Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian dan konsumsi tahu organik

Nugroho, Tantry (2015) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian dan konsumsi tahu organik. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
Text
R50-01-Nugroho-Cover.pdf - Published Version

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
R50-02-Nugroho-Ringkasan.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
R50-03-Nugroho-Summary.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
R50-04-Nugroho-Daftarisi.pdf - Published Version

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
R50-05-Nugroho-Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (800kB) | Preview
[img] Text
Tesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://elibrary.sb.ipb.ac.id

Abstract

Kedelai termasuk salah satu komoditas utama karena kandungan proteinnya yang cukup tinggi serta harganya murah sehingga cocok untuk sumber peningkatan gizi masyarakat. Selain itu, kedelai merupakan salah satu komoditas pertanian yang berperan penting bagi perekonomian nasional, khususnya sebagai penyedia lapangan kerja dan sumber pendapatan. Isu pentingnya panganan organik serta gaya hidup yang berorientasi pada pangan organik akhir-akhir ini mulai banyak di kota-kota besar. Peningkatan ini disebabkan oleh pemahaman masyarakat yang semakin meningkat akan bahaya yang ditimbulkan dari pertanian modern dalam jangka waktu lama. Oleh karena itu sebagian masyarakat mulai mengubah haluan untuk mengonsumsi pangan yang sekedar pemenuhan kebutuhan dasar namun terhadap pertimbangan lain seperti tingkat keamanan pangan, kandungan gizi, cara pengolahan produk dan ramah lingkungan. Akhir-akhir ini muncul panganan turunan kedelai berlabelkan organik salah satunya tahu organik. Produsen tahu organik menghadapi kendala dalam proses operasi dan pemasarannya, termasuk kendala kurangnya informasi mengenai perilaku konsumen tahu organik. Harga yang lebih mahal daripada tahu umumnya serta pasar yang masih terbatas menyebabkan tahu organik kurang dikenal masyarakat umum. Penelitian bertujuan 1) Mengidentifikasi karakteristik konsumen tahu, 2) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli dan mengonsumsi tahu organik, 3) Memberikan masukan alternatif strategi pemasaran tahu organik bagi para produsen dan pemasar sebagai implikasi hasil penelitian. Penelitian dilakukan di wilayah Bogor dengan responden 110 ibu rumah tangga yang dipilih secara convenience sampling, terbagi menjadi tiga kelompok yaitu: konsumen yang belum pernah membeli namun berminat membeli, konsumen yang belum pernah membeli namun tidak berminat membeli dan konsumen yang sudah pernah membeli. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara serta dianalisis secara deskriptif dan uji regresi logistik multinomial. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik responden yang sudah pernah membeli sebagian besar berada pada usia 26-35 tahun, berpendidikan perguruan tinggi, tidak bekerja, berpendapatan 1-2.5 juta, memiliki pengetahuan tinggi, memiliki persepsi setuju dengan skor tertinggi mengenai pertanian organik berkelanjutan, ramah lingkungan, manfaat kesehatan dan harga yang lebih mahal. Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian tahu organik diantaranya pekerjaan dan pengetahuan. Konsumen yang berpotensial membeli dan berminat membeli tahu organik terdapat konsumen yang sudah bekerja dan konsumen yang memiliki pengetahuan tinggi mengenai pangan organik maupun produk tahu organik. Implikasi manajerial bagi pelaku bisnis produk tahu organik adalah lebih giat memberikan edukasi mengenai pentingnya produk organik serta meyakinkan produk tersebut terbukti baik bagi konsumen, seperti membuat blog atau membuat iklan di koran lokal, atau pamflet yang berisikan info dari produk.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Keputusan pembelian, minat membeli, produk tahu organik, regresi logistik. Purchase decision, buy interest, organic tofu products, logistic regression
Subjects: Manajemen Pemasaran
Depositing User: SB-IPB Library
Date Deposited: 31 May 2016 05:12
Last Modified: 01 Nov 2019 03:17
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/2375

Actions (login required)

View Item View Item