Tingkat kepuasan pemohon pensertipikan tanah pada kantor pertahanan

Soemarga, Amrieh Samad (2015) Tingkat kepuasan pemohon pensertipikan tanah pada kantor pertahanan. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
Text
E9K-01-Soemarga-Cover.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E9K-02-Soemarga-Ringkasan.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E9K-03-Soemarga-Summary.pdf - Published Version

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E9K-04-Soemarga-Daftarisi.pdf - Published Version

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E9K-05-Soemarga-Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (761kB) | Preview
[img] Text
Tesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://elibrary.sb.ipb.ac.id

Abstract

Layanan pertanahan mempunyai arti strategis bagi kepentingan masyarakat terutama dalam rangka memberikan jaminan kepastian hukum dan perlindungan hukum atas suatu bidang tanah, sehingga masyarakat mengharapkan pelayanan pertanahan dapat diakses secara mudah, murah, cepat, dan memberi kepuasan kepada pengguna layanan tersebut. Terkait dengan kondisi tersebut dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pemohon, indikatorindikator prioritas untuk meningkatkan kepuasan pemohon dan kebijakan yang harus ditempuh untuk meningkatkan kepuasan pemohon terhadap kualitas pelayanan pertanahan pada Kantor Pertanahan Kabupaten Badung. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan survei 120 pemohon peralihan hak jual beli dan hak tanggungan dalam bentuk kuesioner. Kuesioner kemudian diolah dengan analisis uji validitas dan reliabilitas, analisis kesenjangan, dan analisis Importance Perfomance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat di Kabupaten Badung tidak puas dengan kualitas pelayanan yang disediakan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Badung, dan indikator yang perlu diprioritaskan untuk meningkatkan kepuasan pemohon adalah ketepatan waktu penyelesaian sertifikat. Jadi kebijakan alternatif yang bisa direkomendasikan dalam rangka meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan pensertifikatan tanah pada Kantor Pertanahan Kabupaten Badung adalah melakukan evaluasi kualitas pelayanan pensertifikatan tanah berdasarkan tingkat kualitas pelayanan yang mendapatkan prioritas untuk diperbaiki kualitas pelayanannya, agar pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dapat lebih baik dari pelayanan sebelumnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: analisis importance perfomance analysis (IPA), analisis kesenjangan, Kepuasan pemohon, analisis validitas dan reliabilitas, pelayanan pertanahan. analysis of importance perfomance analysis (IPA), gap analysis, land sector services, satisfaction of the applicant, validity and reliability analysis.
Subjects: Manajemen Sumber Daya Manusia
Depositing User: SB-IPB Library
Date Deposited: 18 May 2016 09:52
Last Modified: 05 Nov 2019 05:41
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/2351

Actions (login required)

View Item View Item