Analisis perilaku konsumen terhadap keputusan pemilihan merek sepeda motor

Riyanthi, Tantri (2015) Analisis perilaku konsumen terhadap keputusan pemilihan merek sepeda motor. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
Text
E42-01-Riyanthi-Cover.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E42-02-Riyanthi-Ringkasan.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E42-03-Riyanthi-Summary.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E42-04-Riyanthi-Daftarisi.pdf - Published Version

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E42-05-Riyanthi-Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (441kB) | Preview
[img] Text
Tesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (943kB)
Official URL: http://elibrary.sb.ipb.ac.id

Abstract

Industri sepeda motor melakukan banyak aktivitas promosi kepada konsumen melalui berbagai macam cara seperti iklan di media cetak dan elektronik, billboard, spanduk, penyebaran brosur, pameran, dan sebagainya. Berdasarkan data belanja iklan Nielsen industri sepeda motor mengeluarkan sekitar Rp 2 triliun per tahun. Nilai belanja iklan tersebut didominasi oleh empat pemain besar sepeda motor di Indonesia yaitu Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki. Honda dan Yamaha mengeluarkan biaya belanja iklan yang hampir sama setiap tahunnya, masing-masing porsi belanja iklan, 38% Honda dan 37% yamaha, 16% Suzuki, 6% Kawasaki, 6% lainnya. Data penjualan sepeda motor menunjukan hal yang berbeda, dimana penjualan sepeda motor Honda jauh melebihi pemain lainnya. Honda menguasai 64%, Yamaha 31%, Suzuki 4% dan Kawasaki 2%. Dari data tersebut menunjukan belanja iklan yang dikeluarkan antara Honda dan Yamaha hampir sama, namun tidak tercermin pada kinerja penjualannya. Berdasarkan fenomena tersebut diduga ada banyak hal yang mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan memilih merek sepeda motor yang dibeli selain karena adanya pengaruh iklan atau jenis promosi lainnya, Berdasarkan kondisi tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumen dalam mengidentifikasi aktivitas promosi yang membantu konsumen menentukan pengambilan keputusan pemilihan merek sepeda motor, mengidentifikasi faktor-faktor yang dipentingkan konsumen dalam memilih merek sepeda motor serta menganalisis seberapa besar peran promosi diantara elemen bauran pemasaran lainnya dalam mempengaruhi konsumen memilih merek sepeda motor. Metode penelitian yang digunakan untuk menjawab tujuan penelitian tersebut adalah metode kuantitatif melalui wawancara kepada responden yang merupakan pengambil keputusan pembelian sepeda motor dengan menggunakan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode deskriptif, Thurstone, korespondensi dan Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas promosi yang dapat membantu konsumen mengambil keputusan pemilihan merek sepeda motor adalah adanya promosi melalui iklan televisi, penyebaran brosur, spanduk/umbul-umbul/poster/banner, iklan di internet, pameran dan iklan di koran. Jenis promosi konsumen yang lebih disukasi oleh responden adalah promosi yang berhubungan dengan harga berupa keringanan uang muka atau potongan harga. Promosi konsumen berupa hadia barang tetap disukai namun responden mengharapkan agar barang yang menjadi hadiah bisa berbentuk barang lain. Sementara itu faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam memilih merek sepeda motor adalah hemat BBM, teknologi, harga kompetitif, bengkelnya banyak, merek terkenal, spareparts mudah didapat dan harga jual kembali tinggi. Berdasarkan faktor-faktor yang dipentingkan tersebut dapat kita amati bahwa selain faktor yang berhubungan dengan produk dan harga responden mempertimbangkan segi layanan purna jual yaitu bengkel dan spareparts. Sementara itu peran atau kontribusi promosi diantara bauran pemasaran 7P (product, price, promotion, most influence of each element of the marketing mix are: physics most influential factor is the form of an attractive showroom, people factors are officers who are willing to help, process availability factor of clear and complete information. While the indicator of the 4P’s marketing mix of the most influential are: product factors such as the availability of spare parts with a lot of choices, products that have many variations and products that have repair and maintenance workshop a lot, the price factor is the affordable price, place factor is dealer/sales agent with close location, and last, promotion factors is the motorcycle brand that a lot of prize, intersting advertisng and motorcycle brand that use appealing celebrity on its advertising .

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 11(E42)Riy a
Uncontrolled Keywords: korespondensi, promosi, SEM, sepeda motor, Thurstone. correcpondency, motorcycle, promotion, SEM, Thurstone.
Subjects: Manajemen Pemasaran
Depositing User: SB-IPB Library
Date Deposited: 08 Jun 2016 05:52
Last Modified: 05 Nov 2019 03:32
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/2397

Actions (login required)

View Item View Item