Analisis efektivitas promosi terhadap pengambilan keputusan pembelian toko ritel produk susu cair pt.frisian flag indonesia

Nugraha, Andreas Setya (2015) Analisis efektivitas promosi terhadap pengambilan keputusan pembelian toko ritel produk susu cair pt.frisian flag indonesia. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
Text
E48-01-Nugraha--Cover.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E48-02-Nugraha-Ringkasan.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E48-03-Nugraha-Summary.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E48-04-Nugraha--Daftarisi.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E48-05-Nugraha--Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (912kB) | Preview
[img] Text
Tesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://elibrary.sb.ipb.ac.id

Abstract

Dengan kondisi dan pertumbuhan yang cepat untuk toko ritel, maka dalam usaha merebut pasar yang sangat dinamis, banyak perusahaan yang berlomba-lomba mendistribusikan, melakukan display atau pemajangan produk, memberikan berbagai macam promosi seperti potongan harga, bonus, sewa pajangan, pemberian gift, dan lain sebagainya agar produk yang dijual di toko ritel diterima oleh konsumen akhir. Dengan terbatas nya ruang untuk penjualan, tentunya jika produk yang dibeli oleh toko ritel perputaran dan keuntungan yang diterima lebih cepat yang dipengaruhi oleh promosi yang efektif yang diberikan oleh perusahaan, hal ini akan membuat toko ritel semakin percaya dan akan terus menerima produk yang ditawarkan oleh para produsen, bahkan toko ritel tentunya akan menambah besaran pesanannya. Pengaruh dari toko ritel ini sangat besar, karena produk yang tersedia di toko akan diterima konsumen, salah satunya melalui penawaran atau referensi yang diberikan toko tersebut. Oleh karena itu, PT. Frisian Flag haruslah memahami, mempelajari kebutuhan dan keinginan toko ritel serta memuaskannya agar perusahaan menjadi pemenang di pasarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dipentingkan toko ritel dalam mengambil keputusan untuk membeli produk susu cair dan menganalisa faktor-faktor yang menentukan efektivitas promosi produk susu cair terhadap toko ritel. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan metode survei dan wawancara yang mendalam dengan menggunakan kuesioner. Prosedur pengambilan sampel dengan teknik stratifikasi, populasi dibagi ke dalam kelompok strata dan kemudian mengambil sampel dari tiap kelompok tergantung kriteria yang ditetapkan. Sampel dalam penelitian ini adalah toko ritel yang sudah menjadi customer base perusahaan sebanyak 120 responden, yang diukur berdasarkan omset atau besarnya rata-rata pembelian dalam enam bulan, dan sebagai peserta program loyalty. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korespondensi, analisis thurstone, dan chi-square test. Analisis korespondensi pada penelitian ini digunakan untuk mengetahui adanya kedekatan merek dengan promosi yang diberikan. Analisis thurstone dipergunakan dalam menilai tingkat kepentingan dari jenis promosi. Atribut tersebut diukur berdasarkan urutan prioritas dan tingkat kepentingan yang diinginkan dari setiap responden. Uji Chi-Square merupakan uji korelasi yang bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antar variabel. Berdasarkan analisis kepentingan promosi yang diprioritaskan, diketahui bahwa lima promosi yang dipilih oleh toko ritel diantaranya potongan harga, loyalty program, sewa display, pemasangan billboard, black bonus (tambahan diskon) dan untuk promosi nomor satu atau yang sangat diprioritaskan oleh toko ritel adalah potongan harga. Potongan harga merupakan pengurangan harga produk dari harga normal dalam periode tertentu. Loyalty program merupakan ikatan program dalam periode tertentu yang diberikan kepada para toko ritel. Program sewa display merupakan salah satau dukungan promosi, toko ritel dibayar dalam jumlah dana tertentu untuk mendapatkan ruang dalam memajang produk. Pemasangan billboard merupakan jenis promo dalam bentuk billboard atau papan nama toko. Black bonus merupakan tambahan diskon dalam periode tertentu. Berdasarkan analisis atribut yang dipentingkan oleh responden dalam membeli produk susu cair diantaranya ada lima prioritas diantaranya Image perusahaan, kunjungan salesman (tim penjual) yang rutin dalam hal ini adalah salesman (tim penjual) yang mengunjungi toko sesuai dengan waktu kunjungan termasuk didalamnya bagaimana salesman (tim penjual) memberikan informasi, penawaran, pengecekan kondisi produk, serta banyak produk yang tersedia di toko yang dapat dijadikan rekomendasi kepada toko dalam membeli produk. Margin produk dalam hal ini adalah selisih produk yang dibeli oleh toko ritel dengan produk yang dijual sampai ke konsumen. Penarikan barang rusak cepat seperti pelayanan yang cepat ketika ditemukan produk rusak atau tidak layak jual. Kemudahan memperoleh produk susu cair dari salesman (tim penjual) dalam hal ini adalah ketika produk yang ada toko ritel akan habis atau bahkan sudah habis, toko ritel dapat menghubungi salesman (tim penjual). Perputaran penjualan produk dalam hal ini merupakan banyak produk yang laku dijual.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Analisis chi-square test, analisis korespondensi, analisis thurstone,promosi, dan ritel. Chi-square test analysis, correspondence analysis, thurstone analysis, promotion, and retail.
Subjects: Manajemen Pemasaran
Depositing User: SB-IPB Library
Date Deposited: 31 May 2016 04:51
Last Modified: 01 Nov 2019 03:14
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/2369

Actions (login required)

View Item View Item