Analisis perilaku debitur dalam proses keputusan pembelian kpr di wilayah bogor untuk pengembangan produk kpr iB

Amalia, Kiki (2011) Analisis perilaku debitur dalam proses keputusan pembelian kpr di wilayah bogor untuk pengembangan produk kpr iB. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
PDF
E31-01-Kiki-Cover.pdf - Published Version

Download (113kB)
[img]
Preview
PDF
E31-02-Kiki-Abstrak.pdf - Published Version

Download (67kB)
[img]
Preview
PDF
E31-03-Kiki-RingkasanEksekutif.pdf - Published Version

Download (72kB)
[img]
Preview
PDF
E31-04-Kiki-DaftarIsi.pdf - Published Version

Download (76kB)
[img]
Preview
PDF
E31-05-Kiki-BabIPendahuluan.pdf - Published Version

Download (122kB)
Official URL: http://elibrary.mb.ipb.ac.id

Abstract

Ketatnya persaingan antar bank dalam penyediaan berbagai macam kredit khususnya Kredit Pemilikan Rumah (KPR) membuat pelaku perbankan berlomba-lomba merebut calon debitur untuk memilih produk KPR yang ditawarkan. Besarnya pembayaran angsuran per bulan, penalty yang dikenakan jika akan dilunasi, persyaratan kredit, jangka waktu kredit, uang muka ringan, biaya kredit terjangkau, proses kredit yang cepat, informasi pemasaran yang lengkap, lokasi bank yang strategis, layanan marketing perbankan, dan pengalaman teman atau keluarga dalam menggunakan fasilitas KPR dari \bank tertentu yang ramah menjadikan alternatif pilihan dalam memilih produk KPR yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan bagi calon debitur. Faktor-faktor tersebut dapat mempengaruhi debitur dalam memutuskan produk KPR Bank yang akan dipilih. Sementara itu, evaluasi perilaku pasca pembelian menjadi sangat penting bagi pelaku perbankan syariah dalam merumuskan strartegi pengembangan produk KPR iB. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengidentifikasi proses keputusan pembelian produk KPR, (2) menganalisis segmen pasar produk KPR di wilayah Bogor, (3) menganalisis faktor-faktor produk yang penting bagi responden dalam pemilihan produk KPR, (4) menganalisis pengaruh demografi responden dalam pemilihan bank, (5) memberikan rekomendasi untuk pengembangan produk KPR iB yang sesuai dengan debitur wilayah penelitian. Objek penelitian ini adalah debitur produk KPR iB. Penelitian ini dilaksanakan di Bogor secara langsung dengan menggunakan alat bantu kuisioner. Kegiatan penelitian dilaksanakan dalam kurun waktu dari November 2010 – Februari 2011. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Sebagian besar responden menggunakan fasilitas KPR karena tidak mampu membeli secara tunai dengan harapan penggunaan KPR dapat bermanfaat untuk pemenuhan kebutuhan rumah tinggal. Media promosi produk KPR mempengaruhi responden terhadap keputusan pembelian. Responden mendapatkan informasi produk KPR dari marketing developer dan broker. Pembelian rumah dengan menggunakan KPR didapatkan dari developer. (2) Segmen pasar produk KPR di wilayah Bogor terbagi menjadi 3 segmen. Segmen 1t merupakan debitur yang setia menggunakan produk bank syariah, Segmen 2 merupakan debitur yang setia menggunakan produk bank konvensional, Segmen 3 merupakan debitur yang masih ragu-ragu menggunakan produk bank syariah atau bank konvensional. Sebagian besar dari responden (77.5%) termasuk ke dalam segmen yang masih ragu-ragu menggunakan produk bank syariah atau konvensional. Sebagian besar debitur bank syariah termasuk kedalam segmen 3, (3) Faktor dalam memilih KPR adalah Price, Assurance, Performance, Promotion, Tangibles dan Emphaty. (4) Faktor demografi yang mempengaruhi responden dalam memilih bank konvensional adalah pendapatan, jenis pekerjaan dan agama. Beberapa hal yang dapat disampaikan sebagai saran adalah (1) Bank syariah lebih fokus dan lebih gencar dalam memasarkan produk KPR iB. Hal ini dapat dilakukan dengan tetap mempertahankan promosi bellow the line dengan cara menerapkan peran influencer seperti marketing debeloper, broker, teman dan keluarga yang menggerakan calon debitur memilih untuk menggunakan KPR iB. (2) Melakukan pengembangan produk KPR iB, pengembangan produk lain yang dapat dilakukan oleh KPR iB adalah mengembangkan dan menggencarkan program untuk tujuan take over (peralihan pembiayaan) dengan cara memberikan rate margin khusus atau biaya khusus untuk debitur yang berencana memindahkan pembiayaan dari bank konvensional ke bank syariah, (3) Pemasaran produk KPR iB lebih ditekankan pada segmen debitur yang masih ragu-ragu untuk setia menggunakan produk bank syaria atau bank konvensional yaitu dengan memberikan edukasi dan pengetahuan tentang produk dan sistem akad perbankan syariah, (4) Bank syariah dapat memperluas jaringan dengan cara melakukan perekrutan karyawan bank konvensional yang sudah berpengalaman dan professional untuk dapat bergabung, (5) Diperlukan penelitian lanjutan untuk pengembangan KPR iB yang disesuaikan dengan kebutuhan dan trend pasar seusai dengan perubahan jaman.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Costumer Behavior, KPR, Islamic Banking, Demographic Factor, Cluster Analysis, Descriptive Analysis, Cross Tabulation, Factor Analysis, Logistic Regression Analysis perilaku debitur, KPR iB, conventional loyalist, floating mass, syariah loyalist
Subjects: Manajemen Pemasaran
Depositing User: Library
Date Deposited: 12 Dec 2011 03:24
Last Modified: 12 Jul 2014 01:41
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/236

Actions (login required)

View Item View Item