Analisis minat kepemilikan kartu kredit (studi kasus kota bogor)

Lestari, Bunga Ayu (2006) Analisis minat kepemilikan kartu kredit (studi kasus kota bogor). Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
Text
E44-01-Lestari-Cover.pdf - Published Version

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E44-03-Lestari-Summary.pdf - Published Version

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E44-02-Lestari-Ringkasan.pdf - Published Version

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E44-05-Lestari-Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E44-04-Lestari-Daftarisi.pdf - Published Version

Download (477kB) | Preview

Abstract

Nilai pertumbuhan kartu kredit di Indonesia pada tahun 2014 tidak sesuai proyeksi yang ditargetkan oleh Bank Indonesia (BI), kondisi ini tentunya akan menghambat upaya pemerintah dalam membentuk Less Cash Society (LCS) di Indonesia. Kartu kredit yang berperan sebagai indikator tumbuhnya LCS, merupakansalah satu alat transaksi non tunai dengan sistem pembayaran yang lebih aman dan praktis. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1. Mengidentifikasi minat masyarakat terhadap Kartu Kredit. 2. Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat agar bersedia memiliki kartu kredit. 3. Memberikan alternatif rekomendasi strategi yang dapat digunakan untuk mempengaruhi masyarakat dalam memiliki kartu kredit. Penelitian ini dilakukan kepada 86 responden yang memenuni syarat untuk memiliki kartu kredit, akan tetapi tidak memiliki kartu kredit. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling. Dengan berbasis teori perilaku terencana atau Theory Of Planned Behavior(TPB) yang dianalisis dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM), untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi minat konsumen terhadapkepemilikan kartu kredit. Dimana minat tersebutdipengaruhi oleh sikap terhadap perilaku, norma subjektif dan kontrol terhadap perilaku. Minat responden terhadap kepemilikan kartu kredit masih menunjukkan hasil yang sangat rendah. Penelitian menunjukkan bahwa hanya sebesar 17% responden yang menyatakan berminat untuk menggunakan kartu kredit. Sebanyak 48% responden menyatakan tidak berminat terhadap kartu kredit. Sedangkan 35% responden menyatakan antara tertarik dan tidak. Variabel laten dari penelitian ini terdiri dariKeyakinan Perilaku (KP), Evaluasi Konsekuensi (EK), Keyakinan Normatif (KN), Motivasi Mematuhi (MM), Keyakinan Kontrol(KK) dan Kekuatan Faktor Kontrol (KFK) dan minat untuk kepemilikan kartu kredit. Variabel laten tersebut lalu diukur melalui indikator berdasarkan skor pada setiap objek penelitian. Dari hasil penelitian, terlihat bahwa pengaruh sikap terhadap perilaku (ATB) yang terbentuk dari KP dan EK, norma subjektif (SN) yang terbentuk dari KN dan MM, kontrol perilaku (PBC) yang terbentuk dari KK dan KFK, adalah signifikan dan positif terhadap minatkepemilikan kartu kredit. Kontrol terhadap perilaku dengan indikator sedikitnya orang yang menggunakan kartu kredit di lingkungan sekitar konsumen, menjadi faktor determinan yang dapat mempengaruhi minat kepemilikan kartu kredit. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa : 1. Perbankan dan pemerintah dapat melakukan kampanye positif mengenai penggunaan kartu kredit yang terkontrol dan sesuai dengan fungsinya untuk menghindari penyalahgunaan. Dalam hal ini, lembaga terkait hendaknya dapat secara aktif turut serta mengedukasi penggunanya. 2. Hendaknya perbankan dapat menetapkan bunga kredit yang rendah dan biaya penggunaan kartu kredit yang tidak terlalu mahal bagi konsumen. Biaya-biaya yang dikenakan harus disesuaikan kebutuhan konsumensehingga tidak merasa terbebani. 3. Perbankan hendaknya dapat meningkat pengawasan dalam keamanan penggunaan kartu kredit sehingga meminimalisir kasus pembobolan kartu kredit yang terjadi dan konsumen dapat merasa nyaman bertransaksi dengan menggunakan kartu tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kartu kredit, minat, norma subyektif, theory planned behavior (TPB). credit cards, intention, subjevctive norms,theory planned behavior.
Subjects: Manajemen Pemasaran
Depositing User: SB-IPB Library
Date Deposited: 28 Jul 2016 04:11
Last Modified: 28 Jul 2016 04:11
URI: http://repository.sb.ipb.ac.id/id/eprint/2499

Actions (login required)

View Item View Item