cat merek XYZ tidak dipengaruhi oleh sikap toko ritel melainkan dipengaruhi oleh tingginya permintaan konsumen akhir. Hasil lain yang mendukung adalah analisis top of mind brand menunjukkan bahwa merek XYZ sebagai merek yang paling diingat pertama kali (87.5% responden), serta peringkat pembelian toko ritel terhadap cat merek XYZ menempati peringkat pertama pada 88% dari jumlah konsumen (106 responden), sehingga dapat dikatakan toko ritel tetap akan membeli cat merek XYZ meskipun tingkat layanan dan promosi cat merek XYZ lebih rendah dibandingkan dengan para pesaingnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: biplot, cat, Fishbein, peningkatan, penjualan, regresi, sikap. attitudes, biplot, Fishbein, growth, paints, regression, sales.
Subjects: Manajemen Pemasaran
Depositing User: SB-IPB Library
Date Deposited: 17 May 2016 04:52
Last Modified: 24 Oct 2019 03:50
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/2336

Actions (login required)

View Item View Item