Peran aktivasi merek melalui even dalam membangun loyalitas merek

Marist, Adi Irianto (2014) Peran aktivasi merek melalui even dalam membangun loyalitas merek. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
Text
E42-01-Adi-Cover.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E42-02-Adi-Ringkasan.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E42-03-Adi-Summary.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E42-04-Adi-Daftarisi.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E42-05-Adi-Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (682kB) | Preview
[img] Text
Tesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://elibrary.sb.ipb.ac.id

Abstract

Aktivasi merek mampu meningkatkan komunikasi terhadap konsumen dengan cara yang lebih baik dan tentunya komunikasi yang terbentuk dapat meningkatkan penjualan serta mampu memposisikan merek pada posisi tertentu sesuai kemauan perusahaan. Aktivasi merek melalui even dapat memberikan kesempatan kepada konsumen untuk berhubungan langsung dengan merek suatu produk sehingga secara intensif mampu membentuk hubungan khusus agar membuat konsumen menjadi bagian dari merek itu sendiri. Even adalah pilihan terbaik yang sering dilakukan para pemasar untuk memberikan dan mengkomunikasikan pengalaman terbaik yang dimiliki dari suatu merek kepada para konsumen serta mendorong konsumen untuk menjadi puas dan percaya terhadap merek tersebut yang berujung kepada pembentukan loyalitas merek. Penelitian ini diharapkan mampu menjelaskan peran even “Keluarga Sehat Pocari Sweat” yang merupakan bentuk aktivasi merek Pocari Sweat berupa even terhadap kepuasan, kepercayaan merek dan loyalitas merek. Data primer dikumpulkan melalu pengisian kuisioner di lima kota, yaitu Lampung, Padang, Bandung, Cirebon dan Purwokerto. Kota-kota tersebut merupakan kota-kota tempat berlangsungnya even Keluarga Sehat Pocari Sweat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode survei. Data yang diperoleh merupakan data mengenai aktivasi merek berupa even, kepuasan, kepercayaan merek dan loyalitas merek setelah mengikuti even Keluarga Sehat Pocari Sweat melalui penyebaran kuisioner. Responden dipilih dengan metode non-probability secara accidential atau convenience sebanyak 160 responden. Bentuk pertanyaan yang terdapat di dalam kuisioner adalah pertanyaan yang pilihan jawabannya telah ditentukan sedangkan bentuk jawaban menggunakan skala Likert 5 point (1=sangat tidak setuju sampai dengan 5=sangat setuju). Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modelling (SEM). Even Keluarga Sehat Pocari Sweat jelas berdampak positif terhadap pembentukan kepuasan konsumen, kepercayaan merek dan loyalitas merek. Even ini dinilai efektif dalam meningkatkan loyalitas konsumen terhadap merek minuman isotonik Pocari Sweat. Even ini dinilai masih memiliki potensi besar untuk dilaksanakan kembali di beberapa kota lainnya, namun even ini juga tetap harus terus dikembangkan menjadi lebih baik, khususnya pada efisiensi biaya yang dikeluarkan dalam melaksanakan even tersebut. Selain itu, pemasar juga tidak boleh hanya terfokus kepada even sebagai media pemasaran tetapi juga harus menggunakan media pemasaran lainnya seperti pemasangan baliho, iklan televisi, radio dan lain-lain sebagai alat untuk meningkatkan kepuasan, kepercayaan merek dan loyalitas merek.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: aktivasi merek, even, kepercayaan merek, kepuasan, loyalitas merek, SEM, Structural Equation Modelling. brand activation, event, brand trust, brand satisfaction, brand loyalty
Subjects: Manajemen Pemasaran
Depositing User: SB-IPB Library
Date Deposited: 10 Jun 2016 04:07
Last Modified: 27 Nov 2019 03:00
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/2411

Actions (login required)

View Item View Item