Strategi peningkatan kualitas akademik melalui audit internal di departemen pemanfaatan sumberdaya perikanan fpik ipb

Masdi, Taufiq (2016) Strategi peningkatan kualitas akademik melalui audit internal di departemen pemanfaatan sumberdaya perikanan fpik ipb. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
Text
E13K-01-Masdi-Cover.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E13K-02-Masdi-Ringkasan.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E13K-03-Masdi-Summary.pdf - Published Version

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E13K-04-Masdi-Daftarisi.pdf - Published Version

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E13K-05-Masdi-Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (518kB) | Preview
[img] Text
Tesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Audit internal akademik merupakan salah satu instrumen dalam mencapai peningkatan kualitas. Audit internal adalah proses sistematik, independen, dan terdokumentasi untuk memperoleh bukti audit dan mengevaluasinya secara obyektif untuk menentukan sejauh mana kriteria audit di penuhi. Audit internal yang dilakukan IPB yaitu untuk mengukur kepatuhan dan perbaikan prosedur operasional program dan pengelolaan unit kerja sesuai ketentuan dan upaya-upaya pencapaian tujuan IPB. Hasil audit yang dilakukan auditor (KAI IPB) merupakan umpan balik bagi Program Studi dan Departemen untuk melakukan berbagai perbaikan, sehingga proses peningkatan mutu secara berkelanjutan terus berjalan dalam peningkatan kualitas akademik. Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan peran audit internal dalam peningkatan kualitas akademik di departemen PSP FPIK IPB, (2) menentukan efektifitas audit internal akademik dalam rangka continuous improvement mutu. dan (3) merumuskan strategi pengelolaan jaminan mutu akademik dalam rangka continuous improvement di Departemen PSP FPIK IPB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) audit internal dapat menggambarkan kualitas akademik Departemen PSP yang sebenarnya yaitu terjadi kencenderungan yang terus meningkat dari tahun ke tahun; (2) berdasarkan analisis SWOT, disusun 4 (empat) alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh Departemen PSP untuk pengembangan ke depan yaitu Strategi Strenght-Opporunities (SO) : Meningkatkan kegiatan promosi berbasis web, kanvasing, organisasi mahasiswa daerah, dan alumni. Melakukan continues improvement dalam proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Menerapkan kurikulum berbasis kompetensi. Meningkatkan peran forum komunikasi antara alumni, dan para lulusan baru untuk berbagi informasi tentang lowongan pekerjaan. (2) Strategi Weaknesess-Opportunities (WO) : Meningkatkan fungsi kontrol penyelesaian studi mahasiswa agar lebih banyak yang tepat waktu. Meningkatkan intensitas komunikasi dengan alumni, khususnya yang telah bekerja dalam bidang perikanan tangkap. Membina mahasiswa sejak dini untuk berwirausaha. (3) Strategi Strenght-Threats (ST) : Pengembangan Iptek dalam bidang Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan melalui pengembangan penelitian secara sistematis dan terarah. Pengembangan sarana dan prasarana pendidikan melalui pendekatan kerjasama baik dengan pihak stakeholder yang terkait maupun dengan pihak lain yang mempunyai kompeten terhadap pengembangan pemanfaatan sumberdaya perikanan. Peningkatan kualitas pendidikan melalui reformasi sistem pendidikan dan kurikulum ke arah pendidikan berbasis kompetensi dan pengembangan Quality Assurance. Dinamisasi kehidupan kemahasiswaan (intra dan ekstra kampus) melalui pembentukan wadah kemahasiswaan yang meningkatkan kreatifitas dan inovasi mahasiswa. (4) Strategi Weaknesess-Threats (WT) : Peninjauan kembali kurikulum setiap 4 tahun sekali dengan melibatkan stakeholder internal dan eksternal. Peningkatan suasana akademik dengan memberikan otonomi keilmuan kepada dosen melalui laboratorium-laboratorium yang ada di unit Bagian dalam lingkup Departemen PSP. Menyelaraskan penyelenggaraan akademik dengan kebutuhan stakeholders. Kesimpulan dari penelitian ini, Audit Internal berperan penting dalam meningkatkan kualitas akademik. Temuan dari audit internal menjadi umpan balik yang sangat efektif untuk melakukan perbaikan proses akademik. Audit internal dapat mendorong departemen untuk melakukan proses perbaikan yang terus menerus. Hasil audit setiap tahun ditindaklanjuti yang disertai dengan melakukan pengendalian internal oleh Gugus Kendali Mutu Departemen. Secara umum proses yang dilakukan menghasilkan capaian kinerja mutu akademik yang meningkat, terlihat dari beberapa indikator antara lain menurunnya masa studi, IPK, keseuaian bidang kerja, nilai EPBM dan menurunnya jumlah mahasiswa yang undur diri. Hasil dari audit internal dapat dijadikan salah satu acuan untuk menentukan strategi pengembangan Departemen selanjutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Audit internal akademik, Departemen PSP, Deskritif kualitatif dan analisis SWOT, Manajemen mutu. Academic Internal Audit, Department PSP, descriptive qualitative and SWOT analysis, Quality management.
Subjects: Manajemen Sumber Daya Manusia
Depositing User: SB-IPB Library
Date Deposited: 17 May 2016 06:05
Last Modified: 24 Oct 2019 01:18
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/2337

Actions (login required)

View Item View Item