Analisis Segmentasi Pasar dan Positioning Aglaonema Cyber Presidence

Nirfitria, Jessica Witri (2011) Analisis Segmentasi Pasar dan Positioning Aglaonema Cyber Presidence. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
PDF
E31-01-Jessica-Cover.pdf - Published Version

Download (447kB)
[img]
Preview
PDF
E31-02-Jessica-Abstrak.pdf - Published Version

Download (322kB)
[img]
Preview
PDF
E31-03-Jessica-RingkasanEksekutif.pdf - Published Version

Download (363kB)
[img]
Preview
PDF
E31-04-Jessica-DaftarIsi.pdf - Published Version

Download (407kB)
[img]
Preview
PDF
E31-05-Jessica-Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (669kB)
Official URL: http://elibrary.mb.ipb.ac.id

Abstract

Di tengah kancah persaingan bisnis saat ini, para pelaku bisnis harus selalu menemukan ide-ide dan strategi baru dalam mempertahankan eksistensinya. Tentu saja hal tersebut harus selalu berorientasi kepada keinginan konsumen, karena walau bagaimanapun yang menilai dan melakukan keputusan pembelian adalah konsumen. Produk dengan mutu jelek, harga yang mahal, penyerahan produk yang lambat bisa membuat tidak puas, walaupun dengan tingkatan yang berbeda. Kebutuhan primer masyarakat dari waktu ke waktu semakin mengalami peningkatan. Salah satu kebutuhan primer yang dibutuhkan masyarakat adalah papan atau rumah. Perbedaan tingkat perekonomian dalam masyarakat memunculkan adanya perbedaan keinginan dan selera masyarakat akan perumahan. Sebagian masyarakat menginginkan perumahan yang lebih baik dan sedikit lebih mewah dengan sentuhan arsitektur modern. Sebagai wilayah penyangga ibukota, Kota Bogor menjadi tempat tinggal favorit. Akibatnya, migrasi besar-besaran terjadi di Kota Hujan ini. Dampaknya sudah terasa, dimana laju pertumbuhan penduduk Kota Bogor selama sepuluh tahun terakhir sebesar 2,39 persen per tahun, atau 20 ribu jiwa per tahun. PT. Tricipta Indotama sebagai perusahaan properti baru dan dalam skala yang tidak terlalu besar dalam bisnis ini menghadapi proses pemasaran dan persaingan yang tidak ringan. Saat ini PT. Tricipta Indotama akan dan sedang memasarkan Aglaonema Cyber Residence 2 dengan konsep yang sama yang harga jualnya sedikit lebih mahal dibanding harga jual Aglaonema Cyber Residence 1 (dengan perbandingan luas bangunan dan fasilitas yang sama), lokasi agak sedikit di dalam Aglaonema Cyber Residence 1, dan unit yang lebih sedikit. Banyaknya perusahaan pesaing yang telah terlebih dahulu bermain di bisnis ini, dan tantangan untuk menjual habis kembali unit-unit rumah Aglaonema Cyber Residence 2 dalam waktu yang diinginkan oleh perusahaan, membuat manajer pemasaran harus lebih jeli melihat peluang dan strategi yang akan diterapkan perusahaan. Oleh karena itu, perlu diketahui sejauh mana perilaku pembelian oleh konsumen akan produk properti. PT. Tricipta Indotama harus menetapkan posisi dan target segmennya di pasar secara lebih fokus. Agar perumahan “Aglaonema Cyber Residence” sukses di pasar diperlukan adanya suatu riset pemasaran untuk mendapatkan berbagai informasi seperti segmentasi pasar yang didasarkan pada karakteristik yang mempengaruhi konsumen terhadap pembelian rumah “Aglaonema Cyber Residence” serta positioning produk untuk mengetahui posisi produk perumahan “Aglaonema Cyber Residence” terhadap beberapa pesaing. Tujuan dilakukanya penelitian adalah sebagai berikut: (1) Menganalisis perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian produk properti (rumah); (2) Melakukan positioning produk properti (perumahan); (3) Menganalisis segmentasi pasar berdasarkan aspek psikografis; (4) Merekomendasikan strategi pemasaran berdasarkan segmentasi, targeting dan positioning. Penelitian dilakukan di Perumahan Aglaonema Cyber Residence, Jalan Raya Cemplang/Brigjen Saptaji Kota Bogor. Pengumpulan data dilaksanakan selama dua bulan, yaitu pada bulan Desember 2010 hingga Januari 2011. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Metode survei dilakukan untuk memperoleh data persepsi konsumen terhadap PT. Tricipta Indotama selaku pengembang Aglaonema Cyber Residence, data umum responden, psikografi, dan perilaku konsumen. Teknik pengambilan sampel adalah menggunakan metode sampel tidak berpeluang (non probability sampling) dengan cara convinience sampling. Pengumpulan data primer dalam penelitian ini dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner, kuesioner didistribusikan secara langsung kepada 80 orang responden, yang mana 32 orang responden adalah konsumen perumahan ACR, 34 orang responden adalah konsumen perumahan ACR dan sebagai konsumen perumahan cluster lainnya yang terdapat di Kotamadya Bogor. Sedangkan 14 orang responden lainnya adalah calon konsumen. Profil dari responden dalam penelitian ini adalah mayoritas berusia > 30 tahun, berjenis kelamin laki-laki, tamat tingkat pendidikan terakhir sarjana, pekerjaan dengan profesi secara profesional (artis, dokter, pengacara), biaya hidup per bulan < 4 juta Rupiah. Dalam perilaku konsumen pengetahuan terhadap produk properti mayoritas responden menjawab sumber informasi mengenai perumahan didapat dari teman dan iklan, anggaran dalam membeli rumah sebesar 250 juta – 300 juta Rupiah, orang yang paling mempengaruhi dalam pengambilan keputusan pembelian (dalam hal ini rumah) adalah pasangan (istri/suami). Hasil penelitian menunjukkan pemposisian (positioning) perumahan Aglaonema Cyber Residence lebih memiliki keunggulan dalam atribut harga yang terjangkau atau kompetitif, lokasi yang strategis dan mudah dijangkau, sistem keamanan yang baik, sistem pembayaran yang mudah, dan popularitas pengembang dalam dunia properti. Karena itu perusahaan sebaiknya lebih memperhatikan fasilitas pada perumahan yang dikembangkan/dikelola. Lingkungan yang asri akan lebih memberikan nilai tambah (value added) dalam memasarkan produk propertinya baik kepada konsumen dan calon konsumen. Hasil analisis chaid dengan metode pohon keputusan (decision tree), didapat empat segmentasi pasar yaitu berdasrkan usia, jenis pekerjaan, dan anggaran pengeluaran perbulan konsumen. Secara keseluruhan, perusahaan pengembang perumahan Aglaonema Cyber Residence sudah cukup baik dalam memberikan pelayanan pada konsumen, hanya saja kelengkapan fasilitas dianggap masih kurang memuaskan. Oleh karena itu sebaiknya pihak pengembang agar lebih memperhatikan aspek fasilitas yang tersedia pada perumahan Aglaonema Cyber Residence.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: consumer behaviour, market segmentation, positioning, Aglaonema Cyber Residence Perilaku Konsumen, Segmentasi Pasar, Positioning, Aglaonema Cyber Residence, gaya hidup, psikografik, cluster analysis, sikap, analisis CHAID, analisis korespondensi, perumahan
Subjects: Manajemen Pemasaran
Depositing User: Library
Date Deposited: 12 Dec 2011 03:23
Last Modified: 12 Jul 2014 01:29
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/235

Actions (login required)

View Item View Item