Strategi pengembangan portofolio bisnis pt.sekar laut, tbk

Homisah, . (2014) Strategi pengembangan portofolio bisnis pt.sekar laut, tbk. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
Text
E43-01-Homisah-Cover.pdf - Published Version

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E43-02-Homisah-Ringkasan.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E43-03-Homisah-Summary.pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E43-04-Homisah-Daftarisi.pdf - Published Version

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E43-05-Homisah-Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (840kB) | Preview
[img] Text
Tesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://elibrary.sb.ipb.ac.id

Abstract

PT Sekar Laut, Tbk (PTSL) merupakan perusahaan lokal yang memiliki tiga unit bisnis utama yaitu unit bisnis snack kerupuk, food seasoning dan private label. Perusahaan ini diharapkan mampu meningkatkan keunggulan kompetitifnya sehingga dapat bersaing dengan banyak perusahaan global yang masuk ke Indonesia, dikarenakan potensi Indonesia yang sangat menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis posisi relatif PTSL terhadap market leader dalam industri snack dan food seasoning, analisis metode Life Cycle untuk mengetahui apakah posisi relatif unit bisnis PTSL sejalan dengan fase Life Cycle-nya, analisis posisi kategori produk utama PTSL dalam matriks portofolio sehingga dapat direkomendasikan alternatif strategi pengembangan portofolio per kategori produk. Hasil analisis matriks BCG menunjukkan bahwa posisi relatif unit bisnis snack kerupuk dan unit bisnis food seasoning berada pada kuadran Question Mark sehingga unit bisnis ini berada pada pertumbuhan pasar yang tinggi namun memiliki market share relatif yang sangat rendah. Hasil analisis Life Cycle unit bisnis kerupuk, food seasoning dan private label, ketiganya berada pada fase Growth. Hasil kedua analisis ini sejalan dengan rekomendasi penelitian sebelumnya bahwa kuadran unit bisnis dalam hasil analisis matriks BCG searah dengan fase unit bisnis dalam model analisis Life Cycle. Hasil analisis portofolio menggunakan matriks GE memberikan rekomendasi prioritas investasi bagi masing-masing kategori produk dalam unit bisnis PTSL. Kategori produk kerupuk udang dan kerupuk ikan berada pada kuadran Pertumbuhan Selektif (Selective Growth), sehingga strategi prioritas investasi yang direkomendasikan adalah identifikasi segmen yang tumbuh, investasi agresif dan pertahankan posisi. Kategori produk kerupuk sayur, sambal uleg, bumbu siap saji dan roti burger, semua berada pada kuadran Investasi dan Pertumbuhan (Investment and Growth) dengan strategi prioritas investasi yang direkomendasikan adalah tumbuh, mencari dominasi, investasi maksimum. Rekomendasi strategi prioritas investasi diharapkan dapat menjadi acuan bagi manajemen PTSL dalam menghadapi persaingan global.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: food seasoning, matriks BCG, matriks GE, model Life Cycle, private label, snack kerupuk. BCG matrix, crackers, food seasoning, GE matrix, Life Cycle model, private label.
Subjects: Manajemen Strategi
Divisions: Sekolah Bisnis > Perpustakaan
Depositing User: SB-IPB Library
Date Deposited: 10 Jun 2016 02:50
Last Modified: 13 Nov 2019 09:28
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/2407

Actions (login required)

View Item View Item