Efektivitas dan strategi pebelajaran praktikum berbasis produksi pada workshop teknik bangunan universitas pendidikan indonesia

Ariyanto, Yayan (2016) Efektivitas dan strategi pebelajaran praktikum berbasis produksi pada workshop teknik bangunan universitas pendidikan indonesia. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
Text
E13K-01-Ariyanto-Cover.pdf - Published Version

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E13K-02-Ariyanto-Ringkasan.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E13K-03-Ariyanto-Summary.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E13K-04-Ariyanto-Daftarisi.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E13K-05-Ariyanto-Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (737kB) | Preview
Official URL: http://elibrary.sb.ipb.ac.id

Abstract

Implementasi pembelajaran praktikum berbasis produksi merupakan inovasi dari pembelajaran berbasis praktik ( Practical Based Learning ) dengan tujuan meningkatkan kompetensi dan kreativitas praktikan agar dapat bersaing ketika memasuki dunia kerja. Namun, sejak diimplementasikannya metode pembelajaran praktikum hingga kini belum dilakukan evaluasi secara khusus, terutama pada faktor instrumental input seperti Sumberdaya manusia (SDM), Sarana dan prasarana praktikum, serta Kurikulum . Penelitian ini dilakukan dengan tujuan ; 1) Menganalisis kondisi SDM dalam menunjang pembelajaran praktikum berbasis produksi di workshop Teknik Bangunan (Tekbang) UPI, 2) Menganalisis kondisi prasarana dan sarana dalam mendukung pembelajaran praktikum berbasis produksi di workshop Tekbang UPI, 3) Menganalisis kurikulum pembelajaran praktikum berbasis produksi di workshop Tekbang UPI, 4) Menentukan prioritas strategi yang digunakan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran praktikum berbasis produksi di workshop Tekbang UPI. Ruang lingkup penelitian meliputi Sumberdaya manusia, Sarana dan Prasarana serta Kurikulum pembelajaran. Dari hasil analisis dengan menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP) diperoleh faktor yang berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran praktikum berdasarkan urutan prioritas yaitu; 1) Ketersediaan Instruktur dan Pranata Laboratorium Pendidikan yang kompeten dan berkomitmen tinggi,2) Ketersediaan prasarana dan sarana yang memadai, kualitas dan kuantitas alat/bahan praktikum,3) Metode dan pendekatan pembelajaran yang tepat sesuai dengan kebutuhan, 4) Ketersediaan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan industri/masyarakat dan 5) Pelaksanaan praktikum yang tepat waktu dan sesuai jadwal semesteran. Strategi meningkatkan efektivitas pembelajaran praktikum berbasis produksi pada workshop Tekbang UPI, berdasarkan urutan prioritas adalah; 1) Menggunakan metode dan pendekatan pembelajaran yang dapat memberikan ruang bagi praktikan untuk menggali kreativitas, inovasi dan potensi diri dengan muatan kewirausahaan, 2) Memberikan ruang dan waktu tambahan untuk optimalisasi pembelajaran. 3) Meningkatkan kompetensi dan komitmen instruktur dan PLP melalui pendidikan dan pelatihan dan 4) Menyediakan sarana dan prasarana yang memadai dan mencukupi kebutuhan program pembelajaran praktikum berbasis produksi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Analytical Hierarchy Process, Efektifitas, Pembelajaran Berbasis Produksi. Analytical Hierarchy Process, Effectiveness, Production Based Learning.
Subjects: Manajemen Sumber Daya Manusia
Depositing User: SB-IPB Library
Date Deposited: 18 May 2016 03:33
Last Modified: 18 May 2016 03:33
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/2344

Actions (login required)

View Item View Item